Pondok Belajar

Saturday, October 08, 2016

INI DIA KETENTUAN SHALAT JUM'AT BAGI MUSAFIR

Seringkali menjadi Permasalahan pada kalangan umat Islam tentang seorang yang sedang bermusafir, terutama menyangkut wajib tidaknya seorangmusafir  untuk melakukan shalat Jum'at. Bagi sebagian orang islam yang malas mencari/mepelajari hukum islam tentang konsep ini, mungkin tentu akan mengikuti apa yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang, tanpa sedikitpun ingin mengetahui dalil-dalil sahih yang menguatkan tentang permasalahan ini. Sebagai akibatnya, ketika ada orang lain yang melakukannya sesuai dengan tututanan sunnah malah dianggap lucu, aneh dan malah dianggap salah alias  dituduh menyimpang. 

Shalat Jumat Bagi Musafir Menurut Ulama
Ketentuan Shalat Jumat Bagi Musafir
Padahal bisa jadi ‘orang yang berbeda’ itu memiliki dalil-dali yang lebih kuat/outentik dan bisa dipertanggungjawabkan kapada Allah dan klayak ramai. padahal jauh hari sebelumnya kewajiban melaksanakan shalat jum’at bagi setiap laki-laki sudah banyak diketahui orang sebab sudah jelas tertulis dalam surat Al-Jumu’ah [62] ayat 9 sebagai berikut:

(Baca Cara Melakukan Tayamum yang Benar)

Artinya ,hai Orang yang Beriman, ,dan apabila kamu diseru untuk menunaikan shalat pada hari ‘Jum´at’, maka bersegeralah kamu  kepada mengingat  Allah(Swt) dan tinggalkanlah perkaran jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya,(QS 62;9)

Yang menjadi pembahasan disini adalah, apakah ketentuan tersebut berlaku bagi orang yang sedang menempuh perjalanan, dengan kata lain apakah seorang musafir wajib melaksanakan kewajiban shalat jumat, atau malah boleh menjamak sahalat jumat atau meng-qasar salat jumat tersebut seperti umumnya keringanan yang diberikan Allah kepada para musafir untuk boleh meng-qasar dan menjamak sahalat. klau boleh tidaknya tayamum itu tidak ada ketetuan mesti harus jadi musafir

Sekarang marilah kita melihat pendapat kebanyakan ulama mengenai shalat jumat bagi para musafir. Mengenai masalah shalat jumat bagi para musafir, kebanyakan para ulama (jumhur) berpendapat jika seorang musafir tidak wajib melaksanakan sahalt jumat, mereka boleh melaksanakan shalat zuhur saja selayaknya zuhur-zuhur yang biasa dilakukan pada hari lainnya, malah boleh majamak sahat zuhur tesebut keasar atau malah meng-qasarnya. Disisni yang harus diingat bahwa yang di jamak dan di-qasar adalah shalat zuhurmnya bukan shalat jumatnya. Yang menjadi landasan dari pendapat ulamam ini adalah karena tidak adanya dalil naik hadist atapun ayat al-quran yang memberikan penjelasan mengenai wajibnya serang musafir malaksanakan shalat jumat. Yang ada hanya nabi Muhammad Saw, pernah tidak melaksanakan sahalat jumat ketika menempuh.

Adapun dalil yang mnguatkan tentang tidak wajibnya sahalat jumat bagi musafir adalah dapt dilihat pada kesepakatan ulama dan hadist-hadist nabi brikut ini:

1. Dari Ibnul Mundzir: ‘Keterangan yang dapat menjadi pijakan dalil tentang tidak ada kewajiban shalat Jum'at bagi musafir adalah bahwa Nabi Saw dalam beberapa kali melakukan perjalanan beliau -sudah barang tentu- pernah ada perjalan beliau yang bertetapan pada hari Jum'at. Tetapi tidak ada keterangan-keterang yang kami peroleh bahwa beliau pernah melaksanakan shalat Jum'at ketika beliau dalam menempuh perjalanan Bahkan ada keterangan yang jelas yang menyataka bahwa baginda nabi Muhammad Saw hanya melaksnakan shalat Dhuhur di Padang Arafah pada hari Jum'at. Hal inilah yang menguatkan jika tidak ada kewajiban melaksanakan shlat jumat bagi para musfir.’ (Ibnul Munzdir {4/20})’. dia(Ibnul Mundzir) menambahkan jika ketentuan tidak wajib jumat bagi para musafir merupakan kesepakatan para ulama (ijma’) berdasrakan hadist sahih, sehingga tidak ada pertentangan dengan ketetapan tersebut. (referensi  Al-Mughni, oleh Ibnu Qudamah 3/216).

2. Dari Imam Ahmad: Orang-orang badui (dipedalaman) tidak memiliki ketentuan yang mwajibkan melaksakana shalat jumat karena kehidupan mereka yang berpindah-pindah. Kewajiban  sahlat jumat tersebut gugur dengan kebiasaan mereka yang berpindah-pindah. Dengan demikian bagi orang-orang yang menetap di pada suatu tempat dan tidak berpindah-pindah maka mereka itu termasuk penduduk negeri yang tetap (Muqim).

3. Dari Ibnu Taimiyah: Sesungguhnya Rasulullah Saw telah melakuakn perjalanan dalam banyak safar, telah ber-umrah tiga kali selain melakukan umrah ketika menunaikan hajinya, dan telah menunaikan haji wada' bersama ribuansahabatnya, dan telah berperang lebih dua puluh peperangan, namun tak ada seorangpun yang menukilkan keterangan jika beliau melakukan shalat Jum'at, dan tidak juga shalat 'Ied ketika dalam perjalanannya. Bahkan ada riwayat yang menyebutkan jika baginda nabi menjamak dua shalat zuhur dan asar disetiap beliau melakukan perjananannya dikutip dari Kita Majmu' Ibnu Taimiyah XXIV/178-179

4. Dari Hassan Al-Bashri telah diriwayatkan bahwa Anas bin Malik menetap di Naisabur lebih kurang satu tahun atau dua tahun, dia selalu menunaikan shalat dua raka'at disertai salam dan beliau tidak menunaikan shalat Jum'at (H-R riwayat Ibnu Abu Syaibah [1/442]

5. Hadits dari Ibnu Umar: ’tidak ada keajiban shalat jumat bagi musafir’ (H-R Ibnu Abi Syaibah)

6. Hadis marfu' dari Ibnu Umar, baginda Rasulullah Saw bersabda: ‘tidak ada kewajiban untuk melaksanakan jumat bagi musafir’(H-R. Thabrani)

Walaupun demikian ada jiga pendapat yang menyatakan jika musafir wajib melaksanakan shalat jumat. Pendapat ini ada pada madzhab Zahiri,( Az-Zuhri dan An-Nakha'i), mereka berpendapatjika tetap wajib melaksanakan shalat jumat dengan alsan mereka tidak menemui satu dalil shahihpun yang menggambarkan jika shalat jumat itu hanya diwajibkan khusus bagi orang yang bermuqim di-suatu tempat saja.

Dari kedua pendapat diatas jelas ada menunjukkan perbedaan pandangan mengenai pelaksanaan shalat jumat ini, namun kita sebagai manusia yang bijak sebaiknya tiak asal memilih dalam menentukan pilihan anda, dan yang lebih utama jagan sempat ada keributan yang tidak di inginkan karena perbedan pendpat tersebut. Apakah anda akan memilih pendapta yang didukung oleh mayoritas ulama atau mengikuti mazhab zahiri,. Namun perlu saya tekankan mengikiti pendapat jangan asal ikut saja tetapi anda harus mempelajari terlebih dahulu dan jangan mendua tetap komit dengan pendapat yang di-ikuti. 
Wallahu a'lam .....

Thursday, October 06, 2016

The Legend Of Tapaktuan



Long long time ago, there lived two big dragons in the cave by the seashore they had been hoping to have a baby, but God hasn’t answered their prayer yet.”Ooh my lovely wife I don’t know why the God has not  answered our praying yet to give us a baby “ said the dragon to his wife. “Oh my husband never said so, because I’m pretty sure the God will give us a baby  in near future as long as we keep traying to have it and never be miserable” said his wife wisely. 
The Story of Tapaktuan
The Story of Tapaktuan
One day, a small boat stopped on the bank of the sea next two dragons cave. The dragon saw a cute baby with her parent on the boat. Oh my wife look at there on the boat,  it is a baby and her parent and I want to take their baby and adopt it as our baby, is there any idea what to do my wife” said the dragon. “Oooohh yes my husband it is really a cute baby that I have ever seen, I think you have to attack her parent and I’ll take the baby out of the baot, what do you think my husband said his wife.  Yup I think it’s a good idea honey, okey let’s get it done “said the dragon to his wife. and then the male dragon attacked the parent of the baby meanwhile the female dragon took the baby to the cave when her parent were fighting and died eventually. That day was the last day the baby saw her parent. 

Day by day, the baby grew into a young girl, but she never knew that the dragons weren’t her parent, one day while the dragon looking for food, she came out of the cave and walked down to the beach, “ooh I fell free today because I have time to look arroud while my parents looking for food, wow it ‘s a really great scenery the beach is clean and the wave of the sea is so fantastic”. While she is going along the seashore she saw other creatures that seem the same as her, she maoned “who are they, why do they look like me, and why do I look different to my parents, I wonder why do I look the same with them”. Then she daydreamed at the seashore to realized that she was defferent to her parent that she had always known. 

After much consideration, she decided to leave the cave and went to the small village, I think I have to leave the cave and live with the people in the village said the dragon daughter”. Then She felt comfortable living with the people and started to find many friends overtime forgot her parent (the dragon). 

When the dragon going back to the cave they were mad after finding that their daughter disappears. They screamed until the villagers heard their voices, “where is my daughter, can anyone tell me where she is, or I will kill and eat you all”, said the male dragon. Hearing that threatening the villagers were afraid and ran to get help from the ascetic in the cave. “Oh ascetic help us the dragon want to kill us and we have no power to fight him ”said the villagers.  The ascetic said “okey I will help you”. Then the dragon came to see the ascetic and dragon said hahahahaha you want to be the hero for them I think you should think it again or you wil die”. The dragon and the ascetic fought until the dragon dead eventually. Then the place where the dragon and the man fought was called dragon cannel. While the footprint of the ascetic knows as tapaktuan. Tapak means footprint tuan (petapa) means the ascetic. 

Program Baru Kemeterian Pendidikan (Penerapan Penambahan Jam Sekolah)


Assalamualaikum...wr..wb..Bapak dan Ibu Guru semua, dan Salam sejahtera untuk Kita semua semoga tetap dalam Keadaan Sehat dan Baik insyaallah berdasarkan info resmi Kementerian Pendidikan, secara resmi di sampaikan jika Program Penambahan Jam Sekolah akan tetap diadakan dengan peta pelaksanaan program sampai dengan 2020.
Program Penambahan Jam Sekolah
Menteri Pendidikan
Muhajdir Menjelaskan, penambahan jam sekolah bertujuan untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Semua Siswa akan diarahkan supaya dapat mempelajari kearifan lokal yang bertujuan untuk penguatan karakter. Pasalnya, dalam penyelenggaran PPK ini berlangsung tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga di berlangsung luar lingkungan sekolah dengan memanfaatkan semua materi kearifan lokal dengan catatan sekolah tetap ditunjuk sebagai penyelangaraannya (bertanggung jawab).


Muhajir Menyampampaikan "Dalam penerapannya, program ini boleh dimplementasikan di-lingkungan sekolah ataupun diluar lingkungan sekolah, dimana dalam pengimplemetasianya dijalankan dengan peket kegiatan yang menyenangkan, ramah, dan anti kekerasan. Format dari Struktur program ini sudah ada. Bahkan Peta jalan PPK konsepnya sudah kelar. Sekolah piloting telah ditetapkan sekitar 50 dan disamping ada juga sekolah yang secara sukarela menjadi tempat piloting project. Nantinya pada tahun 2017 akan kita tambahkan lagi dan pada akhir 2020 diharapkan semua sekolah sudah menerapkan PPK," kata Muhadjir pada saat Raker DPD Komite III dengan pihak Kemdikbud tepatnya pada hari senin (3/10) dimana dalam Raker ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komite III DPD, Fahira Idris, di Gedung DPD..

Penerapan Peta jalan PPK tersebut dimulai dari pematangan pemahaman konsep yang akan diterapkan pada Oktober sampai dengan Desember 2016 dengan tahapan uji coba satu dan dua. Merujuk pada peta jalan yang telah disiapkan, pada tahap satu akan ada 42 sekolah yang akan menerapkan PPK. Sedangkan pada tahap dua akan ada 500 sekolah.

Sedangkan untuk 2017, Muhajdir menambahkan, akan ada implementasi secara mandiri dan bertahap. Ia mentargetkan akan ada sekitar 1.626 sekolah SD dan SMP yang menerapkan PPK pada 2017. Sedangkan untuk tahun 2018 akan ada 3.252 sekolah dari 34 provinsi. Pada tahun 2019 dan 2020, pihak Kementerian Pendidikan akan melakukan pengembangan PPK secara mandiri sampai dengan tahun 2020 PPK semua sekolah sekolah sudah menerapkan PPK.

Muhajdir menambahkan lgi untuk sekarang ini  ada beberapa kabupaten/kota  termasuk satu provinsi yang telah siap menjalankan PPK. Meliputi  Kabupaten Banteng,dan  Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Provinsi Aceh.

Bagi daerah yang tergolong dalam katagori tertinggal, terluar, dan terdepan <3T>, Muhajdir Menyebutkan,pihak Kementerian akan menyediakan paket khusus. Dan juga tidak menutup kemungkinan jika program PPK ini akan diperkuat lagi dengan pembentukan program boarding school (sekolah berasrama). Dimana dalam kegiatan ini anak didik akan di asrama salama lima hari, dan pada hari Sabtu, para orangtua murid diperbolehkan mengunjungi anak mereka. Mereka dapat berkumpul bersama karena pada hari tersebut telah ditetapkan sebagai hari libur sebagai bentuk senuah kompensasi dari penambahan jam disekolahsekolah.

Untuk menyukseskan program yang telah direncanakan tersebut, Muhajdir menyampaikan, jika pihaknya akan mengubah peran kepala sekolah, komite sekolah dan juga perilaku gur.
kita berharap semoga penerapan peraturan baru ini dapat terelisasi dengan cepat menimbang banyak sekali program pemerintah terutama di kemnterian pendidikan yang belum terelisasi sekarang ini. mengapa saya beranggapan demikian karena sayang sekali jika sebagaian guru akan dengan susah payah untuk mengajar di dua sekolah hanya untuk memenuhi jam tugas mengajar sebanyak 24 jam seminggu, semoga dengan cepatnya diterapkan program batu ini para tenaga pendidik yang berprofesi sebagai guru tidak lagi disibukkan dengan harus mencukupi jam tugas ngajarnya supaya dapat tunjangan sertifikasi.   


Kiat-Kiat Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog Kita

Sudah sangat lumrah jika tujuan para blogger membuat sebuah blog ataupun website adalah untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia menulis dan memposting tulisan artikel hasil karyanya supaya bisa di akses oleh orang lain. Namun ada juga yang terkadang mencontoh penulisan artikel dari blog orang lain pada tingkat yang lebih para malah mengkopy paste artikel orang lain kedalam postingan blog mereka sendiri. Jika anda melakukan hal yang denikian, sebaiknya anda tidak boleh langsung mencopy-Paste karya tulisan blog orang lain ke dalam postingan blog yang kita miliki akan tetapi berusahalah membuat artikel sendiri secara unik sehingga menarik bagi Google dan pengunjung blog anda sendir. Jika memang hal tersebut juga tidak memungkinkan bagi anda dalam membuat artikel yang unik sendir, dan harus dengan terpaksa juga mengkopy paste hasil postingan karya blog orang lain, sebaiknya anda harus membuat redaksi lain dari hasil postingan blog orang lain tersebut, sehingga hanya anda hanya merujuk pada thema penulisanya saja yang anda contoh sebagai konsep penulisan artikel anda sendir, sedangkan redaksi katanya merupakan hasil pemikiran anda sendiri (hasil murni dari susunan redakasi kata/ide-idea yang anda tuangkan dalam postingan tersebut).

Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Biasanya setelah kita memposting tulisan artikel kita, semua blogger pasti menginginkan supaya postingannya terindex dengan cepat di Google dan muncul diurutan awal pada daftar mesin pencari Google. Salah satu syarat cepat terindex di Google adalah dengan memiliki konten postingan yang unik, jika penulisan kita sama dengan redaksi kata dengan para blogger lain maka kita dianggap melakukan plagiat atau melakukan kecurangan dengan mengkopy-paste hasil postingan tulisan orang lain. Jika hal demikian terjadi maka kita akan lama terindex di google, bahkan jika kita menggunakan layanan penayangan iklan Google Adsense maka kemungkinan besar akun Google Adsense kita akan kena banned karena dianggap melanggar TOS dan Privasi

(Baca Google Index Pada Blog (Permasalahan dan Solusi)



Untuk menghindari supaya akun Google Adsense kita tidak di banned, disini saya akan memberikan sedikit panduan/triks untuk mengecek hasil penulisan kita sebelum kita posting di blog. Ini dimaksudkan supaya kita bisa melihat seberapa persenkah dari hasil penulisan kita yang sama dengan redaksi kata yang digunakan oleh blogger lain (unique content). Jika ada redaksi kata kita yang sama dengan yang digunakan oleh blogger lain kita tinggal mengedit kembali sedikit (ulang) redaksi kata tersebut misalnya dengan menambahkan kata dan, atau, namun, dll. Adapun cara/tahapan yang anda lakukan adalah sebagai berikut:    

1.  Anda harus mengunjugi alamat Web https://smallseotools.com/plagiarism-checker
2. Kemudian anda Copy semua redaksi kata artikel yang sudah ada siapkan dan pastekan  redaksi kata tersebut tepat dalam kolom yang telah disediakan pada laman web tersebut. satu hal yang harus diperhatikan adalah, salah satu ketentuan dari smalltool plafiarsm cheker ini adalah dibatasinya Jumlah kata yang dibolehkan untuk dicek, adapun jumlah kata tersebut adalah tidak melebihi dari 1000 kata. jika jumlah kata postingan artikel anda lebih dari seribu anda dapat mengguranginya abat membagi artikel postingan tersebut dalam dua bagian untuk dicek secara bertahap (tidak secara bersamaan).   
3. Tekan tombol kode chapca setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol check plagiatrism. Untuk lebih jelanya lihat gambar berikut.




Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog 


Tunggu sebetar untuk diprose, setelah selesai anda akan melihat hasil dari proses tersebut, dan jika hasilnya 100% Unique Content maka tulisan artikel anda adalah murni hasil karya anda sendiri dan tidak memiliki kemiripan dengan redaksi kata yang digunkan oleh para blogger lain. Tetapi jika hasilnya ada tulisan yang berwarna merah itu mengindentifikasi jika tulisan anda memiliki kemiripan dengan tulisan orang lain, untuk mencegah hal ini maka edit ulang redaksi yang mimiliki kemiripan tersebut.  

Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog

Disamping pengecekan originalitas artikel kita seperti cara di atas, kita juga bisa mengecek semua hasil penulisan artikel kita yang sudah kita apload ke blog, apakah ada kemiripan dari salah satu postingan yang telah kita posting ke blog. Jika ada satu atau dua artikel yang sama sebaiknya artikel tersebut di delet saja atau di tulis kembali dengan merubah redaksi kata yang digunakan, supaya akun GA kita selamat.

Adapun cara melihat semua hasil potingan kita ke blog/website adalah sebagai berikut:
1.  Anda Kunjungi laman web https://www.copyscape.com/
2. Kumudian Copy-pastekan url blog atau artikel yang anda ingin cek  kemurniannya dan klik GO
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
3. Jika hasil dari proses tersebut tidak ada blog/web yang di temukan itu menandakan artikel anda murni hasil karya tulis anda sendiri.

Cukup sekian saja penjelasan dari saya semoga bermanfaat adanya.

Wednesday, October 05, 2016

Belajar Memahami Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan





Buah manggis sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia, karena tumbuhan ini hidup di-seluruh kawasan di Indonesia. Buah manggis yang dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Garcinia mangostana adalah jenis pohon cemara tropis yang berasal dari Indonesia dan banyak juga tersedia di beberapa kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan juga di bisa diperoleh di beberapa wilayah Afrika. Sama halnya dengan daun sirih. 
manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Buah manggis
Buah manggis  juga memiliki julukan tersendiri, julukan sebagai ratu buah tropis dikarenakan kandungan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Buah manggis yang terdiri dari tiga bagian yaitu kulit berwarna ungu, daging/isi yang berwarna putih dan biji yang terdapat dalam daging. Bijinya manggis ini memiliki rasa yang pahit dan tidak bisa dimakan sedangkan daging manggis memiliki aroma yang sangat lembut dengan rasa manis. Kulit bagian luar memiliki sifat keset namun sangat mudah untuk dikupas karena agak lebut dan empuk. Buah Manggis telah menjadi obat tradisional yang digunakan oleh orang dulu diberbagai negara Asia sejak. Manfaat kesehatan dari buah manggis sudah dikenal oleh nenek monyak kita sejak abad ke-18 dan sudah terbukti secara ilmiah di jaman sekarang. Manggis memiliki nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan untuk memenuhi kecukupan kebutuhan gizi kita.

>>> Baca Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan

>>> Baca Empat Kiat Alami Tuntaskan Lemak dalam Tubuh

Dibawah ini adalah beberapa khasiat buah manggis bagi kesehatan sesuai dengan kandungan-kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan :

1.  Buah manggis Mengandung Antioksidan
Hasil dari Penelitian ilmiah membuktikan bahwa terdapat mengandung polifenol atau xanthones dalam buah manggis. Disamping itu ada dua jenis xanthones dalam buah manggis jenis gamma dan jenis alpha manggis. Sebagaimana yang telah kita ketahui jika Xanthone dan turunannya terbukti mengandung beberapa manfaat untuk tubuh, salah satunya termasuk anti-inflamasi. Xanthone adalah kandungan obat yang efektif terhadap berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Jenis Antioksidan yang terdapat dalam manggis memiliki sifat penyembuhan sel yang rusak yang diakibatkan oleh radikal bebas dan mampu meregenerasi sel yang telah rusak, memperlambat penuaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dari dulu Buah manggis sering digunakan untuk jenis pengobatan tradisional dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker sel.
2.  buah manggis mengandung Kalori yang Rendah
Buah manggis memiliki kandunga kalori yang rendah rendah yaitu 63 kalori / 100 g dan juga tidak mengandung unsur lemak jenuh (kolestero)l. Salah satu kelebihannya adalah kaya akan serat makanan yaitu 100 g dan menyediakan sekitar 13% RDA yang sangat penting bagi kita yang memiliki kelebihan berat badan

3.  buah menggis Mengandu Vitamin C

Buah Manggis juga memiliki kandungan vitamin C sekitar 12% RDA/100g. Kandungan vitamin C ini memberikan perlawanan yang effektif terhadap infeksi,  flu dan mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sebagiamana yang telah kita ketahui, mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan untuk membantu tubuh dalam melawan  beberapa penyakit. Khususnya Bagi ibu hamil kandungan Folat yang terdapat dalam buah manggis memiliki peran penting dalam membantu perkembangan/pertumbuhan janin dan juga membantu sel-sel baru untuk berevolusi.
4.  Buah Manggis Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Buah Manggis dapat membantu pertumbuhan sel darah merah dan mampu mencegah anemia. Disamping itu kandungan buah manggis juga mampu meningkatkan aliran darah dan melebarkan pembuluh darah sehingga kita bisa terbebas dari penyakit seperti kolesterol, nyeri pada dada yang parah dan aterosklerosis. Disamping itu juga dapat mencegah timbulnya penyakit katarak pada mata.
5.  Buah Manggis Mampu Mempertahanakan kecantikan
Selain bermanfaat untu kesehatan, buah manggis juga dapat mempertahankan kecantikan karena buah manggis mengandung antibakteri alami dan anti mikroba yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Bagi orang yang memiliki jerawat, kulit yang berminyak, noda bintik pada kulit, dan kulit kering dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah manggis. Kandungan Xamthone dalam Buah manggis sangat tinggi dibandingkan dengan jumlah xhamtone yang terdapat dalam buah-buahan lainnya. Buah manggis dapat membantu mencegah penuaan yang disebabkan oleh oksidasi karena xhamtone memiliki kandungan antioksidan seperti katekin. hal inilah yang membuat banyak kalangan yang memburu buah manggis untuk kesehatan disamping juga sebagai pencegah penuaan dini. Sebagian orang juga ada membeli kadungan kulit buah manggis ini dalam produk berupa etrak buah manggis yang dipasarkan dalam bentuk siap saji yang tersedia dibanyak toko obat di seluruh Indonesia

The Reflection on Educational Research Over Twenty Five Years (SUMMERY PART 2)

War Paradigms.

In Australia educational paradigms was assumpted as discipline wars, where the psychologist and curriculum experts want to have control on the educational research aspect. Where they claimed that their method is the most appropriate way in conducting educational method, (qualitative and quantitative method). This situation was disputed by Thompson as he mentioned to as post-paradigmatic thought: he explained that


The Reflection on Educational Research
Educational Research

the new method of science philosophy rejects both the idealist assumptions of the positivist assumption of the quantitative paradigm and the qualitative paradigm, however the new concepts of science philosophy accommodates some of the methods and some of the assumption of both paradigm 

By refering to the above perception the Australians’ researchers could run together in the same research project.


A new imbalance.
The administration and management of educational research in Australia grew rapidly, and the qualitative methodology became most popular.however the increasing of the education sector in Australia triggering new problem in the aspect of education research, we knaow that Australia was a multicultural societies, a homogenous society, the region and religious differences, and it is caused that the qualitative methodology is unable to solve this problem, so that they need the a appropiate methode such as a quantitative method. So that the move away from the quantitative research to qualitative methode accur by the early nineties.

The growing of policy studies and government control

In the 1980s the use of action research and policy studies became favorites. Educational policies were directed on current problem or issues in education aspect which where governments’ concern. The parent’s association and teacher’s union were made in this era, this all directed to improve the educational process related to educational problem, the government are supposed to take over educational research by determine the decision/policy were made by those who control the system and funds about what should be researched on the research and the methodology.

Action research

The movement of Australian action research combined strategic orientation, the political awareness, practical truth and critical perspective. The aim of action research is to improve and develop action within the process of critical reflection and the self-reflection. For the theory of educational action research is not simply to explain/indicate the source of the problem, but it must bring some realization of action that must be determined in order to overcome the problem. The research used technique to analyze to describe how the new learning builds on the old, and it also to learn how the teacher understand what they do in particular education setting. However this method also unable to answer the educational problem clearly, then some experts triad to develop the educational research where they focus on the teacher and the student’s perspective and their understanding of the concept and phenomena and reflected of how those understanding was formed. They made link science learning research and constructionist perspectives, the information processing theory and the cognitive psychology in general, all became relevant to research into learning and science teaching in order to solve educational problem.


Criticism from Within.

Critical theory could be grouped as social theorist came out as the effect of the interest growing in qualitative research. This method based on Gibson perception are intensively interested in theory it’s self. For instance, in educational research, this method focus on the achievement, the progress, the ability, the objective and the interest of the certain group, and this method became more popular in educational research in the past decade and most of it were used in so much literature.  

Gender Research.

The gender research became popular on 1975, this research conducted in order to decrease the gander discrimination, and the focus on equal right and determine what the carrier choice for the girls. In the area of academic studies, the mapping of sex focus on study of the process of the carrier choice by the girls and the boys, the investigations of discrimination of gender among teachers and the discussion on the equal opportunities for girls. But this research was concepted and done by the researchers mainly with backgrounds in history and sociology. For the ten years up to 1995, there have been increasingly concern and research into gender and the education. The researchers was developed the new gender research by focusing on the girls’ interests, the culture, and the role of women in school and society.  

The Research Paradigm and The Research Politics and AARE.

The Politic has a very big role in the existence of educational research, because the educational research in Australia was affected by the diversity in the public opinions toward the education problem, and the new government change. So in order to defend the education, the educational research existence, the researchers triad to protect their territory, the building their knowledge, the familiar with the government policy, especially regarding to the educational policy, and involved in political system in order to understand well about the policy decision making. The result that they got trough the political awareness and the experience, the reflectivity about research lead the presence development in the field of the public policy, and the development of long terms programs etc.

The analysis of the papers presented on AARE conference.

The AARE analysis conference papers utilize that the broad subject AEI categories, even some data was missing but all the data represented since (1979 up to 1991), it shown that the psychology area dominated, but the psychology dominated is not so clear cut on year by year comparison.  This reflection used as the educational research interest




The Reflection on Education Research Over Twenty Five Years (SUMMERY PART 1)

The education research in Australia started at the beginning sixties seventies, it is as the reflection of America education research. in Australia has some obstacles on the implementation this concept because the cynicism, permeated the media reaction and the perception of politician toward the educational research in general. Where the schools has failed to minimize the unemployment, and the school always became the scapegoats, blamed because of these situation. This condition were based on the politician who  want to control facets of the research and shape it into the frame of the amenable to policy.  

The Reflection on Educational Research
Educational Research 
The research influence on policy is frequently over a long period of time, such as the current even the show of the result of science could gave the impact on education research in order to implement it in the sector of education, by conceptualize it to educational project, in the process of the percolation of the research finding intermediaries, policy analyst, federal and the state educational ministry and the journalist all have a role to interprate the transmitting of the research finding. This is the effect of the appearing poling research, where the mass medias going to do their role trough the polling public opinions, and the educational division going to request some perceptions to the parent, the politician will give their own view about educational system, but this kind of the educational research could not able to give the best solution in Australia educational system because this research need a deeper understanding in order to make it perfect. Bruce Morey clarified  in 1978 on the behalf of Senator J.L Carrick, educational Minister in the fraser



So based on the statements above, the polling research can be categories in two aspects, in order to make it perfect namely:


1.        Dissemination.

Dissemination means is to extend this the concept where it is not only the researcher and decision makers involved in the making research, but all elements of educational must be involved such as the teachers, the scientist of education, the lecturer, the parent, and the societies.


2.      Utilization.

Utilization means the researcher should focus on what the benefit that will be got for the education to solve the educational problem, or what kind on the educational system suitable for education.


The Educational research-the demise of the position of the realist.


The realtion between education and science proved the problematic in many ways. The behaviorist that dominated by educational psychology in the 1060s, were vocally declaring the scientific nature of their research. Even much of their work had been challenged seriously in Brittan  and United States, but it was not appears in Australia. But in doing this they  took on the linear model that the science has been able to exploit since ninetieth century. This had led to a clear perception of public, the mass medias and politicians get the benefit of scientific research. While the education psychology didn’t make any advance in the 1995s, Gene Glass suggested the need to tie together research finding on specific topic by applying the statistical techniques that commonly employed by quantitative reseachers in analyzing their primary data, and it approached they called meta-analysis.  (ERDC) agreed about his perception and tried to implement it in order to solve the educational problem in Australia, But unfortunately this research was not running well, because this research this research locked into the traditional of universities and academic going their own way in conducting research, and the (ERDC) failed to delivered method this concept. Of course the behaviorist who used the psychology education still exist, in one school in Australia where than more half staff had qualification in educational psychology had no willing to teach the course, this was the reaction against the behaviorist.

However the psychology education was not exist forever, because on the 1980 the educational system focus on technology, gender, students out comes, the issues of environments, the policy studies etc. by the mid of 1980s, the reseacher focuses on the qualitative research in order to solve education problem.


The Ascendancy of the Qualitative Research.

There researcher in Australia agreed to determine the qualitative research as a method in inquiry the educational research, because the qualitative research is more objective than quantitative method, where qualitative method seems very nature. Where the education research is also focus on the students, the teacher, the environment, the beliefs and the perceptions of the parties concern so that this research in more objective and must be aware of all the values laden intrusion. in the other hand why qualitative research is appropriate in the inquiry educational research because of this method is really close to the cultural anthropology on which the ethnography is a part.  So the qualitative research is more appropriate in conducting the education research than quantitative research in Australia.