Monday, July 31, 2017

Memahami Jenis Jenis Iklan Google Adsense

Tags
Memahami Jenis Iklan Google Adsense
Perjuangan untuk mendapatkan akun gogle adsense ternyata sangat banyak dikeluhkan oleh para blogger yang sedang berusaha mengajukan diri untuk mendaptkan akun google adsensen, tidak jarang jika sebagian para blogger harus menyerah hanya karena selalu di tolak lamaran mereka untuk menjadi mitra google dalam menayangkan iklan pada blog mereka. Namun harus dipahami ternyata setelah mendapatkan akun Google adsense perjuangan para blogger belum berhenti sampai disitu saja karena ada berbagai macam persoalan yang mereka hadapi baik kurangnya pendapatan mereka dari Google adsense karena kecilnya jumlah yang dibayar pada setiap klik iklan yang mereka dapatkan dari pengunjung blog mereka. Ada berbagai macam trik dan cara yang ditawarkan oleh para master yang sudah sukses mendapatkan banyak pendapatan di Google adsense, ada yang berasalan kurangnya pendapatan karena keyword yang kita gunakan tidak mendatangkan pendapatan yang mahal, ataupun niche blog yang digunakan dan lain sebagianya.

Memahami Jenis Jenis Iklan Google Adsense
Memahami Jenis Jenis Iklan Google Adsense
Sebagai publisher alias penanayang iklan gogle adsense kita sebaiknya harus memahami jenis jenis aiklan yang disajikan oleh adsense pada blog kita. karena ada pengaruh yang besar juga terhadap pendapatan yang kita peroleh dari setiap jenis iklan adsense tersebut. coba kita amati dengan seksama jika tawaran bik CPC dan RPM yang disediakan akan berbada dari setiap jenis iklan tesebut. Jadi pandai pandailah mengamati jenis iklan Googel Adsense yang mendatangkan banyak keuntungan kepada kita sebagai publisher. Dibawah ini akan saya gambarkan jenis jenis iklan dari Google adsense tersebut, adapun jenis dari iklan yang disajikan oleh google adsensen ada tiga macam diantarnya:

1. Contextual
Jenis iklan contextual juga dikenal dengan ads based on content, yaitu iklan adsensen yang disajikan sesuai dengan content blog yang kita miliki. Contonya jika kita memiliki blog yang menyajikan berita atau paket hiburan baik lokal ataupun mancanegara maka biasanya kita akan melihat iklan yang tampil di blog kita seperti  iklan lazada, paket wisata dan lain sebaginya yang ada hubungan dengan konten tersebut. ada yang berpendapat jika iklan jenis ini mendatangkan sedikit nilai CPC nya, namun tak sedikit juga yang berpendapat jika jenis iklan ini juga memberikan pendapatan yang lebih besar dari jenis lainnya. Namun kita tidak tahu pasti baiknya lakukan saja experiment sendiri sehingga kita bisa melihat peluang yang mendatangkan pendapatan kepad kita.

2. Interest Based
Jenis ini merupakan jenis iklan yang tampil berdasarkan pada keinginanan para pengunjung blog kita, kita tahu jika google menggunakan cookies dan history utuk mendetekasi keinginan dari pengunjung blog kita. contohnya sekitar satu atau dua hari sebelumnya, pengunjung blog kita mencari informasi mengenai obat yang dapat menyembuhkan penyatkit jantung kroner, dan pada saat mereka mengunjungi blog kita maka akan secara otomatis iklan yang disajikan oleh adsensen kepada pengunjung kita adalah iklan obat penyakit jantung atau iklan kesehatan lainnya. Jenis iklan ini disebutkan sebagai jenis iklan yang mendapatkan nilai CPC tinggi. Namun agaknya iklan ini juga tidak mendapatkan klik yang tinggi karena biasanya apa yang dicari oleh pengunjung kita kemarin mungkin sudah mereka dapatkan, dan ketika apa yang dicari kemaren muncul di iklan pada blog kita kemungkinan mereka tidak mengklik iklan tersebut sebab mereka sudah tidak minat lagi dengan hal itu (sudah tidak relevan lgi dimata kereka).  

3. Placement
Placement jenis iklan ini mungkin agak sedikit menarik dan banyak diperebutkan oleh para publisher/blogger dalam memburu keyword yang mendapatkan bayaran mahal. Alasan ini diperkuat karena jenis iklan placement ini didasarkan pada permintaan para pengiklan sendiri boleh dibilang mereka pihak advertiser sendiri yang memesan kepada google adsense untum dipasangkan iklan meraka pada ini ini dan ini he he he. jadi salah satu cara mereka menentukan iklan mereka di tampilkan di blog mana saja itu semua tidak terlepas pada jenis keyword yang kita gunakan pada bolg yang kita bangun yang didasarkan pada keyword yang ada di google analytic. Contonya misalnya pihak advertiser menginginkan iklan mereka di tampilkan pada keyword mobil maka iklan mereka hanya muncul pada blog yang menggunakan keyword  tersebut saja ataupun blog yang membahas mengenai mobil. Jenis iklan ini memang benar-benar mendatangkan nilai CPC yang tinggi karena diatur sendri sama pihak advertiser.

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai jenis iklan yang biasa ditampilkan pihak Google adsense pada blog kita, dimana dari kesemuanya memiliki perbedaan CPC yang tersendiri. Dari berbagai pendapat maka nilai yang banyak memberikan pendapatan pada kita adalah jenis placement ini berdasarkan pengamatan saya sendiri dimana terkadang nilai klik yang tinggi saya dapatkan pada jenis iklan placement dan kontektual. Namun untuk lebih jelasnya anda dapat melakukan pengamatan atau experiment tersendiri karena siapa tahu jika nilai CPC itu tidak stabil dan tergantung pada hal-hal yang hanya diketahui oleh pihak adsense sendiri. Tapi tidak ada salahnya anda mencoba berekperiment dengan membandingkan setiap nilai klik yang pernah anda dapatkan sebelumnya dan anda sendiri pasti akan mendapatkan jawaban nya baerdasarkan perbdaningan tersebut. Bisa jadi jika di blog anda malah nilai CPC yeng tertinggi pada iklan contextual ataupun interet based.   

Adapun cara mengamatinya adalah anda hanya cukup login ke akun adnsen anda, kemudian  click Performance Report > Targetting Types, ataupun anda juga dapat menggunakan Google Publisher Toolbar yang disediakan oleh Google. Namun anda janganlah hanya terfokus pada aspek itu saja, akan tetapi hal yang paling penting anda pikirkan adalah berusahalah terus untuk meningkatkan optimasi search engine otimation (SEO) karena pengunjung yang datang dari mesin  telusur organik jauh lebih banyak mendatangkan nilai pendapatan klik dibandingkan dengan referal ataupun pengunjung yang datang dari social media yang kita gunakan untuk meningkatkan trafik blog yang kita kelola, disamping juga buatlah blog yang memiliki niche spesifilklog yg target specific niche..

Sekian gambaran singkat ini semoga bermanfaat bagi pengujung, terimakasih dan good luck 


terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon