Memperbaiki Add Expires Headers pada GT Metrik Yslow

Bagi sebagian para blogger yang memiliki rasa ingin tahu kecepatan loading blog nya pasti mereka akan mencari berbagai macam sumber resmi untuk memeriksa kecepatan loading blognya. jadi Bagaimanakah kecepatan loading blog anda sendiri, apakah sudah memiliki waktu loading yang maksimal, atau sudah di optimasi secara maksimal?

Memperbaiki Add Expires Headers pada GT Metrik Yslow
Memperbaiki Add Expires Headers pada GT Metrik Yslow 

Sebenarnya ada berbagai macam cara yang mudah yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog kita. namun ada baiknya jika sebelum kita melakukan optimasi tersebut terlebih dahulu kita melakukan cek loading halaman pada GT Metrik, namun kebanyakan kendala hasil yang diperoleh adalah kurangnya penilaian yang diraih pada bagian Yslow, yaitu pada bagian ADD Expired Header.
  
Satu hal yang harus anda pahami jika Leverage browser Expires Headers berhubungan erat dengan halaman sebuah web seperti gambar, css, javascript, dan sebagainya. Sehingga, saat membuka kembali halaman web yang sama, maka halaman web tersebut akan semakin cepat terbuka. Karena file yang pada awalnya harus di unduh, sekarang sudah tersimpan di dalam media penyimpanan.

Adapun fungsi uatama dari Leverage browser caching sendiri adlah untuk mengatur tanggal expires (kadaluwarsa) dalam header HTTPS  yang bersifat statis. disamping juga memberi perintah pada browser untuk memuat Source Code yang sudah di unduh sebelumnya dalam media penyimpanan. dan fingsi dri Caching tersebut adalah untuk mengatur lamanya penyimpanan file yang sudah didownload saat membuka.

Adapun sebelum memprbaikinya ada baiknya anda memastikannya terlebih dahulu dengan mengakses cek template blog terlebih dahulu, dengan membuka halaman GTmetrix, Page Speed Inside Masukkan URL blog anda dan lihat hasilnya. Anda bisa lihat di bagian Yslow halaman pertama Add Expires headers. Seperti gambar dibawah.
Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menambahkan script. Letakkan kode dibawah ini tepat di atas kode </head>

<include expiration=’7d’ path=’*.css’/>
<include expiration=’7d’ path=’*.js’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.gif’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.jpeg’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.jpg’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.png’/>
<meta https-equiv=”expires” content=”sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT”/>

Biasanya perubahan expires header pada bagian Yslow pada halaman Gmetrix bisa dilihat hasilnya sehari kemudian, tapi jika test kecepatan blog anda sudah ada perubahan, berarti proses penambahan script sudah berhasil.

Selaian dari memperbaiki axpired header untuk mempercepat loading page blog, anda juga dapat melakukan hala hal seperti diantaranya dengan merampingkan template, mengurangi widget, ataupun mengoptimalkan gambar sebelum kita posting. Tujuannya adalah mendapatkan performa loading blog yang lebih maksimal, agar lebih SEO dan disukai mesin pencari (search engine) seperti google.

Sebagaimanan yang kita amati sekrang ini jika para pemilik blog sudah saling bersaing secara ketata dan saling berlomba lomba dalam membenahi semua permasalahan yang berklaiatan dengan kecepatan loading page blog mereka masing-masing secara yang maksimal baik dari segi tampilan dekstop maupun tampilan versi mobile/HP. jadi jika anda tidak ingin blog anada langsung ditinggalkan oleh pengunjung anda karena lamanya loading halaman blog maka segera melakukan optimasi pada tempate blog anda. Demikian cara mempercepat loading blog, tips yang sederhana ini semoga saja bermanfaat.

0 Response to "Memperbaiki Add Expires Headers pada GT Metrik Yslow "

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar