Mengatasi Permasalah Index sitemap Atom.Xml pada Google Search Console - Pondok Belajar

Thursday, August 03, 2017

Mengatasi Permasalah Index sitemap Atom.Xml pada Google Search Console

Sitemap atom.xml masih merupakan sitemap yang masih populer digunakan oleh para blogger setelah sitemap XML. Namun belakangan ini sitemap xml atom tersebut seperti mangalami masalah karena jumlah postingan yang disubmit hanya terkirim pada jumlah 151 dan yang jumlah yang terindex pun hanya berkisar pada 150 url postingan saja. Padahal jumlah postingan kita sudah jauh melebihi dari jumlah yang tertera disitu, sebagai contoh seorang blogger memiliki jumlah postingan yang sudah melebihi dari 30 postingan artikel akan tetapi jumlah yang tersubmit (terkirim) di sitemap xml.atom hanya berjumlah 151 postingan saja dan jumlah yang terindex 150 url postingan walaupun dilakukan re submit seca berulang kali akan tetap tidak berubah jumlah postingan yang terkirim hanya 151 saj dan yang 150 terindex. Jumlah tersebut tentunya akan membuat para blogger sedikit gusar karena bagimanapun jika jumlah url postingan kita yang terindex tersebut hanya sebagian kecil dari jumlah postingan yang kita tulis, besar kemungkinan jika hal tersebut akan juga ikut mempengaruhi trafik blog yang kita kelola.

Mengatasi Permasalah Index sitemap Atom.xml pada Google Seearch Console
Mengatasi Permasalah Index sitemap Atom.Xml pada Google Seearch Console

Memang sebenarnya kita bisa menggunakan sitemap XML yang merupakan sitemap bawaan Google, namun jangan salah jika sitemap xml.atom juga diperlukan untuk di submit pada sitemap google webmaster karena kedua sitemap tersebut memiliki pungsi yang berbeda. Mengapa saya katakan kita perlu men submit kedua sitemap tersebut, karena berdasarkan penjelasan dari Google yang saya baca disalah satu blog berbahasa ingris, disitu dijelaskan bahwa ada perbedaan fungsi diantara kedua sitemap tersebut. Sitmap xml mengambarkan semua informasi untuk semua halaman pada sebuah website kita ke Google, sementara atom/feed hanya berfungsi untuk menginformasikan kepada Google akan setiap adanya perubahan yang baru dilakukan pada halaman tertentu. Atas alasan tersebutlah maka sebaiknya anda tetap menggunakan/submit kedua sitemap tersebut pada penggelolaan blog anda di Google webmaster supaya website anda bekerja lebih maksimal sesuai yang anda inginkan.
Namun permasalahannya adalah untuk saat sekarang ini sitemap atom.xml sudah tidak dapat bekerja sabagiamana sebelumnya seperti permasalahn yang saya gambarkan di atas tadi. Kejadian ini juga saya alami sendiri dimana ketika saya melihat jumlah url postingan artikel yang terindex di Google webmaster terlihat tidak seperti biasanya, dimana sebelumnya semua url yang di submit akan bertambah secara otomatis setelah melakukan proses resubmit, ini malah menurun hanya dimana jumlah url postingan yang ter submit (terkirim) hanya dikisaran angka 151 dan yang terindex 150. Melihat kejadian ini saya mencoba mencari informasi akan hal tesebut, ternyata kejadian ini tidak hanya saya alami sendiri namun ada juga sebagian blogger lain yang mengeluhkan akan tersebut pada sebuah forum. 

Kejadian tersebut rupanya juga ikut mempengaruhi jumlah trafik blog kita dimana saya melihat terjadi penurunan trafik dari biasanya. Untuk mengatisipasi hal tersebut maka kemudian saya mecoba melakukan sedikit perubahan pada sitemap xml.atom dengan memodifikasi jumlah akhir potingan di sitemap atom.xml tersebut dimana biasanya sitemap atom.xml seperti dibawah ini.

https://www.pondok-belajar.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=149


Kemudian dengan melakukan perbubahan pada jumlah postingan tersebut membawa hasil dimana semua url postingan yang di submit terkrim semua (sama dengan jumlah artikel yang diposting). Adapun cara melakukan perubahan tersebut adalah dengan melakukan perubahann aturan jumlah artikel pada start-index. dengan mengatur start-index 1 sampai 149, kemudian dilajutkan star-index 150-299 dan begitu seterunya. Untuk lebih jelasnya cobalah melihat contoh sitemap yang saya ubah berikut ini:
dari yang aslinya Menjadi


1. https://www.pondok-belajar.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=149

2. https://www.pondok-belajar.com/atom.xml?
redirect=false&start-index=150&max-results=299

3. https://www.pondok-belajar.com/atom.xml?redirect=false&start-index=299&max-results=449

jika jumlah postingan anda sudah terlalu banyak maka lakukan perubahan sesuai dengan jumlah postingan anda dengan kelipatan 1-149, 145-299,1-299-449 dan seterusnya disesuaikan sendiri dengan jumlah artikel anda. 

Setelah melakukan perubahan tersebut, sebagai hasilnya, ternyata hasil dari modifikasi tersebut memberikan hasil yang bagus dan memuaskan dimana sebelunya jumlah url postingan yang tekirim hanya sejumlah 151, namun setelah melakukan perubahan tersebut rupanya semua url postingan tersubmit semua sesuai dengan jumlah url artikel postingan yang di submit. Walaupun status index dari sitemap tersebut untuk sekarang ini masih pending namun nantinya tetap akan terindex seperti biasaya, mungkin waktu saja yang dibutuhkan bisa satu ataupun 2 hari untuk terindex, tergantung kebisaan berapa lama yang dibutuhkan untuk memproses idex tersebut. lihat gambar hasil jumlah artikel terkirim Berikut ini

Mengatasi Permasalah Index sitemap Atom.xml pada Google Seearch Console
Mengatasi Permasalah Index sitemap Atom.xml pada Google Seearch Console
Sekian ulasan singkat ini dan cobalah anda buktikan sendiri apakah dengan melakukan trik yang saya lakukan ini dapat mengatasi permasalah index di sitemap xml.atom pada blog anda, saya yakin anda juga akan mengalami hal yang sama seperti yang saya dapatkan sekarang dimana saya tidak mengalami permasalahan lagi dengan sitemap xml.atom tersebut. gunakan saja ini untuk semenatar waktu sambil menunggu adanya perubahan dengan sitemap xml.atom kedepan debagaimana biasanya.

Terimakasih good luck dan selamat mencoba.  

13 comments:

  1. saya juga mengalami demikian. ijin di coba caranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas Arga siapa tahu bisa menjawab permasalahan anda, setelah disubmit tunggu 2 hari untuk melihat hasil indexnya

      Delete
  2. terima kasih atas artikelnya, cukup membantu blogge pemula seperti sya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, terimakasih atas kunjungannya

      Delete
    2. sama sama, maksih juga atas kunjungannya

      Delete
  3. untuk tahun sekarang apakah dengan cara diatas masih berjalan optimal ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih menggunakan konsep di atas dan sampai sekarang masih jalan dan aman aman saja, terbukti dari jumlah artikel yang di index dari setiap posting yang saya upload.

      Delete
  4. This was definitely one of my favorite blogs. Every post published did impress me. buy google reviews

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for visiting my site, stay tuned and keep in touch

      Delete
  5. Buy Positive Google Reviews can be a powerful way to promote your website or blog. You might think that having the voice of your company heard on Google is a good way to build up your brand, but unfortunately, that goodwill will not come cheap. On average, the price of a Google search range from $35 - $70, while the price varies considerably for different companies. It is therefore important to understand just what you can expect when you Buy Positive Google Reviews , how to use them in your campaign, and where to buy them from, to make sure you get the best value for money.

    ReplyDelete
  6. Berbagai cara saya lakukan untuk mengatasi error pengindekan atom ini Pak, namun belum membuahkan hasil. Saya coba solusi dari Bapak, semoga kali ini berhasil.

    Terimakasih sudah berbagi ya, Pak. Salam sukses dan semoga sehat selalu. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mongo dicoba aja pak siapa tahu berhasil

      Delete

terimakasih telah berkomentar