Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan - Pondok Belajar

Tuesday, July 16, 2019

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Umumnya seluruh masyarakat Indonesia tahu Ketumbar adalah salah satu diantara rempah rempah yang wajib disediakan di dapur karena merupakan salah satu bumbu dasar berbagai masakan Ibu ibu di rumah. Dismaping ketumbar dapat memberikan cita rsa tersendiri untuk memperkaya rasa masakan di rumah, ternayta ketumbar dapat juga memberikan khasiat yang bagus bagi kesehatan kita. 
Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan
Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan 

Berdasarkan info terbaru sebagaimana dilansir dari Natural Food Series, Selasa (2/4), ternyata ketumbar dikenal sebagai Dhaniya di India dan ketumbar di Amerika. Nama ilmiah ketumbar adalah ketumbar Coriandrumsativum L yang memiliki aroma yang menyegarkan. Ketumbar mengandung enam jenis asam (termasuk vitamin C (asam askorbat), dan 11 jenis mineral yang berbeda minyak esensial dan vitamin. Masing-masing nutrisi ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
Jadi apa saja khasiat yang terkandung dari rendaman air ketumbar bagi kesehatan? Ayo kita ulas satu persatu

Macam Macam Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan

1. Mengatasi gangguan pencernaan
Adapun khasiat yang pertama adalah mengatasi gangguan pencernaan. Konsumsi yang tidak berlebihan ketumbar ternyata dapat dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Salah satu khasiat Kandungan antioksidan yang ada terdapat pada biji ketumbar adalah membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Jenis khasiat yang berikutnya adalah ketumbar dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan sifat anafetik pada biji Ketumbar memiliki dapat membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena salah satu penyabab utama masalah gigi dan mulut adalah bakteri.

3. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri
Khasiat lainya dari ketumbar adalah mengatasi infeksi bakter akibat jamur. Khasiat ini membuat ketumbar banyak digunakan  untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur.


4. Baik untuk penderita diabetes
Khasiat ketumbar selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Salah satu khasiat yang diproleh dari Rempah yang memiliki kandungan serat tinggi ini adalah ternyata dapat bekerja menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderitas diabetes. Walaupun demikian, ada baiknya disarankan untuk penderita diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin untuk mengetahui perkebangan dari khasiat yang terdapat dalam penyajian ramuan ini.

5. Mengatasi wasir
Khasiat ketumbar lainnya adalah untuk mengatasi wasir. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketumbar ampuh untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, yang merupakan salah satu penyebab dari wasir. Selain melancarkan buang air besar, sifat analgesik dari ketumbar juga mungkin dapat meredakan nyeri akibat wasir.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Khasiatn lainya dari ketumbar adalah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah kita. Inilah dasar pijakan pertama yang membuat timbulnya pernyataan tentang khasiat rebusan ketumbar untuk mengobata sumbatan pada jantung. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.

7. Meringankan nyeri sendi
Meringankan nyeri sendi juga diklaim sebagai salah satu khasiat ketumbar. Khasiat yang satu ini masi berkaitan dengan sifat analgesik dan kandungan asam linoleat dari ketumbar. Selain meringankan nyeri sendi, ketumbar juga dipercara dapat meringankan sakit akibat hernia. Namun khasiat ini kemungkinan hanya sekedar untuk meringankan gejala saja, bukan untuk mengatasi penyabab utama penyakit.

8. Mengatasi batuk dan pilek
Ketumbar juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi batuk dan pilek. Khasiat ketumbar satu ini didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

9. Menjaga kesehatan kulit
Kebanyak orang Inodesia sering menggunakan ketumbar untuk menjaga kesehatan kulit. Karena antibakteri dalam ketumbar mampu untuk mengatasi jerawat. Selain itu, ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak, meremajakan kulit, hingga mencerahkan kulit. Ketumbar juga tentunya dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan infeksi.

10. Khasiat ketumbar untuk rambut lebih lebat
Selanjutnya terdapat juga khasiat ketumbar untuk rambut. Ketumbar dapat membantu menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Jadi selain mencoba kemiri yang sudah sering digadang-gadang sebagai rempah yang baik untuk rambut, sekarang Anda juga bisa mencoba ketumbar dan melihat sendiri efeknya pada rambut Anda.

Cara Menggunakan Ketumbar
Salah satu cara yang pailing efektif menggunakan ketumbar sebagai obat herbal adalah dengan cara meminum air rebusannya. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Panaskan air secukupnya hingga mendidih
2. Ambil satu sendok makan biji metumbar lalau masukkan kedalam gelas
3. Tuangkan air yang telah di panaskan tadi kedalam gelas (sama dengan menyeduh teh)
4. Tunggu hingga airnya hangat kemudian disaring dengan menggunakan saringan dapur
5. Minumlah minimal satu kali sehari selama jangka waktu seminggu lalau lihat khasiat yang anda dapat rasakan.

Adapun cara  lain yang bias kita ginakan adalah dengan cara menambahkan ketumbar dengan jumlah yang lebih banyak ke dalam masakan dapur.
Namun harus diingat jika and harus konsumsi ketumbar dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Jika ingin benar-benar menggunakannya sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan dulu sebelumnya dengan dokter dan ahli herbal.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar