Tuesday, November 28, 2017

Pembelajaran Berbasis TIK



Dalam perkembangannya teknologi memegang peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu.Termasuk didalamnya adalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris.E-learning dan online learning sangat sering kita dengar di pembicaraan di kalangan pendidik maupun peserta didik. E-learning ini mengacu pada pembelajaran yang menyatukan informasi dan teknologi komunikasi (ICT/TIK) untuk membangun budaya baru, budaya abad 21 yaitu budaya membangun budaya terampil dan berpengetahuan. Kemajuan ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat yang berbasis pada internet. Sebagai misal adalah kata-kata seperti apps; blogs; podcast; game online; media sosial seperti Facebook, Instagram, twitter dll; dan wiki. E-learning menjadi sangat dikenal di kalangan pendidikan, kita juga dapat menyebutnya sebagai digital atau virtual. Berbagai cara belajar secara online mulai dikenal di dunia pendidikan termasuk pembelajaran bahasa Inggris. Tren pembelajaran mengarah menuju digitalisasi. Penggunaan telepon genggam, tablet dan laptop menjadi sesuatu yang sudah tidak asing yang terjadi di sekitar kita. 


Pembelajaran Berbasis TIK 

Terdapat kenaikan secara signifikan berdasar riset bahwa ada peningkatan permintaan peseta didik dengan aplikasi yang memberikan fasilitas tentang pembelajaran bahasa (Chinnery, 200; Goldwin-Jones, 2011; Kukulska-Hulme, 2009; Eaton, 2011:12). Hal ini membuka kesempatan kepada para peserta didik untuk dapat mengakses informasi dan pengetahuan dimanapun dan kapanpun. Dalam perkembangannya, teknologi dapat memberikan sumbangan besar dalam proses pembelajaran bahasa. Banyak materi pembelajaran yang dapat diakses langsung oleh peserta yang dapat untuk meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Meskipun demikian, peran pendidik tidak akan tergantikan oleh adanya teknologi ini. Hal ini dikarenakan bahwa teknologi hanyalah sebagai alat atau ‘tool’ untuk membantu manusia agar hasil yang diharapkan dapat lebih optimal. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris merupakan alat bantu bagi para pendidik dalam proses pembelajaran. TIK yang dapat memberikan ruang bagi peserta didik untuk berperan aktif, kreatif, kritis dan komunikatif dalam proses pembelajaran. Pendidik sebagai mediator dalam hal pemanfaatan TIK ini disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum.Banyak manfaat positif yang dapat pendidik gunakan dalam perencanaan sampai pada hasil belajar peserta didik. 
Manfaat dari penggunaan TIK dalam pembelajaran adalah. (ODLAC, 2008:5-6): Pemanfaatan TIK memberikan kesempatan pada peserta didik untuk dapat belajar menggunakan bahasa secara bermakna dan dengan materi otentik. Peserta didik dapat memanfaatkan video-sharing, podcast, Youtube, Online Newspaper sebagai materi dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, para peserta didik dapat berkomunikasi berkolaborasi dengan peserta didik lain melalui chat-room tanpa ada rasa takut salah dalam pengucapan maupun tata bahasa. Pada saat inilah para peserta didik dapat meningkatkan keterampilan dan memotivasi mereka untuk selalu meningkatkan diri. 

Pemanfaatan TIK memberikan kesempatan kepada pendidik untuk dapat lebih memahami berbagai gaya belajar peserta didik baik yang audio, visual, audiovisual, maupun yang kinestetik. Hal ini dimungkinkan dengan sumber belajar yang beragam dan dapat menggunakan model blended learning dimana peserta didik dapat bertatap muka melalui online dengan sumber belajar itu sendiri. Dengan demikian peserta didik akan mendapatkan pembelajaran otentik dan menyenangkan. Bagaimana memulai pembelajaran bahasa Inggris berbasis TIK? Ada beberapa tahapan dalam memulai pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, yaitu: 

a. Mempelajari silabus 
Dengan mempelajari silabus, pendidik akan mendapatkan tujuan pembelajaran dan gambaran hasil yang diperoleh oleh peserta didik. Dengan demikian pendidik dapat mengarahkan peserta didik sehingga mendapatkan proses dan hasil pembelajaran yang optimal. 

b. Memperhitungkan fasilitas dan waktu 
Tahapan ini sangat penting dalam proses pembelajaran berbasis pada pemanfaatan TIK sehingga fasilitas yang ada dapat mendukung keberhasilan peserta didik dalam proses belajar tersebut. Demikian juga dengan waktu, pendidik memulai suatu proyek yang tidak menyita waktu sehingga keseluruhan program pembelajaran dapat berjalan dengan baik. 

c. Pengaturan kelompok kerja peserta didik. Hal ini sangat penting mengingat setiap individu memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan sehingga akan terjalin kelompok yang berkualitas dan saling membantu. Beberapa pertimmbangan yang perlu dilakukan adalah di setiap kelompok ada peserta didik yang baik di bidang Bahasa Inggris, di bidang TIK dan di sikap kepemimpinan. 

d. Pendidik memberikan dasar-dasar dan materi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, dengan demikian para peserta didik dapat memahami dan melaksanakan proyek dengan lebih baik. e. Pendidik terus memberikan arahan, kontrol dan masukan-masukan selama proses pembelajaran bahasa Inggris dengan pemanfaatan TIK berlangsung. Dengan demikian setiap masalah yang timbul dapat segera teratasi. Pembelajaran Berbasis TIK tetap mengutamakan nilai pedagogik dari materi yang ingin disampaikan oleh pendidik. Bahwasanya teknologi hanya merupakan alat bantu yang memudahkan pendidik dan peserta didik dalam merancang, memproses, berdaya kreatif, bernilai lebih serta menjadi media untuk mendokumentasikan hasil karya peserta didik. Peran pendidik menempati tempat yang utama dalam mengarahkan peserta didik untuk mendapatkan hasil karya yang optimal.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon