Saturday, October 8, 2016

Washer Wiper Mobil Bermasalah Ini Cara Memperbaikinya


Sudah sangat lumrah, jika tujuan orang berkendaraan dengan mobil pribadi adalah untuk menikmati kenyamanan yang mungkin tidak diperoleh dari transportasi umum yang ada di indonesia. Dalam hal kenyamanan ini selalu orang-orang berusaha untuk memiliki mobil pribadi, tergantung buget yang dimiliki, ada yang membeli mobil baru dan tidak kurang juga jika kebanyakan memilih untuk membeli mobil bekas. karena keadaan buged yang kurang mamadai, itu bukan sebuah permasalahan karena kesemuanya itu adalah mencari senuah kenyamanan tersendiri ketika kita menguunakan mobil, abik untuk keperluan kegiatan bisnins ataupun keperluan perjalanan mengujungi sanak family di tempat yang relative jauh.
Cara Memperbaiki Washer Wiper Mobil
Cara Memperbaiki Washer Wiper Mobil
(Baca Kiat Membeli Mobil Bekas)
Seperti yang kita ketahui bersama jika dalam kodisi musim hujan maka terkadang kita harus extra memeriksa/merawat onderdil/komponen mobil malah dituntut lebih dari pada saat ketika bukan musim hujan. Karena banyak sekali komponen mobil yang bisa rusak disebabkan oleh air hujan seperti pengkroposan pada body mobil, karatan pada kompenen tertentu, dan bahkan kerusakan pada bagian-bagian yang penting pada mesin mobil. disini saya hanya fokus pada Salah satu komponen mobil saja yaitu washer wiper, komponen ini walaupunpun kecil tapi jangan dianggap sepele. onderdil ini juga harus sangat diperhatikan ketika musim hujan, yang jelas jika washer wiper pada mobil rusak ketika musim hujan maka itu bisa mengakibatkan kekurang nyamanan bagi pekendera sendiri, sebab penglihata/fokus pandangan kita akan terganggu, malah pada sakala tinggi bisa dikatakan berakibat lebih patal lagi karena dapat mengakibatkan kecelakaan yang disebabakan oleh kurang jelasnya pandangan kita ketika memacu kederaan lebih-jika kita berkederaan pada malam hari dengan situasi hujan lebat. jika hal tersebut terjadi ini jelas eklai jika hak tersebut disebabkan oleh kelalaian kita karena tidak pernah melakukan cek dan ricek onderdil tersebut secara teratur, sebab kita sangat mudah melihat kerusakan onderdil tersebut hanya dengan melakukan test (percobaan) setiap pagi ketika kita melakukan pemenasan mesin sebelum berangkat ketempat kerja ataupun ketempatlainnya yang kita tuju.    

Disini saya akan memberikan sedikit kiat/triks yang harus anda lakukan ketika washer wiper anda mengalami kemacetan, ini semua dimaksudkan sebagai tidakan awal (pencegahan dini) sebelum anda membawa kenderaan anda kebengkel resmi, sehingga anda bisa mandiri dalam memelihara komponen mobil dan tidak terkesan cenggeng ketika mobil kita mengalami masalah kecil. alais kata orang sekarang sedikit-sedikit kebengkel padahal bisa tuh dibebetulin sendiri hehehe, jadi berusaha sendiri itu lebih baik hitung-hitung untuk meghemat biaya perawatan mobil.

Permasalah pertama, Jika washer wiper mobil anda tidak bekerja pada waktu anda menekan tuas washer yang terdapat di setang mobil anda sedangkan anda mendengar suara dengungan waktu menekan tuas tersebut, itu besar kemungkinan jika washer wiper mobil anda mengalami penyumbata pada corong semprot yang terletak di atas kap mesin mobil. Biasanya corong ini sering tersumbat disebabakan oleh kotoran ataupun kerak air didalam tandon penampungan air. Jadi untuk memperbaikinya anda cukup hanya dengan mencolakkan peniti kedalam kedua lobang tersebut secara hati-hati supaya tidak merusak konponen ini. Ini sesuai dengan keterangan yang dikemukanan oleh seorang juru bengkel tempat saya sering menservice mobil saya. [Katanya ‘Solusi untuk memperbaiki jika ujung semprotnya tersumbat muda kok. Cukup memakai peniti, bersihkan atau colok lubang corong air itu dengan ujung peniti’]

Permasalahan kedua, jika washer wiper tidak bekerja saat anda menekan tuas untuk menyomprotkan air ke kaca depan tidak bekerja sedangkan air di tandinya penuh dan dan anda juga tidak mendengarkan suara dengungan dari pompa air tersebut itu ada kemungkinan bermasalah dengan kabel yang menyuplai aliran listri ke pemompa washer wiper (water Pump), jadi disini anda hanya perlu mengecak perapian dikabel tersebut dengan menggunakan test pen apakah kedua kabel listrik tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak, dan jika anda menemukan jika aliran api di kabel tersebut masih normal jelas sekali besar kemungkinan jika dinamo pemompa air washer wiper bermasalh dan anda perlu membawanya ke pada orang yang menerima layanan service elektronik. Nanti biar mereka saya yang memperbaikianya apaakah dengan mengati kumparan listri yang terdapat pada dinamo washer wiper pump mobil anda atau malah disarankan untuk mengantinya.

Yang terakhir, saya sarankan untuk setiap memulai pemanasan mobil dipagi sebelum menjalakannya sebaiknya anda menekan tuas washer wiper secara rutin, ini dimaksudkan untuk menghidari kemacetan yang diakibatkan oleh endaan air yang terdapat dalam tandon penampungan air. 

Sekian dulu penjelsan singkat dari saya sebagai tindakan pemeriksaan awal ketika anda mengalami masalah dengan washer wiper mobil anda, selamat mencoba semoga ada manfaatnya.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon