Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan - Pondok Belajar

Thursday, August 22, 2019

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Rasanya jenis tanaman yang satu ini sangat tidak asing bagi orang indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh liar di negara tropis, termasuk di Indonesia. Tanaman yang memiliki bentuk buah yang unik ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat ciplukan? Simak ulasannya berikut:

Tanaman Ciplukan

Ciplukan adalah tanaman liar yang biasa ditemukan di kebun, persawahan yang mengering, hingga pinggiran hutan yang banyak disinari matahari. Tanaman Ciplukan ini bisa tumbuh hampir merata di seluruh wilayah di Indonesia dengan sebutan yang berbeda-beda pula seperti cecendet dalam Bahasa Sunda, kopok-kopokan dalam Bahasa Bali, nyurnyuran dalam Bahasa Madura, hingga leletokan dalam Bahasa Minahasa. Ciplukan memiliki bentuk buah yang unik karena bunganya diselubungi oleh kelopak yang menggembung. Warna buah Ciplukan ini hijau ketika baru tumbuh dan berubah menjadi kuning ketika sudah masak. Ketika belum matang, buah ciplukan ini memiliki rasa yang getir, tetapi jika sudah berwarna kuning-oranye maka rasanya menjadi agak manis-asam.

11 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan
Buah yang memiliki nama latin Physalis angulata ini biasa disebut dengan morel berry atau physalis saja dalam Bahasa Inggris. Dewasa ini, Buah ciplukan sudah semakin langka dan jarang ditemui di lahan liar, dan sekarang buah ini sudah tersedia untuk dijual di pasar. Namun harganya bisa dikatakan fantantis karena bisa mencapai 500 ribu rupiah per kilogramnya. Disamping itu adna juga dapat melakukan pemesanan secara online karenaciplukan sudah banyak diperjualbelikan secara online.
Jenis tanaman ini juga sudah mulai di budidaya di berbagai negara seperti Amerika Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Akan tetapi jenis Ciplukan yang banyak dibudidayakan adalah jenis ciplukan badak atau Physalis peruviana yang memiliki ukuran lebih besar.

Kandungan Ciplukan
Sebelumnya ciplukan diketahui manfaaatn yang terkadung pada tanamn Ciplukan, tanaman ini hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tidak memiliki manfaat, tentunya bukan tanpa alasan ciplukan kini banyak diperjualbelikan. Makanya tak mengherankan jika di beberapa Negara, ciplukan dijadikan sebagai garnish untuk berbagai hidangan. 

Jenis kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pada ciplukan antara lain seperti seperti saponin, flavonoid, polifenol (dalam bantuk tanin), alkaloid, kriptoxantin, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam malat, dan fisalin. Jadi secara keseluruhan semua bagian tanaman ciplukan dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, akar, hingga batangnya.
Manfaat Ciplukan
Berikut ini adalah manfaat bagi kesehatan yang terdapat pada tanaman ciplukan, adapun manfaatnya adalah sebagi berikut:

1. Mengatasi gejala penyakit Parkinson
Penyakit parkinson merupakan penyakit yang disebabkankan oleh adanya gangguan pada sistem saraf pusat yang memberikan pengaruh pada gerak tubuh. Salah satu gejala parkinson adalah tremor pada salah satu tangan. Dengan mengkonsumsi jus ciplukan secara rutin setiap hari dipercaya dapat menurunkan gejala tremor tersebut.

2. Menurunkan kolesterol
Jika Anda merasakan gejala seperti sering kesemutan, nyeri leher dan punggung, mudah lelah, hilang keseimbangan, ketidakstabilan emosi, hingga pembengkakan, Anda perlu waspada karena gejala tersebut mungkin mengindikasikan tingginya kolesterol dalam tubuh. Masalah kolesterol memang merupakan salah satu masalah yang paling banyak ditemui di masyarakat.
Tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh perlu diwaspadai karena dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung koroner hingga stroke. Salah satu cara sederhana untuk terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, Anda bisa mengonsumsi ciplukan untuk membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan perubahan warna kulit menjadi kuning akiibat tingginya kadar zat bilirubin dalam darah. Penyakit ini umumnya dialami bayi, terutama yang baru lahir, tetepi dalam beberapa kondisi juga bisa menyerang orang dewasa. Kandungan senyawa antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid, dan polifenol yang ada di dalam ciplukan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kuning ini.

4. Mengatasi epilepsi
Salah satu penyebab penyakit epilepsi adalah karena disebabkan oleh terganggunnya aktivitas sel saraf di otak sehingga menyebabkan penderita mengalami kejang. Penyebab epilepsi bermacam-macam bisa akibat faktor genetika atau cedera otak akibat trauma. Gejala epilepsi akibat genetik bisa terlihat sejak usia dini. Adapun cara mengobati epilepsi adalah dengan menggunakan obat-obatan maupun dengan cara diet tertentu. Sebagai pendamping terapi untuk epilepsi, Anda bisa mengkonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-10 buah per hari untuk menurunkan gejala.

(Baca Cara Mengobati Stroke dengan Berjalan Jinjit)
(Baca Mengurangi Kadar kalestrol Secara Alami)

5. Menurunkan kadar gula darah
Tingginya kadar gula darah atau biasa diesbut Hiperglikemia adalah kondisi yang umumnya dialami oleh penderita diabetes. Salah satu penelitian baru baru ini menunjukkan bahwa daun ciplukan memiliki aktivitas anithiperglikemia sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Tanaman ciplukan bekerja langsung memengaruhi kerja insulin.

6. Menjaga kerja saluran kemih
Adapun jenis Manfaat lain ciplukan selanjutnya adalah untuk menjaga kerja saluran kemih. Tanaman Ciplukan ini bias menjadi salah satu obat diuretik yang dapat memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan juga mencegah batu kandung kemih. Selain itu, berdasarkan sumber datri pihak lain, mereka menyatakan jika daun ciplukan memiliki manfaat untuk menyembuhkan kencing nanah atau gonore.

7. Mengatasi infeksi kulit
Infeksi kulit yang menyebabkan luka terbuka di kulit biasa disebut dengan borok. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari infeksi bakteri hingga kondisi tertentu seperti diabetes. Dengan menggunakan Daun ciplukan, bias menjadi pilihan alternatif bagi anda untuk mengatasi borok, karena beberapa kandungan tanaman ciplukan memiliki sifat antiinflamasi. Adapun cara untuk menggunakannya adalah hanya dengan membalurkan luka dengan daun ciplukan yang sudah ditumbuk hingga halus. Tunggu daun hingga menyerap ke kulit, lalu kemudian bilas dengan air bersih. Selain mengobati infeksi kulit terbuka, Anda juga bisa mencoba mengobati bisul dengan resep yang sama.

8. Obat nyeri untuk penyakit lupus
Manfaat ciplukan selanjutnya adalah sebagai obat pereda nyeri. Disamping memiliki sifat antihiperglikemik dan juga antiinflamasi, ternyata ciplukan juga memiliki efek analgesik atau antinyeri. Dari hasil sebuah studi, mereka menyimpulkan bahwa ekstrak ciplukan bahkan bisa mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.
9. Mengatasi nyeri sendi dan rematik
Manfaat lain dari Ciplukan juga dapat mengatasi nyeri sendi dan rematik. Cara mengatasi nyeri sendi dan rematik dengan ciplukan adalah dengan menggunakan daun ciplukan untuk mengompres bagian yang terasa nyeri. Adapun cara penggunaannya adalah Tumbuk daun ciplukan dengan halus dan campurkan dengan sedikit kapur sirih, baru kemudian balurkan ke tubuh yang mengalami nyeri.

10. Mengatasi beberapa masalah saluran pernapasan   
Terdapat beberapa manfaat ciplukan untuk saluran pernapasan. Jika kita dapat mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin setiap hari, maka khasiatnya mampu untuk mencegah asma kambuh. Disamping itu tanaman ciplukan juga dipercaya dapat mencegah perkembangan bakteri penyebab tuberkulosis atau TBC karena kandungan antibakteri yang terkandung dalam ciplukan. Adapun Manfaat lain dari ciplukan pada saluran pernapasan adalah dapat mencegah penyakit paru-paru basah.

11. Sebagai obat penambah darah

Jika Anda mengalami gejala seperti lelah, pusing, limbung, sesak nafas, dan detak jantung cepat, kemungkinan Anda terserang Anemia. Meminum rebusan daun ciplukan, karena ciplukan ini dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga gejala tersebut dapat teratasi.
Itu dia beberapa manfaat ciplukan yang paling populer. Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang dianggap lebih ekonomis dan juga lebih minim risiko. Sampai dengan saat sekarang, belum ditemukankannya efek samping dari penggunaan tanaman ciplukan untuk obat alternatif.
Walaupun demikian, sebaiknya anda juga konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan ciplukan sebagai pengobatan pendamping/alternatif. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar