Sunday, November 27, 2016

Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Tags
Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools. Search engine google (Google Search Engine) merupakan salah satu search engine yang sangat ternama dan diminati oleh para pengguna internet dalam mengkases/menelusuri segala jenis informasi yang mereka butuhkan baik berkenaan dengan profesi ataupun sekedar mengisi waktu senggang mereka. walapun kita ketahui tahu bahwa ada masih banyak lagi search engine yang tersedia selain google search, salah satunya adalah search engine Bing, AoL, altalavista, dan lain sebagianya. Namun kepopuleran search engine milik google tersebut jauh lebih banyak mendominasi dari para pesaingnya yang lain tersebut. Ini semua disebabkan oleh karena kepercayaan pengguna internet kepada google yang sangat tepat dan cepat dalam memberikan sajian topik yang dicari oleh pengguna internet tersebut salain memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggunaya. 
Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools
Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools
Walaupun google merupakan salah satu search engine yang sangat terkenal, akan tetapi google tetap memberikan kita wadah untuk bersaing secara sehat untuk bisa tampil dihalaman pertama di mesin pencarian milik google tersebut. jadi disini kita sebagai blogger harus tahu dan jeli dengan aturan google tersebut sehingga memberikan manfaat yang besar bagi kita dimana setiap postingan artikel kita akan selalu muncul di postingan halamn pertama pencarian google tersebut. 

Adapaun cara yang disediakan oleh google supaya setiap postingan kita bertengger dihalaman pertama di pencarian google (search engine) adalah dengan melakukan Optimalisasi Google Webmaster Tools. layanan Google webmaster toool ini merupakan layanan gratis yang diberikan oleh google kepada para blogger untuk mengajukan artikel mereka supaya terindex oleh mesin pencarian google. Namun harus diingat, jika untuk bisa tampil di halamn pertama mesin pencarian google tersebut tidak hanya cukup dengan men-submit postingan kita ke google webmaster tool. Akan tetapi ada hal lain lagi yang harus anda perhatikan yaitu postingan anda harus unik dan bukan merupakan hasil kopy paste dari artikel orang lain, karena google suka sekali dengan artikel yang unik. 
1. Pertama silahkan login dengan aku anda ke blogger, setelah itu Masuk ke blog yang akan di daftarkan tadi 

2. Kemudian untuk memulai langkah awal silahkan klik disini untuk masuk ke halaman Google webmaster tool supaya anda dapat mengakses google webmaster tersebut. 

3. Setelah masuk ke laman web tersebut, anda akan menemukan menu ADD A SITE silahkan masukan alamat URL blog yang akan di daftarkan, lalu kik ADD A SITE. ini dmkasudkan supaya aitus anda terdaftar di google webmaster

4. Berikutnya adalah mensubmit SITEMAP blog anda, pada tahapan ini ada baiknya sebelum men-submit site blog anda ke google webmaster tool, anda harus memahami terlebih dulu apa itu sitemap, sitemap itu merupakan daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya. Fungsi dari submit ini adalah untuk memudahkan google dalam melakukan perayapan pada blog kita. sitemap itu berupa file XML yang mengandung metadata yang melegalakan google untuk merayapinya blog kita dari postingan artikel awal hingga postingan artikel terbaru yang kita posting. Web crawler (perayapan) akan menemukan halaman situs dan juga termasuk link-link di dalam setiap postingan  dn menganalisa setiap URL tersebut dengan menggunakan metadata. inilah yang menjadi alasan utama mengapa kita harus men-submit blog kita ke google webmaster. 

Adapun Cara submit Sitemap ke Google Webmaster adalah sebagai berikut:
Setelah anda menambahkan blog anda, pada dashboard, pilih Crawl lalu klik Sitemaps. Kemudian Akan muncul tampilan sitemaps. Di sudut kanan atas akan ada menu Add/Test Sitemap, anda klik kotak berwarna merah untuk men-submit sitemap anda, klik tulisan Add/Test Sitemap. Lihat gambar berikut:

Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools
Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools


5. Terakhir isikan kode-kode dibawah ini lalu klik Submit Sitemap (jangan lupa  mengetesnya terlebih dahulu untuk melihat hasil kerjanya).  


/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
      
Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools
Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

jika Anda berhasil mengirimnya, google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit. Namun ini semua tergantung dari jumlah artikel yang telah anda posting. Seandainya jumlah postingan artikel anda kurang dari seratus artikel, maka waktu yang dibutuhkan paling lama sekitar lima jam. Kalau lebih dari jumlah tersebut bisa memakan waktu satu kali atau dua kali 24 jam. salah satu kita mempercepat proses pengindex pada google webmaster adalh dengan memposting artikel yang unik dan diketik dalam ukuran panjang minimimal lebih dari 600 kata jika lebih banyak lebih bagus. 
sekian penjelasan saya semoga ada manfaat bagi anda selamat mencoba, terimakasih karena sudah berkunjung. good luck   

2 komentar

bagus mau copas sitemapnya gak bisa.
mantap

terimakasih atas kunjungannya, sekarang sudah bisa di copas sitemap nya

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon