Kelebihan Pajero Sport dari New Fortuner - Pondok Belajar

Tuesday, February 20, 2018

Kelebihan Pajero Sport dari New Fortuner

Saat ini sebagaimana yang kita lihat dari segi persaingan antara Toyota New Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sudah tidak dapat kita elakkan lagi terutama dalam merebut pangsa pasar di tanah air. Kedua musuh bubuyutan pada segmen Sporty Car/Sport Utility Vehicle (SUV),  agaknya keduanya ini memiliki keurangan dan kelebihan tersendiri. Namun untuk saat sekarang ini agaknya Toyota Fortuner selalu berhasil menjadi yang terlaris selama ini. Ini berdasarkan data data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), sepanjang Januari-September 2017 Fortuner terjual 18.351 unit sementara Pajero Sport mengikuti di belakangnya 15.235 unit, walaupun tidak berbeda begitu jauh nilai penjualan dari kedua product tersebut, akan tetapi Fortuner tetap menguasai pasar dari Pajero Sport.

Kelebihan Pajero Sport dari New Fortuner
Kelebihan Pajero Sport dari New Fortuner

Mungkin salah satu yang menjadi pertimbangan konsumen adalah karena tampilan new fortuner kelihatan agak lebih elegan dan kokoh baik dari tampilan sisi depan ataupun dari sisi belakang. Padahal seandainya kita melihat perbadingan dari dari spesifikasi keduanya, maka Mitsubishi menyiapkan generasi terbaru Pajero Sport ini, dengan sejumlah keunggulan yang tidak ada pada toyota Fortuner. fitur-fitur yang dimilikinya pun terbilang canggih untuk ukuran Pajero Sport. Dibawah ini akan disajikan gambaran gambaran fitur fitur unggulan dari pajero sport yang tidak disematkan pada Toyota New fortuner. 
Transmisi 
untuk kekutanan, sepertinya mitsubishi Fajero Sport menang selangkah, karena ransmisi otomatis yang digunakan Pajero Sport pada tipe Dakar dibekali transmisi otomatis 8 tingkat percepatan sedangkan Toyota Fortuner hanya 6 tingkat percepatan. Ini berarti bahwa Mitsubishi Pajero Sport unggul 2 tingkat dalam bidang percepatan jika bandingkan dengan Fortuner yang hanya memiliki 6 percepatan. Namun harus dipahami jika penembahan 8 transmisi yang dimiliki pajero sport bukan berarti Pajero Sport larinya lebih kencang dari new Fortuner. Kan tetapi artinya putaran mesin dapat diatur lebih optimal untuk mencapai angka konsumsi bahan bakar yang baik atau performa terbaik di berbagai rentang kecepatan. Untungnya Fortuner sama seperti Pajero Sport, sudah dibekali paddle-shift di lingkar kemudi.

Sunroof
Untuk fitur yang satu ini tidak ad pada pajero sport. Namun berdasarkan isu yang berkembanga, jika Perlu ada tidaknya sunroof memang menjadi perdebatan tersendiri di kalangan konsumen Pajero Sport sendiri. Akan tetapi khusus bagi Pajero Sport Dakar Ultimate yang di assambling di Indonesia, mereka malah mencopot peranti ini dan menggantinya dengan layar hiburan di bagian atap mobil. Pencopotan sunroof ini diakibatkan oleh karena berdasarkan survey konsumen di Indonesia, para konsumen lebih menghendaki monitor atap ketimbang sunroof di mobil mereka. kejadian ini sebenarnya sudah sangat dimaklumi oleh Toyota jauh hari sebelumnya sehingga pihak toyota tidak lagi memasang sunroof pada new Fortuner namun membekali konsumen Fortuner dengan monitor atap. Untuk bagian sunroof ini Fajero Sport tetap memberikan pilihan kepada konsumen dengan menghadirkan Pajero Sport Dakar yang diimpor dari Thailand bagi mereka yang menginginkan sunroof. Jadi konsumen Pajero sport bisa memilih mau yang menggunakan sunroof atau layar menitor pada bagian atap pajero sport. 

Washer Head Lamp
Washer lamp adalah Fitur Sangat berfungsi pada SUV yang diperuntukkan menjelajah medan berlumpur. Misalnya ketika terkadi semburan air kencang, pengedera mobil dapat membersihkan kembali lampu utama sehingga lampu dapat berfungsi optimal menerangi jalan.walaupun fitur ini mungkin tidak banyak yang tahu dan Jarang digunakan. Perlu anda pahami jika fitur washer headlamp ini meruakan sentuhan detail menarik yang diberikan Mitsubishi kepada konsumen Pajero Sport sehingga kelihatan lebih berkelas dan terkesan mewah. 
Adapun cara menggunakan washer headlamp Pajero Sport adalah hanya dengan menyalakan lampu utama kemudian tekan tombol washer headlamp di ujung tuas sebelah kanan setir kenderaan.

Forward Collision Mitigation System
Forward Collision Mitigation System Merupakan fitur keselamatan yang dilengkapi dengan Forward Collision Mitigation (FCM) System. Dimana Sistem ini menggunakan sensor di bagian depan yang secara aktif membaca jarak dengan kendaraan di depan. Ketika ada kita melajukan kederaan terlalu dekat dengan kendaraan atau objek di depan maka sensor ini akan mengirim sinyal ke modul yang memberi peringatan kepada pengemudinya lewat bunyi dan tanda di MID (Multi Information Display). Senadainay pengendara tidak melakukan pengereman, maka mobil mengambil alih peran pedal gas dan rem untuk memberikan perintah pengereman pada roda. Sayangnya fitur ini hanya tersedia pada pajero sport rakitan lokal (rakitan Indonesia) dan tidak tersedia rakitan Thailand, sehingga dapat menjadi dilema bagi konsumen dalam memutuskan apakah membeli pajero sport buatan thailan dengan segala keleboihan dan kekurangannya, atau pajero sport rakitan Indonesia dengan segala kelabihannya dan kekurangannya. Selain FCM, Pajero Sport Dakar Ultimate juga dilengkapi fitur keselamatan Blind Spot Warning, Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS), dan 7 SRS airbag. Fitur-fitur ini tak dimiliki Fortuner.

Electric Parking Brake
Ada satu lagi tambahan fitur yang disediakan Pajero sport dengan nuansa sentuhan modern dan elegan yang diberikan Mitsubishi untuk konsumen SUV.  Fitur tersebut adalah Elevtric Parking Break dimana fungsi ini memberikan kemudahan kepada pengemudinya saat mengaktifkan rem tangan dengan hanya menekan tombol. Tombol Switch kecil yang fungsional ini sekaligus menambah rapih interior Pajero Sport sendiri. Ini jelas akan jauh berbeda dengan rem tangan pada Fortuner dimana frotuner masih mempertahankan operasional rem parkir dengan cara menarik tuas rem tangan secara manual 

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkomentar