Friday, July 28, 2017

Tips Menghemat Pemakaian Listrik Di Rumah

Dewasa ini penggunaan listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga, perkantoran dan tak terkecuali pada dunia Industri (kebutuhan primer). Boleh dikatakan jika pengaruh listrik sudah sangat vital dewasa ini. 

Tips Menghemat Pemakaian Listrik Di Rumah
Tips Menghemat Pemakaian Listrik Di Rumah
pada saat sekarang ini listrik sudah sangat dibutuhkan untuk menjalankan ataupun mengoperasikan berbagai peralatan elektrnik yang ada seperti Komputer, Televisi, Rice cooker, hand phone, Laptop dan lain sebaginya.  Sebagai contoh kecil saja coba kita amati bagaimana keperluan listrik bagi Para ibu ibu di rumah tangga khusunya di dapur, mereka menggunakan listrik hampir pada seluruh alat yang digunakan di dapur seperti Blender, Rice Cooker, Kulkas, Mixer dan lain sebagainya untuk digunakan sebagai alat bantu mereka sehari-hari dalam menyajikan berbagai masakan dan hidangan buat keluarga mereka tercinta. itu hanya contoh kecil saja untuk menguatkan bagaimana peran listrik yang sudah sangat begitu besar mempengaruhi semua aspek kehidupan kita, belum lagi kita melihat bagaimana peran besar listrik dalam menggerakkan berbagai sektor industri untuk memenuhi semua hajat hidup manusia.
Naiknya harga tarif dasar listrik sekarang ini sangat terasa bagi masyarakat indonesia yang berada pada kodisi ekonomi tahap sedang ke bawah. Karena kehilangan subsidi yang diberikan oleh pemerintah bagi mereka yang menggunakan 900 KWH, padahal kita tahu jika tidak semua masyarakat yang menggunakan listrik 900KWH tergolong dalam masyarakat yang memiliki ekonomi mapan. Untuk saat ini rata-rata kenaikan yang dialami hampir seratus persen, dimana sebelumnya mereka terbiasa membayar rekening listrik sebanyak Rp 100.000/bulan, sekarang malah menjadi Rp 200.000 atau lebih/bulan.  Kita berharap semoga saja kedepan tarif dasar listrik tersebut akan mengalami penurunan kembali sebagaimana harga tarif dasar listrik sebelumnya, karena kenainkan ini akan membawa pengaruh besar dalam molonjaknya semua kebutuhan pokok masayarakat kita khususnya bahan-bahan industri. 

Maaf tulisannya jadi begitu luas bukan malah to the point terus dari awal sebagaimana judul diatas, perluasan tersebut saya utarakan hanya sebagai penguatan Saja untuk membahas mengenai masalah trik menghemat pemakaian listrik supaya tidak membebani kantong kita setiap bulan.

Di bawah ini akan saya gambarkan hal-hal yang harus anda lakukan supaya beban listrik jadi menurun setiap bulan dan tidak begitu membebani biaya yang harus kita gunakan. Adapun kiat-kiat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Lampu LED
Lampu led merupakan lampu hemat energi jenis baru, dimana lampu tersebut memberikan penerangan lebih dari seratus persen dari jumlah arus listrik yang dikosumsi oleh lampu tersebut. Misalnya anda membeli lampu LED dengan ukuran watt 12 wat, maka daya terang yang dihasilkan lampu tersebut manyamai dengan ukuran daya lampu lain yang mengkonsumsi arus sebanyak 50 watt. Jadi untuk itu gunakanlah lampu LED yang memadai dirumah anda, walaupun harganya agak sedikit mahal dibandingkan lampu biasa namun efeknya akan langsung anda rasakan setiap bulan pada saat anda akan membayar tagihan rekening listrik anda. ada berbagai macam Lampu LED yang tersedia dari mulai merek Arashi, Philips, Hannochs, Surya, Sinar dan lain sebagainnya dengan kelebihan dan keunggulan masing-masing.   

2. Gunakan Dispenser Ketika Diperlukan
Water dispenser merupakan alat pelengakap rumah tangga yang hampir dimiliki oleh setiap rumah tangga, karena alat ini praktis dan nyaman terutama ketika kita menginginkan untuk mengkonsumsi air panas ataupun air dingin. Namun satu hal yang harus diingat bahwa peralatan yang satu ini juga dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan beban biaya pembayaran rekening litrik. Untuk menghindari hal tersebut, maka gunakanlah dispenser ini hanya disaat anda membutuhkannya saja (maksud saya hubungkan dispenser tersebut ke listrik hanya ketika anda perlu saja) jangan pernah membiarkan dispenser tersebut terhubung kelistrik secara terus menerus karena banyak sekali arus listrik yang terbuang percuma. Jadi untuk itu gunakan saja ketika anda perlu sehingga akan berdampak baik terhadap beban pengeluaran biaya rekening listrik anda. memang untuk yang satu ini banyak orang memandang remeh, tapi cobalah terapkan dengan apa yang saya sampaikan ini dan lihat sendiri apakah ada pengaruhnya dengan pembayaran tagihan rekening listrik anda, jika terbukti maka jangan pernah disepelekan lagi untuk kedepan. 

3. Jangan gunakan listrik berebihan pada saat beban puncak
Beban puncak merupakan saat dimana penggunaan arus litrik sangat tinggi di bandingkan pada waktu lain, beban puncak ini dipengaruhi oleh banyaknya konsumen listrik yang menggunakan arus litrik pada saat tersebut secara bersamaan. Pengaruh yang buruk dari beban puncak ini adalah kurangnya daya listrik sehingga menyebabkan komsumsi listrik jadi lebih dari ukuran wajar biasanya pada keadaan normal arus litrik berada pada 220 volt, namun pada saat beban puncak tersebut hanya berkisar pada 110-200 Volt. Untuk menghemat pengeluaran biaya listrik, sebaiknya jangan menggunakan peralatan listrik yang mengkomsumsi banyak arus listrik misalnya menyeterika, mengoperasikan mesin cuci dan peralatan lainnya. Beban puncak tersebut terjadi sekitar jam 18:00 wib sampai dengan jam 23:00 wib. Jadi operasikanlah peralatan yang mengkunsumsi banyak arus litrik di luar batasan jam beban puncak tersebut. misalnya di waktu pagi hari atau tengah hari menjelang petang.

4. Gunakanlah peralatan listrik yang hemat energi .
Yang terakhir adalah gunakan alat lsitrik yang hemat energi, maksudnya ketika anda memutuskan untuk membeli peralatan listrik maka cari dulu pemahaman anda terhadap produk-produk yang hemat dalam mengkonsumsi arus listrik, walapun harganya agak jauh sedikit mahal dari pada produk biasa lainnya. Contohnya jika anda menggunakan AC maka belilah AC yang terbukti hemat mengkonsumsi arus listrik (low watt), disini buka hanya AC tetapi banyak lagi peralatan lain yang digunakan yang menyediakan produk yang hemat dalam penggunaan arus listrik tersebut.

demikialah gambaran singkat mengenai cara efektif menghemat arus kistrik supaya tidak mengeluarkan biaya yang mahal setiap bulan, semoga ada manfaatnya buat pembaca sekalian, sekian dan wassalam.  


terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon