Thursday, October 20, 2016

Tapaktuan Antara Keindahan Dan Ke Alamiannya (Potensi Wisata)


TAPAKTUAN ANTARA KEINDAHAN DAN KE ALAMIANNYA (POTENSI WISATA). Tapaktuan adalah sebuah kota tua yang teletak di pantai Barat Aceh, Tapaktuan merupakan sebuah ibukota kabupaten Aceh Selatan. Dari segi luas kota tapaktuan tidak begitu luas karena diapit oleh lautan dan gunung boleh dikatakan tempat ini seperti sebuah teluk yang apit oleh pegunungan dan lautan namun menyajikan pemandangan alam yang tidak kalah menarik dibadingkan tempat-tempat lain di Indonesia. 



Pemandangan Kota Tapaktuan
Kota Tapaktuan
Disamping menyajikan pemandangan alamnya, kota tapaktuan juga memiliki wisata sejarah dimana ditempat ini terdapat sebuah tapak berukuran raksasa yang terletak diatas sebuah batu di tepi lautan dan disamping gunung lampu. Disamping itu di kota Tapaktuan juga terdapat sebuah monumen Bung Hatta, dimana monument bebentuk jambo persingahan ini merupakan tempat pertama kali Hatta singgah ketika melakukan perjalanan ke Aceh pada masa awal kemerdekaan. Untuk lebih jelasnya saya akan menggambarkan ojeck wisata tersebut satu persatu

1. Tapaktuan

Lokasi Wisata Tapak
Lokasi Wisata Tapak di Tapaktuan 
Tapaktuan (tapak dari seorang ulama) ini terletak tidak jauh dari pusat kota sekitar 300 meter. Tapak ini terletak diatas sebuah batu yang berhampiran dengan lautan disamping gunung lampu. Ditempat ini tersedia warung-warung untuk berirstihat sebelum kita turun ke tapak tersebut, kerena posisi tapak ini agak kebawah sebab berhapiran dengan lauatan. Namun jika anda berkunjung kesana sebaiknya jangan langsung turun ketapak tersebut karena jika keadaan air laut sedang dalam kondisi pasang akan berakibat fatal sebab air laut akan mejangkaui tapak tersebut bahkan kalau arus pasangnya tinggi malah dapat menutupi/menenggelamkan semua pemandangan tersebut. Maka pilihlah waktu yang tepat untuk turun kebawah (berdiri diatas tapak), sebaiknya cocok saat kondisi lautan sedang tenang atau lagi surut supaya tidak terseret oleh arus ketika pasang. Tapaktuan ini juga dipercaya oleh sebagian masyarakat merupakan tapak tengku (ulama) yang membunuh se-ekor naga ketika mencuri seorang anak kecil dari pelayar yang terdampat disitu. 
Untuk mengetahui kisah lengkapnya baca tautan berikut ini

(Baca The Legend of Tapaktuan)   

2. Pemandian Air Dingin, 

Pemandian Air Dingin
Pemandian Air Dingin
Pemandian air Dingin ini boleh dikatakan berbentuk air terjun yang tidak begitu tinggi hanya sekitar 7 meter. Masyarakat disini menamakan air dingin karena sensasi airnya yang begitu dingin dan air tersebut keluar dari bongkahan batu di atas bukit. Pemandangn disini juga begitu indah karena lokasinya berhapiran dengan pantai pasir putih sehingga pengunjung bisa mandi di lokasi pemandian air dingin dan di pantai . Berdasarkan cerita yang ada pada sebagian masyarakat sekitar, Air Dingin sebagai tempat pemandian putri naga pada masa zaman dulu. Objek wisata air terjun (air dingin)  ini termasuk salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal dan luar daerah

3. Tingkat Tujuh (Pemandian Tingkat Tujuh)
Lokasi Wisata Pemndian Tingkat Tujuh
Salah satu Pemandian Tingkat Tujuh
Tingkat tujuh ini merupakan tempat pemandian berbentuk seperlu sebuah lubuk dimana lubuk ini terletak dalam posisi bertingkat di atas gunung dengan jumlah sebanyak tujuh tingkat. Jarak antara satu tingkat dengan tingkat yang lain sekitar 200 sampai 300 meter. Kalau kita ingin mandi di ke tujuh tingkat tersebut berarti kita harus menaiki semua tingkat pemandian tersebut. Lokasi tingkat tujuh ini tidak begitu jauh dari ibu kota tapatuan sekitar 3 KM persisnya di desa Batu Itam. Tempat ini juga diceritakan sebagai tempat mandi putri naga yang dibuat oleh naga. 

4. Jamno Hatta (Panorama Hatta)

Panorama Bung Hatta
Panorama Hatta
Jambo Hatta (Panorama Hatta) merupakan sebuah monumen tempat persinggahan Bung Hatta ketika dalam perjalanan menunju ke Aceh. Jambo Hatta ini terletak tepat diatas sebuah bukit dimana terdapat sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan. tempat ini juga berhapiran dengan jalan lintasa Banda Aceh-Medan sehingga sering jadi tempat persinggahan untuk menghilangakan kepenatan. Kalau kita melihat arah utara dari bangunanan akan nampak ibu kota tapaktuan yang sangan indah, sedangkan jika kita melihat ke arah selatan anda akan menyaksikan pemandangan pantai Pasie Raja dimana Pantai ini memiliki pohon cemara yang berjejer yang dimulai dari desa Ujung Batee sampai ke ujung Pasi Asahan. Pemandangan ini sangat indah disamping juga masih terasa begitu alami dan asri. 

1 komentar so far

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon