Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut - Pondok Belajar

Sunday, October 23, 2016

Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut


Kerusakan yang terjadi pada kendaraan memang terkadang tidak memilih tempat dan waktu, dan ini malah bisa membuat kita terkadang dongkol atas kejadian tersebut, apalagi jika kita sedang dalam menempuh perjalanan jaraj jauh. salah satu kejadian/kerusakan yang sangat fatal adalah terjadinya permasalahan dalam melakukan operan gigi mobil, dimana seharusnya masuk malah yang terjadi sebaliknya (gigi/transmisi kenderaan tidak mau masuk lagi setelah kita masukkan gigi satu). kejadian ini bisa saja terjadi pada semua produk kendaraan apakah Toyota, Honda, Mitsubishi, Chevrolet, Ford, MWW, Mercedes Benz dan berbagai mereka lainnya.

Disini saya mau berbagi pengalaman saya sendiri ketika mengalami masalah dengan gigi transmisi mobil tidak bisa masuk sama sekali (nyangkut), bukan saja keras dan susah masuk tapi disini keadaan mobil memang sama sekali tidak bisa di masukkan/oper gigi transmisinya kecuali jika kondisi mesin dimatikan maka gigi transmisinya bisa dimasukkan dan langsung jalan dengan gigi transmisi tersebut tanpa bisa dioper lagi ke transmisi yang lainya. Kejadian ini terjadi pada saya ketika dalam perjalanan dengan keluarga, pada saat itu, ketika gigi transmisi mobil tidak bisa dimasukkan lagi saya sempat panik, namun saya coba matikan mesin mobil dan memasukkan gigi transmisi ternyata bisa dan dilanjutkankan dengan menghidupkan mesin, setelah jalan ternyata gigi tidak bisa dioper lagi alias dimasukkan gigi yang lainya. Melihat penomena/kejadian seperti itu maka saya langsung pakai gigi tiga waktu starter kendaraan untuk meneruskan perjalanan sampai kerumah.

Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut
Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut
Keesokan harinya saya membawanya ke bengkel untuk diperbaiki supaya mobil bisa beroperasi kembali seperti sedia kala, dan orang bengkel bilang jika gigi transmisi mobil sulit masuk maka kesalahannya bisa dikatagorikan sebagai berikut:

1. Jika gigi mobil agak keras waktu dioper, kesalahannya terletak  pada setelan kuas kopling ataupun setelan pedal kopling, kalau kejadiannya disitu maka cara memperbaikinya cukup hanya dengan menyetel ulang kedua komponen tersebut, mungkin setelan koplingnya terlalu lemah sehingga kurang terdorong waktu ditekan ketika kita mengoper gigi kederaan yang kita kenderai. jika ini terjadi malah dapat mengakibatkan keuausan pada kain clouth kederaan kita yang mana hal ini juga akan berpengaruh buruk terhadap kinerja kenderaan (mobil). 

2. Jika gigi transmisi mobil memang sama sekali tidak bisa dimasukkan ketika mobil dalam keadaan hidup, maka besar kemungkinan jika komponen yang ada dibagian transmisi mobil rusak dan harus diganti, ini bisa disebabkan karena pengaruh usia ataupun karena kurangnya telaten si empunya mobil sendiri dalam mengoperasikan mobil mereka. Berdasarkan pengalaman saya kerusakannya terjadi pada Cover Clucth atau biasa disebut matahari kopling dan Plat Kopling (sebagian orang menyebutnya kain cloucth) kedua komponen ini rusak dimana tekanan cover Cluth yang sudah melemah terhadap plat kopling ketika melakukan pertukaran transmisi. Disamping itu bisa juga terjadi kerusakan pada plat kopling seperti salah satu per yang ada pada komponen plat Kopling sudah rusak ataupun copot sendiri. Kejadian awal dari kerusakan ini adalah ditandai dengan sulitnya ketika kita memasukkan gigi transmisi R (gigi mundur) jadi untuk menghindari kejadian tersebut sebaiknya lakukan pemeriksaan awal ketika anda mengalami kesulitan dalam melakukan pertukaran gigi (memasukkan gigi mundur). Untuk lebih jelas liat kedua gambar komponen tersebut pada gambar di atas supaya anda kenal dengan kedua komponen tersebut.

kedua gambar komponen diatas adalah komponen yang dapat menghambat kita ketika kita melakukan pergantian gigi mobil jika kondisi kedua komponen tersebut rusak. Untuk memperbaikinya kita harus mengganti kedua komponen tersebut, walaupun kerusakannya terjadi pada salah satu komponen diatas sebaiknya diganti sekaligus kedua komponen tersebut. Disamping harganya yang agak terjangkau, Ini juga dimaksudkan supaya hasilnya lebih maksimal, karena kedua komponen tersebut saling berkaitan erat maka sangat pantas kalau kita mengganti kedua komponen tersebut secara bersamaan. Gantilah kedua komponen tersebut dengan menggunakan komponen suku cadang yang original supaya komponen ini lebih tahan lama walau harga agak sedikit tinggi dibandingkan dengan produk kawe. Dalam melakukan perbaikan ini sebaiknya anda membawanya ke tukang mekanik yang ahli ditempat anda karena proses perbaikannya agak rumit dan sangat dibutuhkan ketelatenan dari orang yang mengerjakannya. sebab jika proses pergantian ini dilakukan secara sembarangan malahan bisa menyebabkan kejadian yang lebih fatal dan membuat anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi. jika ingin lebih mudah tanpa melakukan pengeluaran biaya pasa saat perbaikan otomatis kita harus masuk asuransi mobil (Car Insurance Quotes) pada saat melakukan pembelian mobil, karena secara otomatis semua kerusakan mobil akan diperbaiki oleh pihak penyedia layanan asuransi (Car Insurance Quotes) tersebut.  

sekian dan terimakasih semoga gambaran singkat ini dapat membantu anda ketika sedang mengalami masalah yang saya gambarkan di atas

3 comments:

  1. Sama nih masalahnya sama saya.. yah harus ke bengkel deh. Pas lupa pindahin gigi dari 4 ketika mobil didepan mau belok, tiba2 kopling kayak macet dan ternyata nyangkut di gigi 3, tapi stiknya kaku di gigi 4..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas Sebaiknya kebengkel biar lebih jelas, karena sulit ditebak masalahnya, bisa jadi karena kompling matahari ataupun tuas pergantian giginya yang sudah gak berpungsi lagi.

      Delete
  2. Maaf pak..avansa parkir trus giliran star mau jalan perseneleng bisa gerak tapi perseneleng tidak masuk..padahal sblumnya bisa..kenapa ya pak..trimsh

    ReplyDelete

terimakasih telah berkomentar