Mesothelioma Penyakit Kanker Paru Yang Mematikan

Mesothelioma adalah jenis kanker ganas yang langka dan terjadi pada lapisan tipis jaringan yang menutupi sebagian besar organ-organ internal (Mesothelium). Dewasa ini penyakit kanker memang telah menjadi salah satu penyakit yang sangat menakutkan, karena semakin banyakny saja penderita yang mengalami penyakit kanker. Jadi untuk mengantipasi penyakit kanker ini sebiknya kita harus mengetahui berbagai jenis kanker yang mungkin mengancam kesehatan kita semua salah satunya adalah Mesotheiomia

Mesothelioma Penyakit Kanker Paru Yang Mematikan
Mesothelioma Penyakit Kanker Paru Yang Mematikan


Jika ditinjau dari jenisnya, Mesothelioma adalah bentuk kanker yang sangat agresif dan sangat mematikan. Walaupun Perawatan untuk penenganan penyakit kanker Mesothelioma sudah ada, akan  tetapi belum dapat memberikan kesembuhan secara menyeluruh. Berdasarkan dari jenisnya, Mesothelioma dapat dibagi dalam berbagai jenis ini berdasarkan bagian yang dipengaruhi oleh kanker tersebut.  Adapun Mesothelioma yang mempengaruhi jaringan yang mengelilingi paru-paru (pleura) disebut Mesothelioma pleura ganas.  Dan masih ada Jenis mesothelioma lainnya dan ini agak  jarang ditemui dan meyerang jaringan di perut. Jenis  Mesothelioma yang menyerang perut disebut peritoneal Mesothelioma, berlokasi di sekitar jantung dan sekitar testis. Adapun Mesothelioma yang bukan merupakan bentuk tumor non-kanker (jinak), yang menyrang di dada, disebut sebagai Mesothelioma jinak atau tumor soliter berserat (solitary fibrous tumor). 
Gejala Tanda dan gejala mesothelioma dapat bervariasi, tergantung lokasimana yang diserang oleh kanker  kanker tersebut pada organ tubuh kita .
Mesothelioma pleura, yang mempengaruhi jaringan yang mengelilingi paru-paru, menimbulkan tanda-tanda dan gejala berupa:
a. Rasa yeri pada bagian dada di bawah tulang rusuk, dyspnea dan nyeri nonpleuritic dinding dada adalah gejala yang paling umum terjadi pada mesothelioma ganas, (Sekitar 60-90% dari pasien mengalami gejala nyeri dada atau dyspnea.)
b. Menderita batuk disertai nyeri 
c. Menderita Sesak napas 
d. Terjadinya gumpalan jaringan di bawah kulit di dada 
e. Terjadinya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan 

Peritoneal Mesothelioma, yang terjadi pada jaringan dalam perut, memiliki tanda-tanda dan gejala yang mungkin berupa: 
a. Rasa nyeri perut 
b. Perut bengkak 
c. Timbulnya benjolan jaringan di perut 
d. Terjadinya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan 

Akan tetapi Tanda dan gejala dari jenis Mesothelioma lain cenderung tidak diketuahi dengan jelas, ini disebabakan karena jenis  lain dari penyakit ini sangat jarang terjadi. Adapun jenis Mesothelioma yang paling berbahaya adalah jenis Mesothelioma pleura yang merupakan salah satu kanker yang menyerang paru-paru dan ini yang cukup sering terjadi, jenis Mesothelioma ini paling berbahaya dan mematikan yang sering menyerang pada membran di sekitar paru-paru kita, yang disebut dengan pleura. Penyebab utama dari kanker yang menyerang sel paru-paru bernama Mesothelium ini adalah paparan debu asbes

Kabanyakan asbes yang kita gunakan dirumah adalah yang  berbentuk mineral, papan atap, serat dan berbagai macam olahan produk asbes bisa menimbulkan debu dan dihirup bersama dengan udara yang ada di lingkungan tersebut. Ini Biasanya ini terjadi di pertokoaan yang menjual alat material bangunan dan juga pada lingkungan industri, pertukangan dan pada lokasi konstruksi bangunan. Penyekit pertukangan akan terjadi pada saat serat dan debu asbes dihirup ke dalam paru-paru, kemudian debu asbes tersebut akan mengendap dalam organ paruru-paru. Jika kondisi ini terus berlanjut, dengan kata lain kita secara terus-terusan menghirup debu asbes, maka andapan debu asbes dalam paru paru akan bertambah semakin banyak dan kemudian endpan inilah yang pada nantinya akan memicu timbulnya atau menjadi penyebab terjadinya kanker Mesothelioma pelura. Dan resiko ini akan semangkin tinggi jika diderita oleh perokok aktif atau memiliki riwayat keluarga penderita penyakit kanker.

Efek buruk yang terjadi dari Kanker ini adalah dapat memperpendek usia penderita pengidap kanker tersebut, karena berdasarkan rata-rata waktu kelangsungan hidup bagi penderita kanker mesothelioma atau Mesothelioma ganas hanya bertahan dengan rentang waktu  antara 4 hingga 18 bulan, disamping hanya pada kisaran  10 persen penderita saja yang dapat bertahan hidup untuk jangka waktu lima tahun setelah dilakukannya diagnosis. Bagi pasien penderita dengan Mesothelioma yang ganas, temuan fisik efusi pleura biasanya diketahui dengan perkusi dan auskultasi. Akan tetapi pada kasus yang jarang, jika kanker mesothelioma ganas bermanifestasi sebagai cord compression, brachial plexopathy, Horner syndrome, atau superior vena cava syndrome. Kematian biasanya disebabkan oleh infeksi atau kegagalan pernapasan dari perkembangan Mesothelioma. Daerah utama yang sering terjadi pada pleura (87%), peritoneum (5,1%), dan perikardium (0,4%).

Jadi jika Anda salah satu pekerja yang bekerja di bidang industri asbes, atau mengalami kontak langsung dengan asbes cukup sering, maka ada baiknya memeriksakan diri sebelum mesothelioma menyerang anda.

0 Response to "Mesothelioma Penyakit Kanker Paru Yang Mematikan"

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar