Manfaat Berita Bagi Peserta Didik Di Sekolah - Pondok Belajar

Friday, July 26, 2019

Manfaat Berita Bagi Peserta Didik Di Sekolah

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin istilah Berita tidak begitu asing kita dengar dan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Berita merupakan salah satu media informasi yang dapat digunakan untuk mengakses segala peristiwa yang sedang terjadi di seluruh belahan bumi ini, yang meliputi peristiwa kemanusiaan, informasi dan teknologi, politik, sosial budaya, peradaban dan lain sebagainya.. Dewasa ini, sajian berita sudah sangat mudah untuk di akses dengan tersedianya jaringan internet diseluruh daerah baik yang disediakan oleh Telkomsel, Satelido, Xl dan lain lain. Layanan internet ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses peristiwa yang terjadi baik melalui handphone Android (mobile) ataupun Komputer (PC). Dengan timbulnya budaya membaca berita setiap hari baik melalui Sosmed ataupun hanya sekedar meng update informasi dapat membantu untuk menambah wawasan kita.


Manfaat Berita Bagi Pelajar
Manfaat Berita Bagi Pelajar di Sekolah

Dengan berkembangnya berbagai ragam dan kemudahan dalam mengakses berita, ternyata juga memberikan dampak positif bagi pelajar ataupun siswa di sekolah. Dimana penggunaan berita dalam sajian materi pembelajaran di dalam kelas dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan kemampuan pola pikir siswa, baik dalam meng analis tujuan dan pandangan penyaji berita ataupun dalam memahami konsep konsep kejadian tertentu. 
Disini secara singkat akan digambarkan manfaat berita bagi peserta didik, untuk lebih kelasnya. Adapun manfaat berita bagi peserta didik dapat dijabarkan sebagai berikut:

Manfaat berita untuk pelajar

1. Menambah wawasan bagi peserta didik dalam berbagai bidang
Manfaat berita yang paling untuk bagi peserta didik adalah sebagai saran untuk menambah wawasan pengetahuan pelajar dalam berbagai bidang, dan ini tergantung dari berita mana yang diikuti dan dipelajari. Jadi jelas sajian berbagai macam peristiwa yang dirangkum dalam suatu berita dapat menambah wawasan pola pikir peserta didik kearah yang lebih positif terutama dalam mencermati isi berita tersebut, 

2. Berita Dapat digunakan sebagai referensi dalam belajar
Berita dapat dijadikan salah satu referensi dalam mempelajari ataoun menganalisa suatu peristiwa, dengan syarat media penyedia berita yang diikuti harus terpercaya dan akuntable bukan media penyedia/penyaji berita yang tidak jelas statusnya. Jadi disini peserta didik dengan sendirinya akan mampu meng analisis mana media yang boleh dipercaya dan mana media yang tidak dapat dipercaya sama sekali.

3. berita Dapat digunakan sebagai saran untuk menambah pemahaman baru
Fungsi berita adalah menyajikan informasi kepada para pembaca. Jadi Salah satu manfaat berita yang sudah pasti dirasakan oleh peserta didik adalah untuk menambah kepahaman/informasii baru bagi mereka. Informasi ini sangat diperlukan bagi peserta didik, karena dengan bertambahnya pemahaman peserta didik, mereka dapat menggunakannya dalam mengeksplor diri mereka dalam memahami berbagai konsep ataupun permasalahan yang disajikan dalam proses pembelajaran. 

4. Memperbaharui pengetahuan pelajar
Manfaat lainnya dari berita adalah untuk memperbarui pengetahuan peserta didik. Karena dengan rajinnya mereka membaca sajian informasi dalam berita terutama berita berita tentang dunia pendidikan akan membantu pelajar untuk mengetahui hal-hal yang baru bagi pemahaman mereka.

5. Berita Digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran
Berita juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi peserta didik untuk menganalisis suatu kejadian ataupun permasalahan tertentu. Membaca berita dapat memberikan gambaran gambaran tertentu bagi peserta didik, dimana gambaran tersebut ikut mempengaruhi pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan ataupuan menganalisis materi pembelajaran yang disajikan. Boleh dikatakan jika berita biasa menjadi pertimbangan bagi peserta didik dalam menuntaskan permasalahan ataupun tugas di sekolah. 

6. Menambah perbendaharaan kata
Untuk poin yang satu ini jelas dan tidak biasa dibantah, jika berita sangat berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap perbendaharaan kata. Seperti penggunaan kata kata serapan, dimana kata kata tersebut begitu banyak digunakan dalam sajian berita, sehingga dengan tidak disadari berita juga ikut menjadi andil yang besar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menguasai perbendaharaan kata terutama kali berkaitan dengan pemahaman dari makan kata serapan.

7. Mengklarifikasi berita palsu
Berita jua dapat dimanfaatkan untuk mengklarifikasi tingkat ke authentikan sebuah berita. Dengan kata lain apakah berita yang disajikan tersebut termasuk berita palsu ataupun berita berita benar. Tentunya ini dengan cara membaca berbagai referensi berita. 

8. Dapat digunakan sebagai bahan pembanding sebuah rumor
Dengan membaca berita maka bagi anda para pelajar dapat memanfaatkan berita tersebut sebagai pembanding sebuah rumor yang sedang terjadi baik di sekitar Anda ataupun di kalangan luas.

9. Digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan
Berita juga memiliki peranan yang penting bagi peserta didik dalam meningkatkan kewaspadaan mereka. Misalnya berita tentang mewabahnya penyakit, sehingga dengan adanya informasi tentang mewabahnya penyakit peserta didik akan ikut ambil sikap waspada terhadap hal hal yang dapat menyebabkan penyebaran/penularan penyakit tersebut. Contoh lain adalah dampak negatif dari narkoba bagi peserta didik, berita ini dapat merangsang peserta didik untuk waspada dan tidak akan terlibat dalam Narkoba karena mereka sudah memahami akibat yang fatal yang akan mereka derita jika menjadi penikmat narkoba. 

10. Update terhadap berita berita terkini
Berita dapat membuat pelajar menjadi pelajar yang update terhadap informasi dan kejadian terkini, sehingga peserta didik akan  mengetahui berbagai permasalahan serta informasi yang trending ataupun booming.

11. Mendapatkan informasi tentang tips dan trik terbaru
Berita juga dapat memberikan informasi mengenai triks atapun kiat kita tertentu bagi peserta didik terutama bagi mereka yang rajin membaca. Adapun jenis triks ataupun kiat ini berbeda. Salah satu tips dan trik yang dapat diperoleh adalah mengenai kesehatan seperti manfaat madu, manfaat daun sirsak,  Manfaat Air Putih, Manfaat lidah buaya, daun jambu biji dan manfaat-manfaat lain yang dapat diperoleh dari informasi yang di cari. Selain informasi kesehatan juga dapat memperoleh tips dan trik informasi mengenai kecantikan.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar