Panduan Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Guru - Pondok Belajar

Saturday, November 18, 2017

Panduan Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Guru

Pemanfaatan media Jaringan online dalam melakukan proses pembelajaran sudah menjadi sebuah tuntutan dalam dunia pendidikan dewasa ini, karena dengan munculnya berbagai media tehnologi semangkin menantang para pendididik untuk terus melakukan pemahaman tentang berbagai meida tersebut sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran disekolah. Salah satu kelebihan yang sangat kentara disrasakan oleh guru ketika menggunnakan berbagai media tehnologi tersebut dalam melakukan proses pembelalaran di kelas adalah timbulnya kemudahan bagi pendidik dalam menyampaikan materi ajar kepada perserta didik disamping juga para peserta didik menjadi senang dan termotivasi untuk belajar.  

Panduan Cara Membuat Akun Admodo Untuk Guru
Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Guru

Dalam pembelajaran bahasa Inggris.E-learning dan online learning atau lebih populernya bisa disebut dengan Computer Classes Online sangat sering kita dengar di pembicaraan di kalangan pendidik maupun peserta didik. E-learning ini mengacu pada pembelajaran yang menyatukan informasi dan teknologi komunikasi (ICT/TIK) untuk membangun budaya baru, budaya abad 21 yaitu budaya membangun budaya terampil dan berpengetahuan. Kemajuan ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat yang berbasis pada internet. Sebagai misal adalah kata-kata seperti apps; blogs; podcast; game online; media sosial seperti Facebook, Instagram, twitter dll; dan wiki admondo, email google+ dll. . 

Lumrah dipahami jika dalam perkembangannya, teknologi memegang peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Termasuk didalamnya adalah dalam pembelajaran bahasa Inggris.E-learning dan online learning sangat sering kita dengar di pembicaraan di kalangan pendidik maupun peserta didik. E-learning ini mengacu pada pembelajaran yang menyatukan informasi dan teknologi komunikasi (ICT/TIK) untuk membangun budaya baru, budaya abad 21 yaitu budaya membangun budaya terampil dan berpengetahuan. Kemajuan ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat yang berbasis pada internet. Sebagai contohnya adalah seperti apps; blogs; podcast; game online; media sosial seperti Facebook, Instagram, twitter dll; dan wiki kelas edmodo, google+ Youtube dan lain sebagainya. Dimana semua situs tersebut menyajikan berbagai materi pembelajaran yang dapat diakses langsung oleh peserta untuk dapat meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Meskipun demikian, peran pendidik tidak akan tergantikan oleh adanya teknologi ini. Hal ini dikarenakan bahwa teknologi hanyalah sebagai alat atau ‘tool’ untuk membantu manusia agar hasil yang diharapkan dapat lebih optimal. Sedangkan pendidik adalah tempat dimana peserta didik dapat melakukan interaksi pembelajaran secara langsung dengan menjadi sumber pemberi penjelasan terhadap semua kendala yang dihadapi peserta didik didalam mencerna informasi ilmu pengetahuan yang di akses tersebut.


Salah satu kelas virtual yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pendidik adalah kelas admodo, disini saya akan membahas kita-kita membuat kelas untuk guru supaya dapat menggunakan layanan gratis ini. Adapun tahapannya adalah sebagi berikut:

Buka situs edmodo di https://www.edmodo.com/
Buka website edmodo dengan menggunakan browser di Komputer atau Smartphone anda. Klik Sign up Pilih Guru
Disitu akan muncul form pendaftaran terdapat 3 tab, yaitu Teachers, Students dan Parents. Pilih Teacher kemudian masukan alamat email anda dan juga password anda, jika sudah klik SIGN UP FOR FREE

Panduan Cara Membuat Akun Admodo Untuk Guru
Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Guru

Temukan Sekolah Anda
Langkah pertama adalah menemukan sekolah tempat anda mengajar, untuk mencarinya anda bisa memasukan nama sekolah, provinsi, kode pos atau negara, jika sekolah anda tidak terdaftar maka anda boleh menambahhnya secara manual sekolah anda tersebut

Lengkapi Profil Anda
Langkah kedua di Edmodo adalah melengkapi profil anda
Isi profil anda, Pilih panggilan apakah Mr, Mrs, Dr dan lain lain. Masukan nama lengkap anda, grade teacher anda dan jurusan yang anda ajarkan serta tulis username pada kolom edmodo profil URL dan pastikan URL belum digunakan dengan adanya peringatan "URL created succesfully".
Kemudian Klik NEXT STEP


Konfirmasi Informasi Profil Anda
Pastikan profil anda sudah benar, jika terdapat kesalah anda bisa mengeditnya, dengan  mengklik icon pensil di samping data.

Set up kelas anda 
Panduan Cara Membuat Akun Admodo Untuk Guru
Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Guru

Set up kelas anda sesuai dengan kelas yang anda inginkan, setelah anda men set up kelas tersebut kemudian anda dapat mengundang siswa anda untuk gabung dikelas yang ad buat, dengan membeikan kode kepada para siswa anda tersebut. 

Panduan Cara Membuat Akun Admodo Untuk Guru
Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Guru

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar