Pondok Belajar

Sunday, October 23, 2016

Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut


Kerusakan yang terjadi pada kendaraan memang terkadang tidak memilih tempat dan waktu, dan ini malah bisa membuat kita terkadang dongkol atas kejadian tersebut, apalagi jika kita sedang dalam menempuh perjalanan jaraj jauh. salah satu kejadian/kerusakan yang sangat fatal adalah terjadinya permasalahan dalam melakukan operan gigi mobil, dimana seharusnya masuk malah yang terjadi sebaliknya (gigi/transmisi kenderaan tidak mau masuk lagi setelah kita masukkan gigi satu). kejadian ini bisa saja terjadi pada semua produk kendaraan apakah Toyota, Honda, Mitsubishi, Chevrolet, Ford, MWW, Mercedes Benz dan berbagai mereka lainnya.

Disini saya mau berbagi pengalaman saya sendiri ketika mengalami masalah dengan gigi transmisi mobil tidak bisa masuk sama sekali (nyangkut), bukan saja keras dan susah masuk tapi disini keadaan mobil memang sama sekali tidak bisa di masukkan/oper gigi transmisinya kecuali jika kondisi mesin dimatikan maka gigi transmisinya bisa dimasukkan dan langsung jalan dengan gigi transmisi tersebut tanpa bisa dioper lagi ke transmisi yang lainya. Kejadian ini terjadi pada saya ketika dalam perjalanan dengan keluarga, pada saat itu, ketika gigi transmisi mobil tidak bisa dimasukkan lagi saya sempat panik, namun saya coba matikan mesin mobil dan memasukkan gigi transmisi ternyata bisa dan dilanjutkankan dengan menghidupkan mesin, setelah jalan ternyata gigi tidak bisa dioper lagi alias dimasukkan gigi yang lainya. Melihat penomena/kejadian seperti itu maka saya langsung pakai gigi tiga waktu starter kendaraan untuk meneruskan perjalanan sampai kerumah.

Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut
Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut
Keesokan harinya saya membawanya ke bengkel untuk diperbaiki supaya mobil bisa beroperasi kembali seperti sedia kala, dan orang bengkel bilang jika gigi transmisi mobil sulit masuk maka kesalahannya bisa dikatagorikan sebagai berikut:

1. Jika gigi mobil agak keras waktu dioper, kesalahannya terletak  pada setelan kuas kopling ataupun setelan pedal kopling, kalau kejadiannya disitu maka cara memperbaikinya cukup hanya dengan menyetel ulang kedua komponen tersebut, mungkin setelan koplingnya terlalu lemah sehingga kurang terdorong waktu ditekan ketika kita mengoper gigi kederaan yang kita kenderai. jika ini terjadi malah dapat mengakibatkan keuausan pada kain clouth kederaan kita yang mana hal ini juga akan berpengaruh buruk terhadap kinerja kenderaan (mobil). 

2. Jika gigi transmisi mobil memang sama sekali tidak bisa dimasukkan ketika mobil dalam keadaan hidup, maka besar kemungkinan jika komponen yang ada dibagian transmisi mobil rusak dan harus diganti, ini bisa disebabkan karena pengaruh usia ataupun karena kurangnya telaten si empunya mobil sendiri dalam mengoperasikan mobil mereka. Berdasarkan pengalaman saya kerusakannya terjadi pada Cover Clucth atau biasa disebut matahari kopling dan Plat Kopling (sebagian orang menyebutnya kain cloucth) kedua komponen ini rusak dimana tekanan cover Cluth yang sudah melemah terhadap plat kopling ketika melakukan pertukaran transmisi. Disamping itu bisa juga terjadi kerusakan pada plat kopling seperti salah satu per yang ada pada komponen plat Kopling sudah rusak ataupun copot sendiri. Kejadian awal dari kerusakan ini adalah ditandai dengan sulitnya ketika kita memasukkan gigi transmisi R (gigi mundur) jadi untuk menghindari kejadian tersebut sebaiknya lakukan pemeriksaan awal ketika anda mengalami kesulitan dalam melakukan pertukaran gigi (memasukkan gigi mundur). Untuk lebih jelas liat kedua gambar komponen tersebut pada gambar di atas supaya anda kenal dengan kedua komponen tersebut.

kedua gambar komponen diatas adalah komponen yang dapat menghambat kita ketika kita melakukan pergantian gigi mobil jika kondisi kedua komponen tersebut rusak. Untuk memperbaikinya kita harus mengganti kedua komponen tersebut, walaupun kerusakannya terjadi pada salah satu komponen diatas sebaiknya diganti sekaligus kedua komponen tersebut. Disamping harganya yang agak terjangkau, Ini juga dimaksudkan supaya hasilnya lebih maksimal, karena kedua komponen tersebut saling berkaitan erat maka sangat pantas kalau kita mengganti kedua komponen tersebut secara bersamaan. Gantilah kedua komponen tersebut dengan menggunakan komponen suku cadang yang original supaya komponen ini lebih tahan lama walau harga agak sedikit tinggi dibandingkan dengan produk kawe. Dalam melakukan perbaikan ini sebaiknya anda membawanya ke tukang mekanik yang ahli ditempat anda karena proses perbaikannya agak rumit dan sangat dibutuhkan ketelatenan dari orang yang mengerjakannya. sebab jika proses pergantian ini dilakukan secara sembarangan malahan bisa menyebabkan kejadian yang lebih fatal dan membuat anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi. jika ingin lebih mudah tanpa melakukan pengeluaran biaya pasa saat perbaikan otomatis kita harus masuk asuransi mobil (Car Insurance Quotes) pada saat melakukan pembelian mobil, karena secara otomatis semua kerusakan mobil akan diperbaiki oleh pihak penyedia layanan asuransi (Car Insurance Quotes) tersebut.  

sekian dan terimakasih semoga gambaran singkat ini dapat membantu anda ketika sedang mengalami masalah yang saya gambarkan di atas

Saturday, October 22, 2016

Konsep Dan Pembahagian Curriculum Problem Center

Kurikulum Problem center design
Pada ulasan yang tedahulu saya telah mengulas sedikit gambaran tentang kurikulum Subject Center dan Curriculum Student Center. Pada pembahasan kali saya akan membahas sedikit gambaran tentang curriculum Problem Center. Seperti yang telah kita pahami bersama, Problem Center juga digunakan dalam salah satu Model pendekatan pembelajaran pada Kurikulum Tiga Belas disamping Discovery learning, Inqury Learning, dan Scientifict Approach. Adapaun dasar dari Model Pendekatan Problem based Leraning yang ada dlam kurikulum tiga Belas (Kurtilas)berazaskan pada Cuuriculum Problem Center.


Konsep dan Pembahagian Curriculum Problem Center
Curriculum Problem Center
Rancangan Curriculum Problem Center ini berfokus pada masalah kehidupan baik secara individu atau masyarakat umum. Problem center design disusun untuk memperkuat kebudayaan tradisional yang mencakup kebutuhan individu dan masyarakat yang ada, jadi materi yang dibuat sangat tergatung pada seberapa besarnya masalah yang dipelajari, sebab problem kurrikulum design mengambil Rancangan kurrikulum ini juga dibagi dalam beberapa bagian diantaranya:


a. life situation design
jenis rancangan kurrikulum ini menekankan pada fungsi kehidupan atau situasi kehidupan dan berazaskan pada philosophy reconsructionisme. Dasar rancangan kurrikulum ini didasarkan pada tiga asumsi, yaitu kurukulum harus dirangcang sesuai denga lingkungan disekitar mereka, anak didik dapat melihat arah yang relevan dengan apa yang akan mereka pelajari karena sesuai dengan lingkungan mereka, dan yang terakhir dengan adanya kurrikulum yang berbasis alam sekitar siswa, siswa tidak hanya dapat mempelajari cara dalam pngembangan masyarakat, tetapai mereka dapat terlibat langsung dengan lingkungan masyarakat. Rancangan  kurrikulum ini hanya befokus pada aspek-aspek pola tradisional (ekonomi, social, spiritual, dan olahraga), sehingga rancangan kurrikulum ini sangat tergantung dari pemahaman individu anak didik, maka keterlibatan masyarakat luar tidak dapat dihindari seperti institusi masyarakat, keluaga, tokoh masyarakat dan lai-lain. Ini dimaksudkan untuk membina anak didik secara langsung terhadapa aspek ilmu yang dia pelajari. Adapun tujuan dari kurrikulum ini adalah supaya mampu dalam mempelajari dan mengaplikasi procedure pemecahan masalah. 

b. Core design
Kurrikulum ini disebut juga dengan fungsi social, core diartikan dengan perencanaan yang yang terperinci dan berazaskan pada philosophy progresivisme dan reconstructionisme. Rancangan ini merupakan inti dari pendidikan umum dan didasarkan pada kemunculan masalah dari activitas manusia secara umum. Walaupun materi merupakan bagian dari rancangan kurrikulum ini namun kebutuhan umum, masalah, dan pertimbangan terhadap anak didik merupakan focus utama dalam jenis kurrikulum ini. Disini siswa diharapkan mampu terlibat aktif dalam setiap penyelesaian masalah, disamping mereka didik untuk bisa mengkritik kehidupan social mereka.  

c. Social problem and deconstructionist design. 
Dalam rancangan kurrikulum ini siswa diharapkan mampu menganalisa beberapa masalah yang berhadapan dengan manusia ditingkat lokal, Negara bahkan tingkat internasioanl, disamping memberikan perhatian terhadap party politik, pemerintah dan pangaruh ekonomi, sebab azas kurrikulum ini adalah philosophy reconstrutionisme. Materi pembelajaran dalam rancangan kurrikulum ini berfokus pada kunci masalah social didalam masyarakat, seperti isu race, gender, ekonimi, politik, kemiskinan. Dalam model ini peserta didik dilatih untuk bisa memecahkan persoalan yang disajikan oleh peserta didik dengan tujuan untuk melatih anak suapay terlibat langsung dalam pemecahan persoalan yang ada. Tujuan dari bentuk ini adalah untuk memberikan pangalam pengetahuan kepada anak didik supaya mereka bisa mengembangkan pola pikir mereka yang langsung teritegrasi kedalam permasalah yang telah disajikan oleh peserta didik.

Sekian saja kupasan singkat mengenai Curriculum problem Center, dan untuk selanjutnay saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari ketiga aspek kerikulum yang telah saya descrikan sebelumnya.  


Kisah Anak Durhaka Ahmad Ramanyang


KISAH ANAK DURHAKA AHMAD RAMANYANG . Pada masa dahulu kala, didalam sebuah desa di Aceh, yang teletak di sekitar Krueng raya, hiduplah seorang pemuda yang tampan, bijak, pandai, rajin dan berbakti kepada orang tua. Dia bernama Ahmat (Ahmad Ramanyang). Pada saat itu pemuda tersebut sedang menginjak usia remajanya. Pekerjaan yang dilakukan saban harinya oleh pemuda tersebut hanyalah mengarap kebunya karena dia berprofesi sebagai seorang buruh tani. Dalam menjalani kehidupan sehari-harinya dia tidak pernah putus asa karena dia termasuk seorang pemuda yang pandai ilmu agama. Walaupun dalam keseharianya dia terkadang makan satu hari bahkan dua hari sekali tetapi dia tidak pernah mengeluh karena baginya itu adalah rezki yang telah ditetapkan oleh Allah kepadanya.

Ahmad Ramanyang
Kapal Ahmad Ramanyang Yang Sudah Menjadi Batu
Hari demi hari terus berlalu seiring terus berputarnya roda kehidupan, sehingga pada suatu hari terbisit keingginan pada pemuda ini untuk pergi meratau karena ingin merubah garis kehidupannya. Siapa tahu dia akan mendapat kehidupan yang layak diperantauannya nanti. Namun keinginan tesebut agak berat dia lakukan karena dia sangat berat untuk meninggalkan ibunya seorang diri di kampung ini, mana kondisi ibunya yang sudah semakin senja.

Pada suatu hari, dia malamun sepanjang hari di kebun dan tidak melakukan aktivitas apapun karena dia asik larut dengan rencananya untuk pergi merantau kenegeri orang supaya kehidupannya bisa berubah. Namun dalam lamunananya kali ini dia mendapatkan sedikit solusi tentang perencanaannya tersebut, mengapa aku tidak coba tanyakan dulu pada ibuku, sipa tahu aja beliau menyetujuinya. Setelah mendapat pemikiran seperti itu dia langsung bergegas pulang kerumanhya dan langsung menjumpai ibunya.'Mak, Amad mau bilang sesuatu pada mak, Ahmad berencana mau pergi merantau kenegeri seberang untuk merubah nasib hidup Ahmad’ kata Ahmad . ‘siapa yang akan menjaga mak disini nanti setelah kamu pergi merantau,’kata ibu Ahmad ‘iya mak tapi Ahmad berjanji untuk tidak akan lama kok mak, jika nanti Ahmad sudah kaya Ahmad akan kembali untuk menjemput mak tinggal dengan Ahmad disana’ kata Ahmad. Melihat keinginan anaknya yang begitu tinggi, akhirnya ibu si Ahmad menyetujui permintaan anaknya tersebut. Ya sudah kalau begitu berangkat saja lah, pesan mak jangan berbuat kejahatan di negeri orang, jadilah orang baik, dan selalu mengingat Allah. Ucap Ibu Ahmad sambil membelai rambut anaknya. 

Keesokan harinya Ahmad langsung berangkat dengan dengan diantar oleh ibunya di Pelabuhan Krueng raya. Kemudian sebelum Ahmad berangkat menuju kapal, ibunya berpesan kepada Ahmad, Ahmad rajin-rajinlah beribadah kepada Allah, berdoa dan berusaha supaya Allah akan memberikan kehidupan yang layak buat kamu, dan satu hal yang harus kamu ingat jaga akhlak kamu ketika berada di negeri orang supaya orang senang dan mudah membantu kamu kata ibunya. Ahmad hanya mengangu-angukkan kepalanya ketika mendengarkan semua pesan ibunya. Mak jaga diri mak baik-baik ya, dan insyaalh Ahmad akan mengingat semua pesan mak, semoga pesan emak ini bisa menjadi sebuah motivasi buat Ahmad, mak Ahmad pergi dulu ya. Ucap Ahmad sambil mencium kedua tanggan ibunya. 

Setelah menempuh perjalanan yang lumayang lama dan melelahkan akhirnya Ahmad tiba di negeri perantauan yang ditunjunya, dan mendapatkan pekerjaan pada seorang saudagar kaya raya. Singkat cerita akhirnya Amad tiba dinegeri seberang dan bekerja pada seorang saudagar kaya untuk menambat tali kapal yang singgah  di dermaga milik orang kaya tersebut. Hari demi hari terus berlalu, dan sekarang Ahmad telah berada sekitar 1o tahun lebih di negeri orang, Ahmad berhasil menjalani hidupmya di negeri orang dan menjadi kepercayaan tuanya, bahkan dia diberikan penghargaan oleh tuannya tersebut untuk mempersunting puteri satu-satunya yang dimiliki oleh saudagar kaya tersebut.. itu semua diperoleh oleh Ahmand karena dia selalu menjalankan semua nasehat ibunya ketika ia berangkat dulu.

Setelah mempersunting puteri saudagar kaya tersebut maka secara otomatis Ahmad menjadi orang kaya karena dia yang akan menjadi pewaris tunggal dari semua kekayaan mertuanya. Kondisi Ahmad yang sekarang sudah tidak lagi seperti dulu lagi karena kesibukan yang terlalu padat dalam mengelola usaha mertuanya tersebut membuat dia sudah jarang beribadah seperti dulu. Bahkan amanah ibunyapun sudah banyak yang diaabaikan karena terbawa oleh kenikmatan dan kemewahan dunia.

Pada suatu hari, istri Ahmad mengajak Ahmad untuk mengunjungi ibunya di kampaung halaman yang jauh berada di sebang lauatan. Bang Ahmad apakah abang tidak meridukan ibu mu yang telah melahirakan dan membesarkan mu? Kata istrinya. Mendengar pertanyaan itu Ahmad agak terkejut dan balik bartanya kepada istrinya. Mengapa kamu bertanya demikian, apakah kamu ingin kita berkunjung kesana yang jauh berhari-hari memngarungi lauatan? Tanya Ahmad. Istrinya menjawab, ya bang saya ingin sekali melihat dan berjumpa dengan orang yang telah mendidik seorang laki-laki dengan penuh ketaatan dan kesopanan’ jawab istri Ahmad. 
Okey lah jika begitu besok kita akan berangkat kesana ujar Ahmad. 

Keesokan harinya, merekapun memulai pelayaran untuk menuju ke kampung halaman Ahmad, setelah mengarungi lautan yang berhari-hari lamanya. Akhirnya merekanpun akan segera tiba di pelabuhan krueng raya Aceh besar. setelah sampai di krueng raya, Ahmad beserta istri dan semua kru kapal langsung turun dari kapal dan mereka agak takjub dengan keindahan alamnya yang masih sangat alami dan segar. Semua penduduk berduyun berdatangan menyambut saudagar kaya yang dulunya adalah salah seorang pemuda desa mereka. Sayup-sayup kabar kedatangan Ahmadpun sampai ketelinga ibunya, dan ibunya segera bergegas menuju ke pelabuhan kreung raya sambil membawa sebungkus nasi untuk sarapan anaknya.      

Setibanya di dermaga Krueng ibu Ahmad langsung mamangil Ahmad, anak ku ini mak mu nak, dan mak bawakan sebungkus nasi untuk sarapan mu, panggil ibunya. Mendengar suara tersebut istri Ahmad berujar kepada suaminya, suami ku, lihat itu ada perempuan tua yang memangi-mangil namamu katanya dia ibu mu, Kemudian Ahmad berkata, aku tidak kenal dengan perempuan tua itu, aneh masak dia berani mengaku sebagai ibu ku, apa dia tidak tahu jika ibuku adalah saudagar kaya disni, ucap Ahmad dengan lantang untuk menutupi rasa malunya kepada istri dan anak buah kapalnya. Mendengar ucapan Ahmad tersebut, ibunya berujar, Ahmad ini betul mak mu, apakah kau sudah tidak kenal lagi dengan mak mu ini’ ucap ibunya sambil menangis. 
Aku tidak lupa akan mak ku, tetapi saya masih ingat  mak ku bukan seperti mu, mak ku adalah oarang kaya raya seperti ku. Kata Ahmad. Kemudian Ahmad menyuruh awak kapalnya untuk menyeret perempuan tua tersebut jauh dari hadapanya. Mendapat perlakuaan seperti itu, ibu Ahmad berseru dengan lantang, Ya Allah jika laki-laki yang menyuruh menyeretku itu benar-benar darah daging ku, maka kutuklah dia beserta semua orang-oragnya menjadi bukit. Tak lama kemudian kejadian anehpun terjadi hujan disertai petir dan badai melanda di tempat tersebut dan yang aneh lagi setelah kondisi membaik seperti sedia kala malah terlihat sebuah bukit di dalam lautan  yang agak berhampiran dengan daratan, selidik punya selidik ternyata itu adalah kapal dan semua oarang yang ada di dalam kapal Ahmad tersebut.  
Sampai saat ini anda bisa menyaksikan bukit tersebut di sekiitar Krueng Raya aceh besar. Orang orang menyebut nya dengan Glee Kapai [bukit Kapal]. Danm kemudian orang-oarang manimai kisah ini dengan kisah Ahmad Ramanyang. Maksud kata ramanyang adlah anak yang tidak tahu membalas jasa budi orang tuanya. 

Friday, October 21, 2016

Keindahan Objek Wisata Danau Laut Tawar


KEINDAHAN OBJEK WISATA DANAU LAUT TAWAR. Aceh yang dulunya dikenal dengan sebutan Nanggroe aceh Darussalam, ternyata memiliki bermacam ragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dan tiap-tiap dari daerahnya juga memiliki berbagai macam keunikan dan keindahan tersendiri, yang tidak sama dengan daerah lainnya, disamping juga mengadung history alias cerita raknyat tersendiri.  


Keindahan Objek Wisata Danau Laut Tawar
Objek Wisata Danau Laut Tawar
(Baca Objek Wisata Di Kota Tapaktuan)
(Baca Five Tourism Objects In Sabang Island)

Tidak hanya Pulau Sabang yang dikenal indah untuk di kunjungi, namun salah satu kabupaten lain di Provinsi Aceh seperti Kabupaten Aceh Tengah juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan berbagai objek wisata yang ada di Indonesia. Salah satu objek wisata yang indah untuk dikunjungi di Aceh Tengah adalah Lokasi Wisata Laut Tawar, dimana danau ini bukan hanya indah, akan tetapi juga memiliki kebanggan dan kelabihan tersendri bagi masyarakat yang ada disekitar Danau Laut Tawar tersebut. Danau Laut tawar ini yang teletak persis ditengah Kota Aceh Tengah ini terlihat sangat indah karena diapit oleh dua buah gunung yang mempercantik pemandangan kita sewaktu menyaksikannya dari titik kejauhan tertentu. Kalau kita menyaksikan keindahan Danau ini dari ketinggian tertentu akan terlihat laksana permadani berwarna biru yang terhampar di atas daratan Kota Takengon. Jika kita amati lebih seksama lagi maka akan timbul logika di hati kita jika Danau Laut Tawar tersebut terlihat seperti kumpulan air laut yang terjebak di atas bukit ketika air laut pernah meluap dan mentupi seluruh pulau di bumi ini pada suatu masa dahalu. Bisa saja logika ini benar karena kita tahu jika pada zaman Nabi Nuh ‘Alaihissalam,  air laut pernah menenggelamkan seluruh permukaan daratan yang ada di muka bumi ini dan salah satu sisa yang terjebak dan tidak ikut terbawa lagi ke laut adalah air yang ada di puncak daratan Aceh yaitu Danau Laut Tawar. Pendapat saya ini belum tentu benar, karena saya hanya terlalu berimajinasi kali ya, sehingga mengaitkan antara air yang ada di Danau Laut Tawar dengan kejadian di zaman nabi Nuh ‘Alaihissalam. 

Kalau anda memiliki waktu luang boleh sekali-kali berkunjung ke Danau Laut Tawar, karena kecantikanya bisa dibilang tidak kalah dengan panorama alam yang ada di Danau Toba (Sumatera Utara) hanya disegi ukuranya saja yang agak jauh berbeda. Jika anda mau berwisata kesana anda bisa melanjutkan Perjanan anda setelah mengunjungi dan menikmati wisata yang ada di Kota Bada Aceh, karena dari Banda Aceh ke Tekangoh hanya memakan waktu sekitar delapan atau sembilan jam perjanan. Anda bisa mengunakan jasa angkutan umum atau merental kendaraan yang ada di Banda Aceh.

Disamping menyajikan keindahannya, Danau Laut Tawar ini juga memiliki cerita dan sejarah tersendiri, dari cerita raknyat yang masih hidup sampai dengan sekarang, mereka menceritakan jika Kejadian Danau Laut Tawar ini berawal dari sebuah kutukan sanga raja kepada sang puterinya yang tidak menyetujui ikatan pernikahan puterinya, dan berpasan kapada sang puteri setelah kamu menikah nanti dan ketika Kamu telah Meningggalkan kami dan kerajaan ini, jangan pernah sekali-kali kamu melihat kebelakang. Namun sang puteri tidak mendengarkan pesan tersebut, dan ketika dia menoleh kebelakang ketika meninggalakan keluarganya dan mengikuti suaminya, maka suatu peristiwa anehpun terjadi. Petir, angin kencang dan diikuti oleh hujan terjadi dengan hebatnya, kemudian sang puteri tersebut bersembunyi kedalam sebuah goa untuk berteduh. Setelah hujan reda, sang putri tidak juga kunjung keluar dari goa tersebut dan ditemukan sudah menjadi batu, dimana pada bahagian bawah sang putri sudah membesar konon katanya ini adalah perwujudan dari air mata sang putri, dan dari peristiwa hujan deras inlah maka terbentuklah Danau yang sekarang ini dinamakan Danau Laut Tawar. Anda masih bisa menyasikan perwujudan baru dari puteri tersebut sampai dengan sekarang.

Disamping objek wisata yang di atas sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang bisa kita saksikan di Kota Takengon ini, seperti Batu Belah konon juga memiliki cerita unik tersendiri, dan rumah adat gayo yang masih asli dan utuh sampai dengan sekarang, namun agak sudah kurang terawat dengan baik. 

KRITERIA MENIKAHI SEORANG ISTRI DALAM PERSEPSI AGAMA ISLAM


KRITERIA MENIKAHI SEORANG ISTRI DALAM PERSEPSI AGAMA ISLAM. Memiliki pasangan hidup adalah impian semua orang, semua orang pasti menginginkan pasangan hidupnya serba sempurna dimatanya. Apalagi bagi sesorang yang sudah berkepala tiga yang belum memiliki pasangan hidup tentu akan terus ditanyakan oleh kawan-kawanya yang terkadang membuat mereka merasa kurang nyaman dengan pertanyaan tersebut. Dalam menentukan pasangan hidup kita harus benar-benar memilihnya sesuai dengan jenis kriteria yang kita tentukan sendiri, ini karena pasangan hidup itu adalah tempat kita berbagi dan tempat kita memperoleh sebuah kedamaian dalam mengarungi sebuah behtera kehidupan, disamping itu bagi seorang laki-laki pasangan hidupnya adalah orang yang akan menjadi ibu buat anak-anaknya kelak. Kalau bagi perempuan pasangan hidupnya adalah seorang yang akan menjadi imam buat mereka yang akan terus mengajari dan memperbaiki setiap kelemahan yang ada pada diri mereka. 


Kriteria Menikahi seorang Istri Dalam Persepsi Agama Islam
Kriteria Memilih Istri
terkadang sebagian menunda-nunda melangsungkan sebuah ikatan yang paling mulia tersebut hanya karena merasa belum menemukan se-seorang yang cocok seseuai dengan apa yang mereka inginkan. Sebenarnay pemeikiran tersebut janganlah terlalu menjadi sebuah pemikiran yang dapat membuat kita menunda kita menuju sebuah ikatan yang suci, karena yakinlah sebuah kesempurnaan itu hanyalah milik Allah, dan manusia hanyalah hambanya yang sangat jauh dari sebuah kesempurnaan. Namun teruslah menikah dengan orang yang anda yakini baik walupun belum dapat memenuhi semua kriteria yang anda tetapakan karena kesempurnaan itu akan anda miliki jika anda juga miliki rasa kasih sayang, dan kepedulian yang tinggi pada pada pasangan anda setelah menikah nanti,  ibarat kata pepatah "jangan mengharapkan sebuah kesempurnaan pada diri pasangan anda jika anda sendiri tidak mampu untuk menjadi bijaksana pada istri anda". Namun yang paling penting dari itu semua adalah, tanamkan pada diri anda jika menikah itu bukanlah untuk menyatukan dua buah pemikiran ataupun dua buah kerakter yang berbeda menjadi satu, akan tetapi menikah adalah sebuah ikatan untuk membangun kebersamaan dari keduan pemikiran dan karekter yang berbeda. Jadi disini bagi yang sedang memilih pasangan baik laki-laki dan perempuan sebaiknya dalam menetukan kriteria dalam memilih calon pasangannya sedikit merujuk dan menerapkan kriteria dalam memilih pasangan seperti yang telah ditetapkan dalam ajaran islam.


Dalam kupasan kali ini, saya hanya akan membahas kiat-kiat memilih pasangan bagi kaum laki-laki (memilih istri) yang sesuai dengan ketentuan yang telah disebutkan baginda nabi Muhammas saw.
   
Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah Hadist yang artinya: 
“Nikahilah oleh mu seorang Perempuan karena empat perkara. Pertama Karena agamanya, yang kedua karena kecantikanya, yang ketiga karena keturunannya, dan yang ke-empat karena hartanya. Maka pinanglah wanita karena agamanya, niscaya engkau akan menjadi orang yang beruntung.” (H.R Bukhari, Muslim)
Alsan mengapa nabi menyeru umatnya memilih istri bagi soerang laki-laki dengan kriteria diatas dapat dapat saya uraikan dibahawah ini, namunharus dipahami jika kupasan saya ini jauh sekali dari sebuah kesempurnaan yang dikendaki oleh hadist tersebut.

1. Menikahi seorang perempuan karena agamanya

Alasan mengapa nabi menyeru hal ini, karena memiliki perempuan yang memilki dasar pengetahuan agama yang baik akan membawa kita terhindar dari kehidupan yang dilarang oleh agama. Dimana wanita yang paham agama akan selalu menjaga hak-hak suaminya dan harta suaminya ketika suami tidak ada dirumah. Dia tahu bagaimana memposisikan kedudukan suaminya, sehingga dia akan selalu menerima suaminya apa adanya tanpa menuntut apapun yang diluar batas kemampuan suaminya. Wanita seperti ini akan meberikan kebahagian yang sangat besar pada soerang suami, disamping bisa memposisikan dirinya sebagi pendamping terkadang juga dia bisa memposisikan dirinya sebagai teman yang akan selalu mengingatkan suaminya ketika melakukan suatu hal yang salah di mata Allah.

2. Menikahi seorang perempuan karena Keturunanya

Keturunan merupakan hal yang juga hrus kita pertimbangkan dalam mementuka serang pasangan hidup kita, karena pasangan kita merupakan ibu dari anak-anak kita nantinya. Dimana peran meraka bukan hanya seorang ibu tetapi juga sebagi orang yang akan mendidik anak kita nanatinya, jika dasar kelaurga mereka dari keluarga baik-baik besar kemungkinan anak kita juga akan dididik dengan mengunakan pola yang benar sebagiamana dyang di terima ketika dia didik di keluarga nya dulu. Disamping itu, Kita tahu kalau istri kita berasal dari keluarga baik-baik kita akan merasa nyaman dan sangat jauh dari fitnah yang bisa merusak kehidupan keluarga kita nantinya. Maka untuk menimbulkan hal hal kita tidak inginkan di kemudian hari sebaiknya carilah seorang istri dari keluarga baik-baik.
  
3. Menikahi istri karena kecantikanya.

Istri yang kita nikahi harus kelihatan cantik dimata kita karena dia akan selalu menjadi pendamping kita seumur hidup kita. Mengapa kecantikan menjadi dasar pertimbangan dalam memilih calon itstri kita, karena jika astri kita cantik kita tidak akan mudah tergda dengan wanita lain dan kebahagian akan selalu hadir dalam kehidupan kita. jadi disini bukan hanya faktor kecantikan phisik saja yang jadi penilaian kita, akan tetapi juga mencakupi kebaikan budi dan akhlak mereka. jadi carilah istri yang kelihatan cantik rupa dan akhlak dimata kita, karena itu akan menjadikan kita nyaman dan tentram dalam hidup ini.

4. Menikahi istri karena hartanya.

Ini bukan faktior utama, yang dimaksudkan disini adalah itrsi yang memiliki sedkit harta bukan berarti meski orang kaya. Mengapa ini agak sedikit perlu karena harta yang ada pada istri kita bisa kita gunakan ketika kita mengalami permasalah ekonomi dalam hidup, harus diingat jagan selaku suami kita tidak boleh bergantung seratus persen pada istri tetapi kita wajib juga nerusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Disamping itu, jika istri kita punya sedikit bekal harta ini akan sangat membantu dia dalam menhidupi anak-anak kita ketika kita dipanggil lebih cepat oleh sang kuasa (meninggal dunia)
Cukup sekian kupasan singkat dari saya ini, saya tahu jika uraian ini masih sangat jauh dari sebuah kesempurnaan, maka dari itu jika ada kelasahn dari saya dalam menguraikan gamabaran daru hadist tersebut saya mengharapkan sedikit saran untuk menyempurnakan hukumagama tersebut.   

Thursday, October 20, 2016

Nilai Moral Dari Cerita Kancil Dan Kura-Kura


NILAI MORAL DARI CERITA KANCIL DAN KURA-KURA. Cerita kancil dan kura-kura rasanya tidak asing lagi ditelinga para pembaca, karena cerita ini merupakan jenis cerita yang sering kita dengar dari kakek kita dulu dimasa kita kecil. Kita tahu bahwa masa dulu ketika televisi tidak ada dan jaringan listrik negara (PLN) belum menjangkau seluruh wilayah di Indonesia rasanya yang sering dilakukan oleh anak-anak kecil diwaktu pada malam hanya mendengarkan cerita dari kakek ataupun nenek mereka, dan kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi di waktu itu. Tujuan bercerita disitu adalah untuk menanamakan nilai moral yang ada dari cerita tersebut kepada anak cucu mereka sehingga diharapkan dapat menjadi sebuah inspirasi bagi mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sungguh indah masa itu walaupun tidak ada televisi namun kehidupan anak-anak pada masa itu sangat senang menikmati masa kecilnya dimana mereka terus dipupuk dengan nilai agama dan tradisi yang ada di lingkungan mereka.

Nilai Moral dari Cerita Kancil dan Kura-Kura
Nilai Moral dari Cerita Kancil dan Kura-Kura 


Dibawah ini saya akan menyajikan sedikit cerita dari perlombaan lari antara kancil dan kura-kura dimana nilai moral yang ada dalam cerita tersebut dapat menjadi sebuah ispirasi buat kita dalam mengarungi hidup di masa sekarang.   

Disuatu tempat di dalam hutan dan jauh dari perkampungan, terlihalah seekor kancil yang sedang menuruni sebuah bukit. Ketika sedang asik-asiknya menuruni bukit tersebut, tiba-tiba terlintaslah sebuah benda yang seperti kelihatan mengelinding dengan cepat, melihat benda tersebut kancil merasa ingin tahu “kira-kira benda apa itu tadi yang melaju begitu cepat”. Kancil mencoba terus mengajar benda tersebut yang terus mengarah turun kebawah bukit. Ketika asik mengejar benda tersebut kancil dikejutkan oleh sekumpulan suara binatang yang berada di samping kencil ”horee kancil kalah, horee kancil kalah”. Rupanya sekelompok binatang tadi mengira jika kancil sedang mengadakan lomba lari dengan binatang yang sedang dikejarnya tersebut. Kancil tidak menghiraukan celotehan mereka dia terus mengejar benda tersebut hingga sampai di bawah bukit. 

Begitu kancil tiba di bawah bukit tersebut, dia menyaksikan seokor kura-kura yang sedang merangkak. “Eh ternyata kamu ya yang beguling-guling tadi?” Tanya kancil. “Iya kebiasaan saya jika menuruni bukit lebih suka mengulingkan diri supaya cepat tiba di bawah” jawab kura-kura. Ketika mereka sedang asik berbicara tiba-tiba mereka dikejutkan oleh sekumpulan binatang tadi “haaaa haaa haaa rupanya kancil lomba lari dengan kura-kura ya, masak kancil bisa kalah” kata salah satu dari kawanan binatang tersebut. Kancil langsung membalas, “siapa yang belomba saya hanya mengejar saja tadi karena saya penasaran dengan benda yang memgelinding dengan cepat tersebut” ucap kancil. “Masak, pokoknya kami gak percaya” kata binatang lain tersebut. Mendengar ucapan tersebut sang kancil jadi terpancing rasa keegoannya, sehingga mengucapkan kata “jika kalian gak percaya coba suruh kura-kura bertanding lari dengan aku” kata kancil. Mendengar kata tersebut sekumpulan binatang tadi mengajak kura-kura untuk menerima tantangan kancil, kura-kura menyetujui ajakan tersebut. Tak lama kemudian kancil membuat sketsa arena perlombaan tersebut, dan perlobaan akan diadakan besok hari.

Setelah waktu yang disepakati tiba, kancil dan kura-kura mengikuti perlombaan, kancil berlari dengan cepat sehingga menyebabkan kura-kura jauh tertinggal dibelakang. Melihat kura-kura tidak kunjung kelihatan dibelakangnya, kancil berpikir dalam hatinya, “ngapain saya harus lari dengan cepat mending saya istirahat dulu untuk melepaskan penat”. Kemudian kancil beritirahat dibawah pohon, karena dinginnya suasana di bawah pohon ditambah lagi dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat kancil mengantuk dan tertidur pulas. Kura-kura terus belari dengan lambatnya hingga akhirnya mencapai garis finish. Sekumpulan binatang yang mendapati kura-kura memenangi pertandingan jadi curiga apa yang terjadi pada sang kancil sehingga tidak mencapai finish. Mereka mencari dimana posisi kancil berada. Setelah melakukan pencarian yang relatif lama akhirnya mereka mendapati sang kancil sedang tertidur pulas. Melihat hal tersebut mereka membangunkan sang kancil dan memberitahukan jika kura-kura sudah memenangi perlombaan lari. Mendengar hal tersebut sang kancil tidak terima dan mengatakan akan diadakan perlombaan ulang, sementara kura-kura tidak komentar apa-apa dan menyangggupi permohonan sang kancil. 

Besok harinya mereka berlomba lagi dan apa kali ini sang kancil memenangkan perlomabaan lari, dengan senangnya dia mengatakan “lihat dulu siapa pemenangnya, jelas-jelaslah sang kancil mana bisa kura-kura yang lemot itu kalahin saya ha ahahahaha” ucap sang kancil dengan sombongnya. Mendengar ucapan sang kancil yang begitu angkuh, kura-kura berkata, “ini kan masih satu sama kemarin saya yang menangin perlombaan hari ini kamu, jadi masih ada satu perlombaan lagi baru boleh kamu katakan kamu pemenangnya jika kamu bisa menangin pertandingan besok”. Sementara kawan binatang lain mengiyakan ucapan kura-kura. Tiba-tiba sang kancil berkata “oke saya terima tantangan kamu”. Kemudian kura-kura malanjutkan ucapanya, “untuk pertandingan besok pagi saya yang akan menentukan arena perlombaan, kamu cuma mengikuti apa yang saya katakan”. Setelah menetukan arena pertandingan maka mereka pergi meninggalkan tempat tersebut, pulang ketempat tinggal masing-masing. 

Ke-esokan harinya pertandinganpun dimulai, sang kacil berlari dengan cepatnya untuk mengejar garis finish, namun ketika tiba di tengah perlombaan antara garis finish dan garis start, kancil harus menghentikan larinya karena ada sungai didepanya, kancil tidak mampu berbuat apa-apa dia hanya terpaku disitu karena dia tidak bisa berenang, dan lama-kelamaan terlihatlah kura-kura datang menghampiri sang kancil dan berkata, “kenapa bengong disitu gak mau mencapai garis finih ya, ya udah kalau begitu, saya duluan ya” ucap kura-kura sambil berenang melewati sungai dan tak lama kemudian sang kura-kura menang, sedangkan sang kancil langsung pulang kerumahnya karena merasa tertipu oleh kepicikan kura-kura untuk mengimbangan kesombangan dirinya. 

Nilai moral

Kalau kita memiliki kepandaian jangan pernah terlena dengan hanya merasa cukup dengan apa yang kita miliki, akan tetapi teruslah berusaha untuk memperbanyak lagi pengetahuan kita sehingga pola pikir kita jadi semakin luas, dan tidak pernah mengukur kepandaian kita dengan orang lain
Kita sebagai manusia ada kalanya memiliki daya tangkap yang tinggi dan pandai, terkadang kita sering memandang rendah pada orang yang memiliki kemampuan yang rendah. Tapi cobalah untuk lebih giat lagi, sehingga kita tidak pernah mengukur apa yang kita ketahui dengan apa yang orang lain tidak ketahui. Disamping itu jika kita terus giat mengasah semua potensi yang ada pada diri kita, kedepan kita pasti akan memiliki apa yang kita cita-citakan.  
Kemampuan yang kita miliki mungkin tidak pernah sempurna, karena selaku manusia kita hanya akan memiliki sebuah keahlian saja, jadi tetap fokus pada keahlian apa kita miliki disamping juga mengunakan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Misalnya kita hanya bisa membuat program komputer, tetapi kita tidak akan bisa memperbaiki mobil kita yang rusak dirumah sehingga kita akan membutuhkan batuan dari ahli mekanik perbengkelan. 

   



Konsep Dan Pembagian Kurikulum Student Center Design

KETENTUAN GHIBAH DALAM HUKUM ISLAM


KETENTUAN GHIBAH DALAM HUKUM ISLAM. Ghibah secara khusus dapat kita artikan sebagai sebuah perbuatan membicarakan tentang keburukan orang lain. Definisi ini didasarkan pada Hadist dari Nabi Muhammad saw,  Nabi Muhammad Mendefinisikan Ghibah lewat sebuah Hadist beliau berikut ini

Ketetapan Ghibah Dalam Hukum ISlam
Ketetapan Ghibah Dalam Hukum Islam
Yang Artinya
Apakah kalian tahu apa itu ghibah? Sahabat-sahabatnya menjawab: Allah dan Rasul Nya yang lebih Tahu. Kemudian Baginda Nabi Muhammad Bersabda: Ghibah adalah suatu perbuatan dimana kamu membicarakan tentang saudara-saudara mu yang dia tidak sukai. Salah serang sahabat bertanya. Wahai Rasulullah bagaimana jika yang kami bicarakan tersebut betu-betul adanya? Beliau menjawab Jika yang kalian bicarakan itu benar adanya, berarti kalian telah melakukan ghibah, dan jika apa yang kalian bicarakan tersebut tidak benar adanya maka kalian telah melakukan Fitnah.     


Dari hadist diatas kita pahami jika ghibah adalah pekara yang membicarakan orang lain dibelakang orang tersebut. Bahkan sebagian ulama ada yang menambahkan jika ghibah tersebut tidak hanya mencakupi membicarakan perilaku jelek seseorang bahkan perilaku baiknya juga termasuk ghibah seadainya mereka tidak menyukai kita bicarakan tentang kebaikan mereka. Jadi ghibah secara lebih umum dapat kita artikan sebagai sebuah pembicaraan mengenai seseorang (gosip) dibelakang orang tersebut baik yang positif ataupun negatif.  Dewasa ini kebiasaan ghibah tersebut sudah sangat menjadi tradisi di kehidupan kita, seolah-olah jika ghibah itu sudah tidak dilarang dalam agama. Umumnya ghibah itu sangat disukai oleh kaum Hawa (maaf bukan bermaksud mayalahkan) dan tak tertutup kemungkinanan jika hal tersebut jika dilakukan oleh sebagian kaum Adam. Coba liat keadaan dikantor, dimana sebagian pegawainya akan berkumpul membicarakan orang lain ketika mereka tidak memiliki kegiatan. Namun selaku orang islam, kita harus memahami konsep islam ini terutama bagaimana ketentuan agama kita dalam menetukan ketetapan hukun Ghibah. Mengapa saya mengatakan hal tersebut, karena saya melihat kebanyakan masayarakat kita sudah kurang memahami ketentuan islam tentang ghibah, coba liat bagaimana besarnya minat masyarakat kita dalam menonton acara gosip dan infortainment yang ditayangkan di televisi seolah-olah masyarakat kita beranggapan jika menonto acar gosip di telivisi tersebut tidak termasuk dalam melakukan Ghibah. Padahal dalam kedudukan agama islam, siapapun yang telibat dalam melakukan sebuah perkara yang dipandang berdosa dalam islam, akan menerima dosa yang sama walaupun kapasitas kita hanya sebagai penonton semata. Jadi kita harus fahami jika orang yang fungsinya hanya sebagai pendengar saja ketentuan dosa tetap sama dengan orang yang menjadi pembicara dari ghibah tersebut. 
  
Namun terkadang sebagai manusia kita tahu, jika kita tidaklah memiliki sebuah kesempurnaan yang tanpa noda dan cela, kita tahu bahkan sangat tahu dengan kedudukan hukum ghibah dalam agama kita adalah sebuah dosa, namun terkadang hal tersebut terabaikan oleh karena rapuhnya keteguhan yang ada pada diri kita. Sebagai contoh terkadang kita tahu apa yang kita lakukan tersebut dilarang dalam agama bahkan jauh didalam lubuk hati yang terdalam kita kita mengakui jika ghibah berdosa namun karena keteguhan hati kita yang kadang tergoyah dengan keadaan yang ada di lingkungan kita maka kita juga ikut terbawa oleh kebiasaan yang sudah lazim ada pada tempat kita.  

Pada hal banyak sekali kisah keteladanan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabat-sahabat nya yang setidaknya bisa menjadi sebuah renungan dan cerminan pada diri kita, sebagai contoh seperti kisah Khalifah Umar bin Khattab seperti yang dijelaskan oleh yusuf Al-Qadawi, bahwa Saidina Umara pada suatu ketika pernah ketika beliau sedang melakukan roda malam memergoki seorang orang tau yang sedang mabuk dan berpesta pora dengan budak perempuannya. Saidina Umar berkata kepada orang tersebut jika dia tidak pernah melihat pemandangan sejelak ini selama hidupnya dimana seorang tua bangka mabuk dan berpesta pora dengan seorang budak. Orang tua itu berkata wahai Amirul Mukminin tidakkah engkau tahu bahwa apa yang kau saksikan itu lebih buruk dari yang kau ucapkan karena engakau telah memata-matai kehidupan pribadi orang lain dan memasuki rumahku tanpa seizin ku. Umar sangat menyesal dengan apa yang telah dia lakukan. Namun pada saat orang tua tersebut mengahadiri sebuah majlis di Istana Kerajaan, Saidina Umar meminta beliau untuk duduk disampingnya, orang tua tersebut menjadi sangat takut karena dia berpikir jika umar akan membukakan aibnya di depan orang ramai. Namaun karena terpaksa orang tua tersebut duduk disamping umar, dan umar membisikkan kepadanya demi Allah yang telah mengutus nabi Muhammad sebagai rasul-Nya Jika apa yang aku lihat dirumah mu tidak kuceritakan kepada siapapun. Orang tua tersebut sangat senang dan dia juga berkata Demi Allah yang telah mengutus Nabi Muhammad sebagai rasul-Nya aku juga tidak melakukan lagi hal tersebut dari waktu itu sampai dengan saat sekarang ini.

Sungguh bijaksana dan mulia hati Saidina Umar yang sangat tahu dan sadar dengan hukum Islam, semoga kisah singkat tadi bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk melakukan sedikit perubahan pada diri kita, karena sebuah perubahan yang di awali oleh niat dan berlanjut setahap-demi setahap akan menjadi sebuah perobahan yang besar nantinya amien.

Tapaktuan Antara Keindahan Dan Ke Alamiannya (Potensi Wisata)


TAPAKTUAN ANTARA KEINDAHAN DAN KE ALAMIANNYA (POTENSI WISATA). Tapaktuan adalah sebuah kota tua yang teletak di pantai Barat Aceh, Tapaktuan merupakan sebuah ibukota kabupaten Aceh Selatan. Dari segi luas kota tapaktuan tidak begitu luas karena diapit oleh lautan dan gunung boleh dikatakan tempat ini seperti sebuah teluk yang apit oleh pegunungan dan lautan namun menyajikan pemandangan alam yang tidak kalah menarik dibadingkan tempat-tempat lain di Indonesia. 



Pemandangan Kota Tapaktuan
Kota Tapaktuan
Disamping menyajikan pemandangan alamnya, kota tapaktuan juga memiliki wisata sejarah dimana ditempat ini terdapat sebuah tapak berukuran raksasa yang terletak diatas sebuah batu di tepi lautan dan disamping gunung lampu. Disamping itu di kota Tapaktuan juga terdapat sebuah monumen Bung Hatta, dimana monument bebentuk jambo persingahan ini merupakan tempat pertama kali Hatta singgah ketika melakukan perjalanan ke Aceh pada masa awal kemerdekaan. Untuk lebih jelasnya saya akan menggambarkan ojeck wisata tersebut satu persatu

1. Tapaktuan

Lokasi Wisata Tapak
Lokasi Wisata Tapak di Tapaktuan 
Tapaktuan (tapak dari seorang ulama) ini terletak tidak jauh dari pusat kota sekitar 300 meter. Tapak ini terletak diatas sebuah batu yang berhampiran dengan lautan disamping gunung lampu. Ditempat ini tersedia warung-warung untuk berirstihat sebelum kita turun ke tapak tersebut, kerena posisi tapak ini agak kebawah sebab berhapiran dengan lauatan. Namun jika anda berkunjung kesana sebaiknya jangan langsung turun ketapak tersebut karena jika keadaan air laut sedang dalam kondisi pasang akan berakibat fatal sebab air laut akan mejangkaui tapak tersebut bahkan kalau arus pasangnya tinggi malah dapat menutupi/menenggelamkan semua pemandangan tersebut. Maka pilihlah waktu yang tepat untuk turun kebawah (berdiri diatas tapak), sebaiknya cocok saat kondisi lautan sedang tenang atau lagi surut supaya tidak terseret oleh arus ketika pasang. Tapaktuan ini juga dipercaya oleh sebagian masyarakat merupakan tapak tengku (ulama) yang membunuh se-ekor naga ketika mencuri seorang anak kecil dari pelayar yang terdampat disitu. 
Untuk mengetahui kisah lengkapnya baca tautan berikut ini

(Baca The Legend of Tapaktuan)   

2. Pemandian Air Dingin, 

Pemandian Air Dingin
Pemandian Air Dingin
Pemandian air Dingin ini boleh dikatakan berbentuk air terjun yang tidak begitu tinggi hanya sekitar 7 meter. Masyarakat disini menamakan air dingin karena sensasi airnya yang begitu dingin dan air tersebut keluar dari bongkahan batu di atas bukit. Pemandangn disini juga begitu indah karena lokasinya berhapiran dengan pantai pasir putih sehingga pengunjung bisa mandi di lokasi pemandian air dingin dan di pantai . Berdasarkan cerita yang ada pada sebagian masyarakat sekitar, Air Dingin sebagai tempat pemandian putri naga pada masa zaman dulu. Objek wisata air terjun (air dingin)  ini termasuk salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal dan luar daerah

3. Tingkat Tujuh (Pemandian Tingkat Tujuh)
Lokasi Wisata Pemndian Tingkat Tujuh
Salah satu Pemandian Tingkat Tujuh
Tingkat tujuh ini merupakan tempat pemandian berbentuk seperlu sebuah lubuk dimana lubuk ini terletak dalam posisi bertingkat di atas gunung dengan jumlah sebanyak tujuh tingkat. Jarak antara satu tingkat dengan tingkat yang lain sekitar 200 sampai 300 meter. Kalau kita ingin mandi di ke tujuh tingkat tersebut berarti kita harus menaiki semua tingkat pemandian tersebut. Lokasi tingkat tujuh ini tidak begitu jauh dari ibu kota tapatuan sekitar 3 KM persisnya di desa Batu Itam. Tempat ini juga diceritakan sebagai tempat mandi putri naga yang dibuat oleh naga. 

4. Jamno Hatta (Panorama Hatta)

Panorama Bung Hatta
Panorama Hatta
Jambo Hatta (Panorama Hatta) merupakan sebuah monumen tempat persinggahan Bung Hatta ketika dalam perjalanan menunju ke Aceh. Jambo Hatta ini terletak tepat diatas sebuah bukit dimana terdapat sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan. tempat ini juga berhapiran dengan jalan lintasa Banda Aceh-Medan sehingga sering jadi tempat persinggahan untuk menghilangakan kepenatan. Kalau kita melihat arah utara dari bangunanan akan nampak ibu kota tapaktuan yang sangan indah, sedangkan jika kita melihat ke arah selatan anda akan menyaksikan pemandangan pantai Pasie Raja dimana Pantai ini memiliki pohon cemara yang berjejer yang dimulai dari desa Ujung Batee sampai ke ujung Pasi Asahan. Pemandangan ini sangat indah disamping juga masih terasa begitu alami dan asri. 

Wednesday, October 19, 2016

Konsep Dan Pembahagian Kurikulum Subject Center

KONSEP DAN PEMBAHAGIAN KURIKULUM SUBJECT CENTER. Kurikulum subject center berazaskan pada philosophy essentialisme dan perenialisme, yang menitik beratkan pada pemisahan pelajaran (subject) yang berpandangan pada pentingnya ilmu pengetahuan dan sains, dimana kurrikulum ini menghimpun beberapa mata pelajaran untuk menjadi beberapa pusatan ilmu pengetahuan yang terdiri dari beberapa mata palajaran. Mata pelajaran yang berlainan mewakili lapangan ilmu pengetahuan yang berlainan, tetapi ada juga suatu pusat penyusunan yang mewakiili beberapa disiplin ilmu (penggabungan)


Konsep dan Pembahagian Kurikulum Subject Center
Konsep Dan Pembahagian Kurikulum Subject Center


Adapun kurikulum subject center ini dibagi dalam beberapa bagian, diantaranya:

a. Subject design.
Rancangan Kurikulum ini berazaskan pada philosophy essentialisme dan perenialisme dan memberikan penekanan pada pemisahan mata pelajaran. Didalam subject matter design, kurikulum dirancang menurut kepentingan ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan didalam beberapa jenis subject yang berbeda. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat dan hasil spesialisasi yang di hasilkan dari beberapa displin ilmu menyebabkan pengelompokan subject menjadi lebih banyak. Sebagai contoh Bahasa Ingrish dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian seperti literature, grammar, writing, reading, linguistic, speaking.
b. Discipline design.

Sama halnya dengan pemisahan dalam Subject design, dasar dari Discipline design merupakan dari pengelompokan content, namun dalam rancangan kurikulum subject design tidak memilki fondasi yang jelas. Orientasi dari discipline design dibuat secara spesifik yang berfokus pada disiplin akademik. Adapun azas dari kurrikulum ini sama dengan azas Subject design, yaitu essentialisme dan perenialisme. King dan Brownell, perancang methode ini, menjelaskan bahwa discipline design merupakan ilmu yang spesifik yang mempunyai karekteristik yang penting diantarnya, kommunitas masyarakat, expresi imaginasi manusia, tradisi, bentuk-bentuk penyelidikan, conceptual structure, specialize language, heritage of literature, a network of communication, a valuative and affective stand, dan instructive community. Rancangan Discipline design hanya berfokus pada sains, matematik, bahasa inggris, sejarah dan lain-lain, dimana siswa hanya belajar pada content displin ilmu yang mereka pelajari, contoh siswa biologi harus dapat mengusai topic biology dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

c. Broad fields design 
Azas dari rancangan kurrikulum Broad field design adalah essensialisme dan progresivisme. Jadi rancangan kurikulum ini merupakan variasi lain dari subject center design, rancangan ini muncul sebagai usaha untuk memberikan solusi dari anggapan pendidik mengenai pemecahan dan pengabungan yang disebabkan oleh rancangan pelajaran. Dalam rancangan ini perancang mengelompokkan beberapa disiplin ilmu kedalam beberapa bagian sehingga lebih khusus. Jenis rancangan kurrikulm ini juga disebut dengan kurrikulum gabungan yang mengabungkan dua atau lebih dari jenis mata pelajaran yang berasingan. Dengan rancangan ini maka munculah dua atau lebih mata pelajaran yang mempunyai perkaitan gabungan satu mata pelajaran berdasarkan luas. Diantara pengelompokan tersebut adalah seperti yang digambarkan oleh Harry Broudy berikut:
  1. Symbolic information meliputi : bahasa Inggris, bahasa asing, dan matematik.
  2. Basic science meliputi: sains umum: biology, phsisics, dan chemistry
  3. Developmental studies meliputi: evolusi cosmos, evolusi institusi social, dan evolusi kebudayaan.
  4. Art (seni) meliputi: muzik, drama, literature
  5. Social problem: meteri ini tergantung dari masalah social yang ada di suatu tempat, atau meteri yang sesuai dengan kondisi pada waktu itu.     


d. Correlation design.
Rancangan kurrikulum correlation design merupakan rancangan kurikulum yang menghubungkan diantara satu pelajaran dengan pelajaran lain, tetapi masih tetap memberikan indentitasnya sebagai sebuah mata pelajaran, kurrikulum ini berazaskan pada philosophy progresivisme dan essentialisme. Contohnya korelasi antara bahasa inggris dan sejarah, sambilan siswa mempelajari bahasa ingris, mereka boleh membaca novel yang sesuai dengan zaman yang ada dalam pelajaran sejarah. Dalam rancangan kurrikulum ini guru harus bekerja sama dalam menentukan korelasi dari tiap mata pelajaran, dan siswa diberikan tugas yang digambarkan dari korelasi tersebut.

e. Process design
Rancangan kurrikulum ini banyak memberikan perhatian terhadap prosedur dan proses anak didik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, karena berazaskan pada progresivisme. Proses dan procedure yang dimaksudkan disini merupakan proses dan prosedur yang umum yang mencakupi semua disiplin ilmu. Seperti pelajar biologi harus mempelajari metode yang sesuai dengan ilmu biologi, sebaliknya juga pelajar sejarah harus mempelajari tata cara yang sesuai dengan ilmu sejarah, jadi dalam rancangan kurrikulum ini juga menekankan pada pola pikir anak.