Tuesday, December 12, 2017

Panduan Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Siswa



Dewasa ini, Pemanfaatan media Jaringan online dalam melakukan proses pembelajaran sudah menjadi sebuah tuntutan dalam dunia pendidikan. Penyebabnya karena dengan munculnya berbagai media tehnologi yang sudah semankin canggih dan menantang para pendididik untuk terus melakukan pemahaman tentang berbagai meida tersebut sehingga dapat digunakan pemanfaatanya dalam pembelajaran di kelas. Kelas virtual alias kelas Edmodo merupakan Salah satu kelebihan yang sangat kentara disrasakan oleh guru ketika menggunakan kelas virtual tersebut sebagai media tehnologi dalam melakukan proses pembelalaran di dalam kelas. Kelas Edmodo ini memberikan kemudahan bagi pendidik dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik disamping juga para peserta didik menjadi senang dan termotivasi untuk terlibat dalam kelas virtual tersebut. 

Panduan Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Siswa
Panduan Cara Membuat Akun Edmodo Untuk Siswa 

Pada kupasan lalu, penulis sudah memberikan gambaran tentang cara membuat akun Edmodo bagi para pendidik (guru), disini dalam kupasan kali ini penulis ingin menyajikan tahapan tahapan untuk membuat akun Edmodo bagi peserta didik (siswa). 

Adapun tahapan tahapan membuat akun edmodo untuk siswa adalah sbb:

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka situs edmodo silahkan klik edmodo, jika anda telah berhasil masuk ke situsnya maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik pada I’am a Student. Satu hal yang harus diingat anda memilih Menu ini karena kita akan membuat akun Edmodo sebagai siswa (peserta didik). 


Dibawah ini merupakan halaman formulir pendaftaran edmodo sebagai siswa, ingat isi kolom kolom tsb sesuai dengan identitas anda! Karena nantinya data data dari formulir ini akan digunakan sebagai identitas anda di edmodo dan jangan diisi secara asal ya khususnya pada kolom first name, last name, group code dan password. Untuk lebih jelasnya lihatalah tahapan tahapannya sebagi berikut:

First Name : sebaiknya diisi dengan menggunakan nama awal anda, jangan lupa jika kolom ini harus diisin sesuai identitas asli anda karena nantinya first name inilah yang akan menjadi identitas anda di akun edmodo yang akan anda miliki nantinya.

Last Name : sama halnya dengan kolom first name, dimana anda hanya perlu mengisi nama nama belakang dari nama anda.

Group Code : Group Code merupakan kode dri grup kelas yang akan anda gabung, untuk itu mintalah terlebih dahulu kode grup ini kepada guru yang membuka kelas Edmodo (yang meminta anda bergabung di kelasnya). Sebaiknya sebelum anda mendaftar edmodo sebagai siswa anda minta terlebihdahulu kode kelas tersebut karena jika anda tidak memiliko kode tersebut maka anda tidak akan dapat bergabung pada kelas yang di anjurkan oleh guru anda tersebut. .

Email : kolom ini merupakan kolom pilihan. Pada nagian ini anda akan diberikan pilihan untuk memasukan email anda atau tidak, namun sebaiknya anda memasukkan saja email anda disini. Ini akan bermanfaat bagi anda apabila suatu saat anda lupa password yang anda gunakan pada akun edmodo maka anda dapat melukan reset password akun edmodo anda dengan menggunakan email ini sebagai konfirmasinya. 

Username : bagian ini anda tidak perlu mengisinya sesuai dengan nama anda karena nantinya username ini hanya akan menjadi ID anda pada saat login dan tidak akan menjadi identitas utama anda di edmodo, perlu diperhatikan ketikan anda mengisi kolom ini pastikan dibawah kolomnya telah muncul tulisan warna hijau username available jika tidak malah yang muncul warna merah maka anda perlu menggantinya atau setidaknya ditambahkan dengan angka karena hal tersebut berarti sudah ada pengguna lain yang menggunakan username itu.

Password : Disini anda diharuskan mengisi password untuk login ke akun edmodo anda sebagai siswa, untuk itu masukanlah password atau kata sandi yang memudahkan anda dalam mengingatnya, jangan mengunakan kata kunci yang asal asalan dan jangan sampai lupa karena jika lupa anda tidak akan dapat login ke akun edmodo anda kecuali jika anda telah memasukan email sebelumnya pada saat pendaftaran maka anda dapat mereset kata sandi dengan menggunakan email tersebut.

Setelah anda memastikan bahwa semua kolom kolom telah terisi dengan baik dan benar, maka yang menjadi tahapan berikutnya adalah anda hanya perlu untuk mengklik pada signup for free yang berada pada bagian bawah formulir maka setelah itu proses pembuatan akun akan segera dimulai jika terjadi kegagalan silahkan cek pada setiap kolom yang anda masuka  pastikan semua kolom telah andna  isi sesuai dengan panduan di atas (benar)

Setelah anda sebagai siswa bergabung dikelas admodo, maka guru dapat menyajikan berbagai materi ajar dan tugasan tugasan (assignment) yang langsung dapat diakses oleh siswa yang menjadi anggota kelas tersebut. Dikelas tersebut, guru tidak hanya dapat memberikan tugasa dan meteri akan tetapi guru juga dapat memberikan sumber sumber bahan ajar lain yang berasal dari berbagai situs yang ada.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon