Friday, February 2, 2018

Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami



Pernahkah anda merasa tiba-tiba mengalami rasa sakit pada bagian sendi, terutama pada bagian kaki yang diikuti dengan timbulnya pembengkakan? Seandaianya pernah, itu bisa jadi pertanda jika anda terserang penyakit asam urat atau sering disebut kirai/gout. 

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami
Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami

Asam urat ini merupakan salah satu penyakit yang dipucu oleh karena terjadinya pengkristalan natrium urat baik di dalam ataupun luar persendian manusia. Berdasarkan keterangan para ahli, penyakit ssam urat merupakan salah satu dari dua ratus jenis peradangan sendi yang sering menyerang manusia. Umumnya rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat ini akan muncul dengan rantang waktu antara tiga sampai dengan sepuluh hari, dengan masa puncaknya (rasa sakit) akan dirasakan dari enam hingga dua puluh empat hari setelah asam urat mulai kambuh. Namun harus dipahami jika setelah tiga hingga ataupun sepuluh hari kemudian, rasa sakit tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya, bahkan terasa seperti dalam kondisi normal(biasa). 

Harus anda pahami bahwa meskipun penyakit asam urat tersebut sudah terlihat sembuh, akan tetapi penyakit asam urat ini dapat kambuh lagi kapan saja tanpa ada menunjukkan indikasi yang pasti. Apalagi jika anda sebelumnya pernah mengalami keseleo

Pemicu timbulnya  Asam Urat dalam Tubuh
Rasanya kita semua sudah paham apa lagi bagi penderita yang pernah mengalami penyakit asam urat. Penyebab timbulnya asam urat adalah karena jumlah kadar asam urat dalam tubuh yang melibihi dari batas ambang. Asam urat merupakan salah satu limbah dari pemecahan purin yang ada di dalam sel tubuh kita. limbahini (Asam) ini akan dibuang oleh ginjal melalui urine, jika jumlah kadar asam urata berlebihan maka akan megakibatkan terjadinya pengkristalan pada bagian sendi kita. dan proses penumpukan ini akan terus berlangsung selama bertahaun tahun tanpa kita sadari 

Faktor faktor yang menyebabakan timbulnya asam urat adalah sebagi berikut: 

  • Obesitas (kelebihan berat badan)
  • Faktor usia  jenis kelamin: penyakita asam urat ini sering dialami oleh lansia dan berjenis kelamin pria. 
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Contonya otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan lain sebagainya.
  • Minuman yang mengandung Alkohol
  • Mengalami hipertesi dan gula darah (diabetes) 
  • Mengalami permasalahan dengan ginjal sehingga dapat menganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh kita.
  • Memiliki riwayat keturunanan yang menderita asam urat. 
Cara mengobati penyakit asam urat
Adapun cara penanganan asam urat ini dapat dilakukan dengan dua sasaran utama, yaitu meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali dimasa yang akan datang. Bagi anda yang mengalami penyakit asam urat ada dapat mengurangi gejala asam urat yang muncul dengan menggunakan es batu. Yanitu dengan cara menempelkan es batu tersebut pada bagian sendi yang mengalami sakit. Disamping itu anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Setelah anda melakukan kedua cara di atas namaun rasa sakit tersbut juga belum hilang, anda boleh mencoba jenis obat yang lenih tinggi kwaliatsnya seperti colchicine atau corticosteroids.
Jika anda ingin mencegah tinbulnya asam urat kembeli di waktu yang ian, maka jalan yang terbaik yang harus anda lakukan adalah dengan menjalaini pola hidup sehat seperti melakukan aktivitas olaharaga untuk menurunkan berat badan, mengatasi stres, diet sehat, disamping juga anda perlu memperbaiki pola makanan yanti dengan menerapkan pola makan yang sehat dengan cara memperbanyak makanan yang mengandung serat tinggi. 

Cara Mengobati Asam Urat Tradisional dengan Bahan Alami
Disamping mengunakankana jasa doketr dalam mengobatai penyakita asam urat, anda dapat mengobati penyakit asam urat secara alami dengan menggunakan bahan bahan yang alami pula, Adapun cara mengatasi asam urat secara alami adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi makanan bersifat basa
Dalam sebuah buku berjudul “Alkalinize or Die” Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan kita rajin mengonsumsi makanan basa (buah, sayur, biji, dll) maka akan sangat efektif untuk membantu menurunkan asam urat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Asam urat dalam tubuh pada dasarnya diproses melalui ginjal kita, jadi makanan bersifat basa inilah yang akan membantu melarutkan asam urat dan mengeluarkannya melalui kencing

2. Konsumsi jus buah Cerry
Buah cerry memiliki senyawa asam yang cukup pekat. Akan tetapi, anda harus paham jika Kandungan asam ini mampu mengimbangi kadar asam urat yang ada dalam darah dan urine. Dismaaping itu, buah cerry juga bermafaat bagi kita karena kandungan kalium dan nutrisi yang dimilikinya akan dapat menguragi rasa sakit pada sendi. Berdasarkan data riset yang di publikasikan oleh Harvard University, cerry memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi tinggi. Kandungan antioksidan membantu mencegah radikal bebas berbahaya, sedangkan anti-inflamasi mencegah munculnya peradangan.

3. Konsumsi jus lemon
Buah Lemon juga termasuk salah satu buang yang memiliki rasa asam. Namun sifat masam dari buah lemon inilah yang nanatinya dapat anda gunakan untuk mengobati asam urat tinggi. Kandungan asam dalam buah lemon dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat dalam tubuh.

4. Perbanyak konsumsi vitamin C
Obat asam urat tradisional selanjutnya adalah dengan konsumsi vitamin C. Vitamin ini ternyata cukup efektif untuk mengatasi timbulnya peradangan sendi pada sendi. Disamping itu kandungan antioksidan yang terkandung dalam vitamin C juga terbukti mampu meringankan rasa nyeri dan mencegah efek buruk yang ditumbulkan olah radikal radikal bebas.untuk saat ini, sumber vitamin C paling tinggi dipegang oleh jambu. Oleh sebab itu, jangan lewatkan jus jambu secara rutin ketika pagi hari. 

5. Konsumsi cuka madu
Mungkin masih terasa asing ketika kamu membaca ‘cuka madu’. Di negara tertentu seperti salah satunya Arab Saudi, cuka madu disebut juga dengan propolis, biasanya obat asam urat ini banyak dijual oleh para pedagang obat herbal. Cuka madu alias Propolis ini dapat membantu memberikan sifat basa dalam tubuh kita, sangat bermanfaat untuk menetralkan asam urat tinggi dalam tubuh.

6. Perbanyak konsumsi air putih hangat
Penyembuhan asam urat sebenarnya mudah, kamu bisa rutin mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas dalam sehari. Air putih merupakan jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat dalam ginjal. Konsumsilah \air putih dalam konsidi hangat secara rutin setiap hari, ini akan memberikan danpak positif dimana kadar asam urat akan larut didlam tubuh dan dibuang bersama dengan urine 

7. Mengobati  asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar
Cengkeh dan Ubi Jalar ternyatadapat menjadi obat asam urat yang kita alami, dan cara ini ternyata sudah digunakan selamam ribuan tahun oleh nenek moyang kita. manfaat dari kedua buah ini ternyata dapat menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh kita.

Cara mengobati asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar:
Gunakan 5 butir dari cengkeh, dengan 5 butir kapulaga, dan 1 jari dari kayu manis, biji pala 5 gr, 15 gr jahe merah, air 1000 ml, serta 200 gram dari ubi jalar.
Selanjutnya cuci bersih bahan-bahan yang sudah disiapkan. Lalu rebuslah dalam 1000ml air sampai mendidih dan sampai tersisa setengahnya.
Saring air tersebut, kemudian konsumsi selagi masih hangat. Untuk ubi jalarnya, kamu bisa mengonsumsi langsung secara terpisah.

8. Mengobati asam urat dengan daun salam

Kita sudah sangat dekat dengan daun salam karena daun salamsebagai bi=umbu masakah dirumah. Daun ini mampu memberikan aroma masakan yang khas dan lezat. Disamping kegunaanya sebagai bahan masakan, kandungan kalium pada daun salam dapat juga digunakan untuk menurunkan kadar asam urat secara instant.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam:
Ambil 10 lembar daun salam dan 2 gelas air.
Setelah dibersihkan, rebus daun salam tadi dengan 2 gelas air.
Rebuslah rebusan tersebut hingga menyisakan 1 gelas air.
Minumlah air rebusan daun dari salam secara 3 hari dua kali secara rutin. Konsumsilah dengan rentang waktu selama 1 bulan dan ke\mudian lihat perkembangan dari penyakita anda. .

9. Mengobati asam urat daun sosor bebek
Cara mengobati asam urat terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan daun sosor bebek, cengkeh, jahe, dan kawan-kawannya. Ramuan herbal ini sudah dipercaya secara turun temurun karena sangat efektif dalam mengatasi asam urat. Jika anda menkumsusinya secara ritin ramuan ini juga dapat berfungsi untuk menjaga daya tahan kita.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon