Sunday, September 17, 2017

Gejala Gejala Awal Penyakit Diabetes

Jenis Penyakit diabetes atau lebih dikenal denga kencing manis merupakan Penyakit yang disebabkan oleh terjadinya kelainan pada sistem hormon insulin. Kelainan ini disebakan oleh berlebihnya kadar glukosa di dalam darah kita. seperti yang banyak di kenali masyarakat indonesia, penyakit diabetes ini dikatagorikan dalam dua jenis yaitu diabetes jenis tipe 1 dan jenis tipe 2. Walaupun kedua jenis ini masih berhubungan dengan gula darah yang berlebihan dalam tubuh, namun ada perbedaan yang sangat jauh dari keudanya. Jenis Diabetes type 1 sangat parah karena merupakan penyakit autoimun, di mana jenis ini mengakibatkan sistem kekebalan tubuh kita menyerang dan menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas. Jenis penyebab penyakit type 1 ini tidak diketahui secara pasti akan tetapi faktor genetik bisa jadi berperan dalam menimbulkan jenis diabetes type 1 ini.

Gejala Gejala Awal Penyakit Diabetes
Gejala Gejala Awal Penyakit Diabetes 

Sedangkan Diabetes tipe 2 ini tubuh kita masih berperan dalam memroduksi insulin, namun insulin yang dihasilakn tidak dalam jumlah cukup untuk tubuh sehingga tubuh kita masih mempunyai kesulitan menggunakan insulin secara efisien. Jenis penyakit diabet tipe 2 ini banyak diderita oleh orang dewasa dalam golongan usia 35 ke atas (35+). Namun Seiring berjalannya waktu penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak hanya terjadi kepada orang tua saja, akan tetapi tipe 2 ini sudah mulai menjangkiti anak muda usia 25 bahkan 20 tahuan ke atas pun sudah banyak yang menderita diabetes tipe 2 ini. Salah satu Penyebab umum dari diabetes tipe 2 adalah karena pola makan yang kurang tepat dan tidak teratur dan disertai jarangnya aktivitas olahraga sehari hari.


Untuk mengetahui Gejala diabetes tipe 2 ini sebaiknya lakukan test gula darah. Namun Jika anda positif mengidap penyakit diabetes, maka sebaiknya segera melakukan pengobatan biasanya diawali dengan upaya minum obat oral, melakukan perubahan pola hidup yang sehata dengan memperbanyak olahraga dan makan teratur (tepat waktu), lakukan diet karbohidrat, perbanyak kmakan buah yang mengadung serat tinggi.

Adapun gejala awal yang umunya dialami oleh orang penderita diabetes adalah sebagai berikut: 

1 |  Mengalami Mati rasa (kebas/kesemutan)
Banyak kasus penderita diabetes bahkan hampir seluruhnya akan mengalami gejala berupa mati rasa. Bagian yang sering merasakan mati rasa tersebut (kebas/kesemutan) adalah pada area tangan, kaki, dan beserta jari-jemari. Pertanda awal mengalami diabetes ini terjadi karena adanya aktifitas peningkatan kadar gula darah yang  membuat serabut saraf mengalami kerusakan ataupun tidak berfungsi secara normal.

2 | terlalu sering buang air kecil
Bagi Penderita diabetes mereka akan sering mengalami peningkatan dorongan ingin buang air kecil (kensing). Namun tidak semua orang yang mengalami sering buang air kencing tersebut dapat dikatagorikan terkena gejala awal diabetes karena bisa jadi rasa ingin selelu buang air kecil timbul karena pengaruh cuaca terutama di musim hujan. Sebaiknya Jika sewaktu-waktu Anda mengalami hal di atas, coba lakukan konsultasikan dengan dokter sedini mungkin agar mendapatkan penjelasan yang tepat apakahn anda mengalami gejala diabetes atau tidak, dan jika memang terkena gelaja tersebut anda bisa mendapatkan perawatan lebih cepat dan tepat.

3 | Turun Berat badan 
Memiliki tubuh yang idea merupakan idaman semua orang terutama bagi mereka yang mengalami obesitas. Akan tetapi, anda perlu juga berhati-hati jika berat berat anda turun drastis secara tidak normal bisa jadi dipicu oleh penyakit diabetes. Pemnyakit diabetes dapat membuat penderita mengalmi turunya bobot berat badan yang diakibatkan oleh karena tubuh penderita tidak mampu menyerap glukosa (sumber energi tubuh) secara normal (benar).

4 | Meningkatnya Nafsu makan 
Jika anda mengalami rasa ingin makan yang tidak normal dari biasanya bisa menjadi tanda lain dari penyakit diabetes. Biasanya Rasa lapar yang kita alami ini tidak bisa dikendalikan, sebab sinyal lapar yang dikirim oleh tubuh ini harus dipenuhi keinginannya agar semua sel menjadi berfungsi dengan baik karena mendapatkan asupan glukosa yang lebih banyak dan memadai.

Namun Rasa lapar yang anda alami tersebut bukan karena sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa dari makanan yang kita konsumsi, akan tetapi sidebabkan karena makanan yang sudah ditelan tidak apat masuk ke dalam sel untuk dipakai dalam proses metabolisme, sehingga timbul lah respon tubuh seperti lapar.

5 | Penglihatan mulai buram
Mengalami Penglihatan buram seringkali menjadi keluhan umum penderita diabetes tipe 2. Penyebab terjadinya Penglihatan menjadi kabur atau buram atau tidak jelas seperti biasanya karena akibat kadar glukosa melonjak naik melebihi dari biasanya. Tingginya kadar glukosa ini merusak pembuluh darah dan membatasi cairan yang masuk ke mata kita. Kondisi ini bisa mengubah bentuk lensa mata kita.

Hal yang bagusnya adalah, gejala ini reversibel (dapat kembali normal) seiring dengan berkurangnya kadar gula darah hingga batas wajar seperti biasa. Akan tetapi, jika kadar gula darah tetap tinggi kelainan pada mata ini bisa berujung pada kebutaan total (permanen).

6 | Masalah kulit
Penderita diabetes akan mengalami disfungsional kelenjar keringat yang diakibatkan oleh tidak lancarnya sirkulasi darah. Sebagai dampknya, membuat kulit menjadi bersisik, terasa gatal, iritasi, dan kering. Gejala yang satu ini cukup sulit dideteksi sebagai diabetes, karena banyak penyebab lain yang membuat kulit bermasalah tersebut. 

7 | Timbul Kelelahan dan cepat emosi
Rasa lelah ini muncul bukan tanpa sebab. Rasa lelah ini disebabkan oleh karena ketidak nyamanan tidurnya bagi penderita diabetes. Mereka Kerap kali bangun bahya untuk berkemih dan minum air di waktu malam, inilah yang banyak menganganggu proses tidur mereka sehingga tidur mereka menjadi tidak berkwalitas. Bahkan pada pagi harinya tubuh mengalami kelelahan yang pada ujungnya banyak menimbulkan emosi.

8 | Rasa haus
Karena seringnya melakukankan buang air kecill, maka penderita diabates akan cepat mengalami kehausanse yang diseabbakan kerana kurangnya cairan dalam tubuh. hingga mengakibatkan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan memberikan respon berupa rasa haus dengan tujuan mengembalikan cairan yang hilang karena sring melakukan buang ait kesil tadi.

9 | Proses pemulihan luka yang lambat
Bagi penderita diabete, mereka akan mengalami perlambatan kecik melakukan proses pemulihan pada luka yang ada.  Proses pemulihan tersebut akan berlangsung lebih lama dari ukuran masa biasa, ini di akibatkan oleh karena banyakanya kadar gula dalam tubuh penderita tersebut. 

10 | Gangguan pada gusi
Dari kejadian-kejadian yang sudah umum terjadi pada penderita diabetes, maka penderita diabetes lebih rentan mengalami kerusakan pada gusi mereka. kejadianya bisa seperti gusi menjadi merah, mengalami pembengkakan pada gusi, dan iritasi. Namun pada sebagian orang ada yang mengalami penyusutan gusi dari gigi dan ini dapat meninmbulkan infeksi gusi.

11 | Infeksi jamur
Kita tahu jika Diabetes memengaruhi sistem kekebalan tubuh penderita pemyakita tersebut. dimana Tubuh akan rentan terhadap serangan berbagai bakteri dan jamur (candida). Jika jumlah jumlah bakteri atau jamur senakin banyak yang masuk ke dalam tubuh sementara sistem imun tidak siap untuk membentengi tubuh. Jika sudah demikian, maka penderita harus sedikit waspada, khususnya bagi wanita adalah mengalami keputihan akibat infeksi jamur.

Sekian Gambaran tentang gejala awal yang umum dia derita oleh para penderita penyakit diabetes semoga bermanfaat bagi pembaca, disamping juga bisa menjadi gambaran dasar pada mereka untuk melakukan pncegahan dini sebelum terjadi penyakit diabetes pada tingkatan yang lebih parah. 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon