Wednesday, August 9, 2017

Memperbaiki Kesalahan Hilang Update dan Hilang Author Pada Google webmaster Tool

Tags
Memperbaiki Kesalahan Hilang Update dan Hilang Author di Google webmaster Tool
Kesalahan pada data terstruktur pada google webmaster tool sering dialami oleh sebagian para blogger pada blog mereka. Kita sangat paham jika ada terjadi kesalahan pada data terstruktur Google webmaster tool, dapat mengakibatkan terganggunya kinerja blog kita. Kita harus sering mengamati kesalahan pada data terstruktur ini pada Google webmaster sehingga akan selalu dapat memperbaiki setiap adanya kesalahan yang terjadi pada data tertruktur tersebut. Pada layanan Google conselor (google webmaster tool), kita dapat menlihat perkembangan data terstruktur pada blog kita baik dengan kesalahan data struktur ataupun tidak ada kesalahan sama sekali. Jadi dengan adanya layanan ini kita bisa memperbaiki setiap kesalahan tersebut. 

Memperbaiki Kesalahan Hilang Update dan Hilang Author Pada Google webmaster Tool
Memperbaiki Kesalahan Hilang Update dan Hilang Author Pada Google webmaster Tool

Disini saya akan mengambarkan cara memperbaiki kesalahan data terstruktur hilnag update dan hilang author pada google webmaster tool. Jadi luangkan saja sedikit waktu yang anda melihat dan untuk mempebaiki kesalahan yang terjadi pada blog yang anda kelola supaya blog anda akan memiliki performa yang baik di mata Google, sebab jika kita tidak memiliki kesalahan dengan data terstruktur maka Seo Blog akan bagus di mata Google search engine. Lumrah sekali kejadian kesalahan ini terjadi khususnya data hatom disebakan kerana kita menggunakan template bukan bawaan blogger. Kesalahan tersebut biasanya pada keterangan hilang author ataupun hilang update. 
  
Untuk lebih jelasnya lihatlah Gambar kesalahan hilang author dan hilang update pada data terstruktur berikut ini 
  
Cara Memperbaiki Kesalahan Hilang Update dan Hilang Author Pada Google webmaster Tool
Memperbaiki Kesalahan Hilang Update dan Hilang Author Pada Google webmaster Tool
Untuk memperbaiki kesalahan pada hilang updated dan hilang author tersebut adalah dengan mengikuti tahapan tahapan berikut ini: 

1. Masuk ke dash borad blog anda kemudian pilih edit HTML, Cari kode berikut ini, biar cepat gunakan control f, jika tempalte blog anda tidak memiliki kedua kode tersebut anda boleh paste kode dibawah ini sesudah <head>. 

<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='publisher'/>

2. Kemudian gantikan tulisan yang berwarna merah (kode id anda) diatas dengan akun Google+ yang anda miliki sendiri contoh seperti dibawah ini

<link href='https://plus.google.com/+Nona80' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/+Nona80' rel='publisher'/>

3. Setelah itu Simpan Template.
Setelah semua langkah langkah diatas sudah dilakukan, semua masalah akan teratasi, namun mungkin sebagian keterangan kesalahan pada Webmaster Tool akan tetap ada pada bagian Hilang: Author dan Hilang: Update ini. Namun ini akan hilang dengan sendirnya seirning berjalannya waktu setelah googlebot merayapi blog kita pada tahapan berikutnya, biasanya berlangsung dalam beberapa hari saja. 
Setelah melakukan semua tahapan yang saya gambarkan di atas, sekarang silahkan cek di Structure Data Testing Tools dan masukan URL yang bermasalah tersebut, dan Validasi. Jika tidak di temukan masalah lagi maka biarkan Google untuk merayapi kembali laman blog anda. Sekarang anda hanya perlu menunggu sambil duduk santai dan menunggu perkembangan lebih lanjut sampai semua laman hilang atuthor dan hilang update yang bermasalah tersebut di Search Console dapat hilang dengan sendirinya.

Jika setelah beberapa minggu setelah anda melakukan perobahan seperti saran di atas, dan masih mengalami kesalahan pada hilang author dan hilang update pada data terstruktur. maka coba ganti script untuk author dan update di postmeta blog Anda denga script di bawah ini. Tetapi harus diingat, sebaiknya lakukan backup template anda terlebih dahulu sebelum merubah kode script dibawah ini

1. Hilang Author
<a class='g-profile' expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='Author Profile'>
          <span class='post-author vcard'>
              <span class='fn'><data:post.author/></span>
          </span></a>


2. Hilang untuk Update
<a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'> <data:post.timestamp/></abbr></a>  

Satu hal yang harus diingat jika cara yang digambarkan di atas tadi memang merupakan cara yang benar akan tetapi masih banyak juga yang gagal ketika mencoba memperbaiki kesalahan hilang update dan hilang author pada data terstruktur mereka. Kejadian tersebut terjadi karena struktur laman dan permasalahan yang terjadi berbeda beda pada setiap kasus yang ada. Dan satul lagi yang harus dipahami jika isu eror ini tidak akan begitu berpengaruhi terhadap performa trafik blog anda pada google.

Demikian ulasan ringkas aini semoga bermanfaat bagi yang sedang mengalami permasalahn dengan hilanganya update dan hilang author pada data terstuktur bolg adna di google webmastet tool. Sekian dan terimakasih

6 komentar

Saya sudah menambahkan postingan artikel di atas untuk memperbaiki kesalahan tersebut, boleh di baca kembali siapa tahu penambahan postingan perbaikan tersebut bisa memperbaiki kesalah yang anda alami. terimakasih

cek di webmaster banyak yang eror,,tapi cek di google templatecek,,tidak ada yang eror,,ini gimana mas cara ngatasi nya???makasih

menurut saya sebaiknya anda tetap fokus pada data kesalahan yang ada pada google webmaster baik kesalahan yang ada di penyempurnaan HTML atapun kesalahan yang ada pada data terstruktur dan lain sebagainya. kalau boleh tahu jenis erornya apa mas, karena ada berbagaimacam jenis error pada data tertruktur, seperti mising author dan mising update, profil pengarang dn penerbit blog, error datemodified dn lain sebagainya.

cuma ada kesalahan hatom hilang update,,semua sudah saya coba,,tapi nihil mas,,malah tambah banyak

gak tau juga tu mas mungkin bisa jadi permasalahananya beda beda, karena berdasarkan pengalaman saya memperbaki kesalahan data terstruktur tersebut hanya dengan mengunakan metode di atas, atau sebaiknya gunakan template lain aja yang sudah teruji kelebihannya seperti tamplate nya mbak arlina.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon