Saturday, May 20, 2017

Penggunaan Media IT di Sekolah

Penggunaan Media IT Di Sekolah 
Dewasa ini pengunaan Informasi Teknologi sudah menjadi begitu pesat sehingga kebutuhan terhadap IT tersebut sudah hampir menjadi kebutuhan primer bagi manusia sekarang. Sebelum menbahas mengenai manfaat IT dalam pendidikan, terlebih dahulu kita memahami dulu apa itu IT, IT berasal dari bahasa inggris yaitu Information Tehnology yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Informasi Tehnologi. Informasi tehnologi ini sebenarnya adalah umum dan mencakupi berbagai aspek dan media, dari media komputer, internet, alat Televisi, Radio dan screen pembesar yang digunakan untuk media presentasi. 
Pentingnya Penggunaan Media IT di Sekolah
Pentingnya Penggunaan Media IT di Sekolah
Pengaruh pengembangan Informasi dan Tehnologi ini juga memberi dampak positif terhadap dunia pendidikan. Terutama dalam penggelolaan berbagai sistem pengajaran yang berazaskan web telah diperkenalkan didunia pendidikan. Pengaruh ini disebabkan oleh karana begitu besarnya pengaruh penggunaan media Informasi dan Tehmologi dalam menunjang perkembangan dunia pendidikan tersebut. Pendidikan berazaskan web merupakan salah salah system pendidikan yang baru dikembangkan dewasa ini. Sistem pendidikan ini selain memudahkan para pelajar baik mahasiswa ataupun para siswa disekolah dalam belajar juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalan penguasaan informasi dan tehnology (IT). berbagai produk IT ini tersedia di semua tempat dengan berbagai macam mereka yang terrsedia seperti mereka Accer, Toshiba, Samsung, Lenovo, dan lain sebagianya dengan menyajikan berbagai macam kelebihan dan keunggulan masing-masing baik dari segi harga atupun kwalitas yang diusungnya.  
Dewasa ini hampir di setiap sekolah diseluruh indonesia baik di perkotaan dan pedesaan sudah mengynakan kegiatan pembelajaran berazaskan Infomasi Tehnologi (IT), dan ini telah dijadikan salah satu mata pelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan ataupun membekali siswa untuk dapat mengunakan layanan Informasi Tehnologi ini sebagai media mengajar ataupun media dalam mengakses berbagai macan ilmu pengetahuan di sekolah. Dengan berbekal ilmu ini dimanan nantinya diharapkan supaya siswa ataupunpu peserta didik di sekolah tersebut mampu mengunanakan media Informasi Tehnologi ini di dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Memang untuk ukuran sekarang ini kita masih melihat dimana sebagian kecil tenaga pendidik masih sangat kurang kemampuan mereka dalam mengakses dan mengoperasikan media Informasi Tehnologi tersebut. Untuk itu dengan maraknya penggunaan berbagai media Iinformasi dan Tehnologi ini semakin mengurangi kekerangan sebagian tenaga pendidik dalam menggunakan media informasi dan Tehnologi tersebut. Pembelajran yang berazaskan Informasi dan Tehnologi ini sebenarnya harus direspon secara menteluruh, mengingat begitu mudahnya orang dalam mengases berbagai kemudahan layanan jaringan yang sudah boleh dikatakan tersedia di seluruh daerah di Indonesia baik layan jaringan Telkomsel dan lain sebaginya. Diamping itu berbagai model sistem operasi hand phone yang tersedia dalam berbagai produk yang serba murah sekarang ini juga menjadi salah satu penyebab pentingnya peranan sekolah dalam mempersiapakan perseta didik yang memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengeakses dan mengelola saran Informasi dan Teknologi tersebut.  

Tujuan Penggunaan Media IT di Sekolah 
Adapun tujuan dari pembelajran Informasi Tehnologi ini adalah untuk memudahkan peserta didik dalam memahami dan mengases bahan pelajaran dirumah, cukup hanya dengan mengakses internet dirumah ataupun di internet cafe mereka sudah dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang materi ajar yang mereka dapatkan di sekolah. Disamping meningkatkan pemeahaman dan kemampuan siswa dalam menggunakan media Informasi Tehnologi, pendidik juga dapat memberikan berbagai gambaran terhadap nilai positig dan negatif yang terdapat dalam media Informasi Tehnologi tersebut khususunya dalam penggunaan media internet. Kita tahu bahwasanya, sering kali kite temui jika penggunanan media internet yang salah sasaran dan mengakibatkan berbagai permasalahn yang timbul pada peserta didik tersebut. Tentu sebagai pendidik kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi pada peserta didik kita, maka untuk itu dalam setiap pembahasan mengenai penggunaan media Informasi Tehnologi sebainya jagan kupa untuk selalu di akhiri dengan penjelasan nilai-nilai negatif yang terkadung di dalam media tersebut, sehingga peserta didik akan lebih profesional dalam mengemolamengases media Informasi Tehnologi yang ada dilkingkungan mereka. dengan demikan maka mereka peserta didik dapat mengambil manfaat dari informasi tehnologi tersebut. Dengan pengajaran ini peserta didik juga mengharapkan siswa untuk lebih aktif dalam mengakses ilmu-ilmu lain dari internet sehingga mereka boleh mengembangkan potensi ilmu yang telah dimilikinya. 

Sekian saja kupasan singkat mengenai Pentinya penggunaan Media Informasi Tehnologi disekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran ataupun dalam meningkatkan kemapuan peserta didik dan para pendidik disekolah sehingga ada manfaatnya buat anda sekalian, dan terimakasih telah berkunjung
wassalam

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon