Sunday, February 11, 2018

Kelebihan AC Inverter dari AC Low Watt dan AC Standard



Sebagai konsumen listrik setidaknya kita pasti sering mengeluh dengan tingginya pembayaran tagihan listrik setiap akhir bulan ataupun setiap datang waktu untuk mengisi token pulsa bagi pelanggan listrik prabayar. Apalagi bagi konsumen listrik yang menggunakan air conditioner/AC di rumah. Berbicara tentang Air Condtioner rasanya untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan kita karena seiring dengan semankin panasnya suasana cuaaca saat ini. Tidak ada pilihan lain habis mau gimana lagi, karena suhu udara yang panas tidak hanya terjadi di perkotaan akan tetapi juga di pedesaan. Inilah alasanan utama saya berasumsi jika AC sudah menjadi benda wajib di sebagian besar rumah tangga dewasa ini. Beda halnya jika kita tinggal di pegunungan, rasanya jagankan AC kipas angin aja gak perlu.

Kelebihan AC Inverter dari AC Low Watt dan AC Standard
Kelebihan AC Inverter dari AC Low Watt dan AC Standard 

Jadi untuk mengatasi tingginya pemakaian konsumsi listrik dari AC, sebelum membelinya kita harus cermati dulu dengan bijak karena sekarang ini ada banyak berbagai pabrikan Air Conditionermulai mengaplikasikan berbagai jenis tehnologi untuk membuat oenggunaan listrik lebih efesien seperti salah satunya adalah teknologi inverter pada perangkat AC, salah satunya yang dilakukan LG Electronics. Product Marketing Head Resedential AC PT LG Electronics Indonesia. Menurut Arief Sasono Aji seperti yang saya lansir dari Beritasatu.com mengatakan, teknologi inverter bisa membuat pengoperasian lebih hemat listrik, namun tetap cepat dalam proses pendinginan.

Berbeda dengan AC low wattage yang juga banyak dipasarkan oleh pabrikan AC, di mana AC tersebut fokus pada pembatasan besaran daya listrik yang diwakili dengan rendahnya watt. Namun, dikatakan Arief, cara kerja AC jenis ini membutuhkan waktu tiga kali lebih lama dalam proses pendinginan untuk mencapai suhu yang diinginkan. Pada AC non inverter, kompresor akan terus bekerja sampai mencapai derajat kesejukan yang diinginkan pengguna tercapai sebagaimana yang diatur di romote control. Ketika derajat kesujukan tersebut tercapai, maka kompresor akan otomatis berhenti bekerja untuk sementara waktu dan kompresor ini akan menyala kembali pada saat terjadinya kenaikan suhu hingga beberapa derajat tertentu dari derajat kesejukan yang telah dicapai tadi. Ketika Kompresor menyala dan mati kembali secara otomatis yang terus terjadi secara berulang sepanjang pemakaian Air Conditioner inilah yang menjadi penyebab tingginya daya listrik yang diperlukan, karena pemakaian energi listrik akan tinggi ketika terjadi tarikan awal setiap terjadinya pengulangan kerja kompresor tersebut. 
Beda halnya dengan teknologi inverter dimana pemakaian arus listrik dapat lebih hemat karena pada saat suhu ruang mencapai keinginan pengguna seperti yang mereka atur di romete control, dan kompresor yang terdapat pada pada AC inverter ini terus akati bekerja secara terus menerus menerus dengan tetap menyesuaikan laju pergerakannya untuk mempertahankan suhu ruang yang telah dicapai. Dengan tidak mati dan menyala kembali compresor AC inverter ini, membuat kebutuhan total daya listrik sepanjang pengoperasian menjadi lebih rendah dan efisien. Jadi selain hemat listrik, teknologi ini juga lebih memberikan kenyamanan kepada penggunanya.disamping itu, tehnologi AC Inverter merupakan inovasi AC yang lebih smart. AC inverter di lengkapi dengan komponen yang mengatur kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Pada AC (Air Conditioner) Inverter, teknologi inverter yang di gunakan berfungsi untuk mengontrol kecepatan motor kompresor dalam mendorong aliran refrigerant variabledalam system AC guna mengatur suhu ruangan supaya lebih stabil. Selain itu, AC Inverter juga di lengkapi dengan variable frequancy menggabungkan inverter listrik yang dapat di sesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga dapat menghemat daya listrik. Teknologi inverter terintegrasi pada unit outdoor, itu karena kecepatan motornya mampu di kontrol secara halus di berbagi tingkat. AC Inverter mempergunakan jenis freon R410a, selain di anggap rama lingkungan, ternyata juga friendly ozone atau tidak mudah merusak lapisan ozone.

Sayangnya penggunaan AC dengan teknologi inverter di Indonesia masih sangat rendah, angkanya sekitar 4 persen. Arief mengatakan salah satu penyebabnya karena ketidaktahuan masyarakat tentang teknologi tersebut. Orang cenderung lebih pilih AC yang low wattage karena hematnya kelihatan di depan. Mereka tidak tahu kalau AC low wattage itu proses pendinginanya lama dibandingkan AC inverter. Sebagai alasan lain penyebab kurangnya pemakain AC inverter ini adalah karena harga AC inverter juga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan AC standard dan Ac lowatt .

Untuk semakin mempopulerkan penggunaan AC inverter, LG juga sudah menyiapkan seri AC terbarunya yang bisa menjadi solusi masih rendahnya penggunaan AC inverter, yaitu AC LG Dual Cool Series. Terobosanya adalah dengan menyediakan berbagai kapasitas mulai dari 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 1 1/2 PK, hingga 2 PK, jadi tidak hanya untuk ruangan berkapasitas besar saja. Harganya mulai Rp 2,8 juta sampai Rp 5,8 juta. Disamping itu, Keberadaan AC LG Dual Cool Series juga menjadi jawaban dari keluarga Indonesia yang menginginka AC inverter yang lebih hemat listrik, dan tersedi dalam berbagai kapsitas ruang dalam rumahnya pengguna. Oleh karena itu, harga AC inverter mempunyai harga yang agak lebih mahal di bandingkan dengan AC konvensional atau AC non inverter.

Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

Kelebihan AC Inverter
 Dingin lebih nyaman.
 Hemat listrik.
 Sudah menggunakan freon R410a yang friendly ozone dan termasuk jenis freon yang di rekomendasikan pemerintah untuk saat ini.
 Suara kompresor lebih halus, sehingga rama lingkungan.

Kekurangan AC Inverter
 Harganya lebih mahal.
 Biaya perawatan mahal.
 Tidak ada proses idle atau stunby sehingga kompresor bekerja terus, tapi mungkin akan berputar lebih lambat apabila sudah mencapai suhu yang di tentukan.
 Harga sparepart dan freon mahal.

Cukup sekian artikel tentang gambaran  Kelebihan AC Inverter  semoga dapat membantu dan refrensi buat Anda yang ingin membeli atau ingin berganti AC Inverter.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon