Wednesday, August 23, 2017

Mencegah Terjadinyan Mata Lelah Secara Alami.

Cara Alami Mengatasi Mata Lelah. 
Sebagai orang yang memiliki ativitas yang penuh baik di kator atapun ditempat lain dalam setiap harinya, secara otomatis setelah kita telibat dengan dengan berbagai kegiatan terutama yang menggunakan media visual, seringkali kita mengalami rasa berat pada mata kita, dan Itu merupakan sebagai pertanda jika mata kita mengalami kelelahan. Untuk itu istirahatkanlah mata anda sejenak untuk memulihkan kondisi lelah tersebut. Adapun Gejala mata lelah tersebut merupakan akibat buruk dalam jangka pendek dari berbagai aktifitas yang dilakukan baik berupa aktifitas ringan atupun aktifitas berat (kegiatan yang menggunakan organ mata secara berlebihan). Mata lelah ini dapat dialami baik oleh kaum wanita maupun kaum pria baik yang sudah berumur ( tua) ataupun yang masih berunsia muda, kejadian ini disebabkan oleh karena aktifitas yang dilakukan tersebut hanya tertuju pada alat organ penglihatan saja dan sama sekali tidak mengikutsertakan peregangan tubuh disela sela melakukan kegiatan tersebut. 

Mencegah Terjadinyan Mata Lelah Secara Alami.
Mencegah Terjadinyan Mata Lelah Secara Alami 

disamping itu, kejadian mata lelah ini bisa juga disebabkan oleh karena penggunaan media visual yang intens secar terus menerus seperti media komputer, membaca buku ataupun mengemudi secara berlebihan. Kita tahu jika jenis kegitan tersebut merupakan aktifitas yang memerlukan tingkat fokus yang tinggi yang hanya tetumpu pada mata. 
Gejala

1. Mata kering, perih, perih dan gatal
pertanda gejala awal mata lelah dapat ditandai dengan mata yang berair dan terasa pedih, dimana lama kelamaan kondisi ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari hari. Biasanya kebanyakan orang akan mengucek mata mereka ketika mengalami gejala tersebut berkali kali. Tindakan mengucek ini sebenarnya salah karena jika dilakukan secara terus menerus dapat menimbulkan iritasi yang pada akhirnya akan dapat mempengaruhi kualitas penglihatan jarak jauh dimana objek yang diamati akan kelihatan kabur alias buram.

2. Mata terasa berat dan Terasa Berair
jika Mata anda yang terasa berat ketika dibuka itu juga merupakan salah satu pertanda bahwa otot mata anda sedang mengalami kelelahan. Disamping terasa berat juga terkadang meimbulkan air dan dikuti oleh rasa mengantuk yang berat. Anda harus paham jika Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan kita mengalami hilang fokus dan konsentrasinya pada saat menjalani aktivitas tertentu. Jika anda berprofesi sebagai seorang sopir dan mengalami gelajala tersebut, maka sebaiknya segera beristirahat sebentar untuk mengembalikan konsetrasi mata anda sehingga tidak menimbulakan kecelakaan di jalan raya. 

3. Menimbulkan Sakit kepala 
penyebab lain yang dapat terjadi karena mata lelaha adalah timbulnya rasa sakit pada kepala. Sakit ini disebabkan oleh karena mata lelah dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah dalam tubuh yang menuju kepala kita. Saraf saraf bagian mata terhubung langsung pada aliran pembuluh darah kearah kepala. Adapun gejala mata lelah ini paling sering menyebabkan sakit kepala yang terjadi secara berulangkali dan rasa sakit ini dikepala akan sembuh sendiri ketika mata kita sudah diistirahatkan secukupnya.

4. Mata terlihat sayu
sakit kepala terkadang bisa kita alami yang diakibatkan oleh terjadinya mata lelah yang terjadi secara terus menerus selama beberapa hari. Disamping mengakibatkan rasa sakit pada kepala, hal lain yang dapat diakibatkan oleh mata lelah tersebut adalah kelihatan tidak segarnya wajah kita, boleh kita katakan wajah kita kelihatan agak kelihatan sayu dan seperti rupa orang baru bangun tidur. 

5. Pandangan mata kabur
Mata yang lelah dapat menyebabkan pandangan menjadi tidak jelas dalam jarak pandang dekat. Harus perlu diwspadai karena jka ini terus menerus terjadi dapat menyebabkan terjadinya kelainan pada jaringan mata. Anda harus tahu, jika proses untuk mengistirahatkan kondisi mata yang lelah adalah hal yang sangat penting dilakukan supaya mata kita tidak buram ataupun mengalami kabur ketika melihat objek tertentu.

7. Sensitif terhadap cahaya
konsisi mata yang sudah terlalu lelah dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kesensitivitas kornea mata terhadap cahaya yang ada. Kondisi ini menyebabkan dimanan mata akan mengalami kesulitan untuk melihat objek tertentu dengan jelas jika berada dalam ruangan yang memiliki pencahayaan yang tinggi, baik cahaya matahari ataupun cahaya lampu penerangan ruang. 


Penyebab
Sebagaimana yang sudah digambarkan pada awal tulisan ini mengenai sebagian dari penyebab terjadinya mata lelah. Di bawah ini akan dijabarkan kembali penyebab utama yang menyebabkan terjadinya mata lelah satu persatu. Adapun penyebab terjadinya mata lelah karena aktivitas berikut ini:

  • Mengemudi, dan membaca, dimanan aktifitas ini memerlukan tingkat fokus penglihatan yang tinggi.
  • Terkena cahaya yang terlalu terang atau silau terlalu sering, ini akan menyebabkan terasa otot mata anda menegang (kaku).
  • Membaca atapun melihat dalam ruangan yang tidak memiliki cukup cahaya
  • Kondisi udara yang sangat kering atau dingin, konisis ruangan seperti ini juga dapat mengakibatkan mata lelah.

Pengobatan/Pencegahan
Untuk melakukan pencegahan ataupun penanganan yang alami supaya kita terhindar dari mata lelah adalah :

1. Kedipkan mata anda sebanyak sepuluh kali setiap setengah jam sekali ketika melakukan ativitas yang berhubungan dengan medai visual seperti komputer, membaca dan menonton. Dengan melakukan kedipan mata sebanyak sepuluh kali mata air mata kita akan mendinginkan bola mata yang agak panas, disamping juga menghindari ketegangan otot mata kita karena melakukan proses gerakan mengedipkan mata tersebut. 

2. Jangan menggunakan handphone anda didalam ruangan yang gelap, karena mata anda akan mengalami cepat kaku karena terlalau fokus pada objek handphone sementara ruang disekitar anda gelap. 

3. Cuci mata anda dengan air bersih. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan dalam bak air atapun wadah penampungan air yang cukup ukuran dengan kepala kita. karena kita harus memasukkan muka kita kedalam air tersebut kemudian buka kedua mata kita dan gerak-gerakkan mata ke kiri dan ke kanan. Lakukan semampu anda sanggup menahan nafasa dalam air. Cara ini sangat efektif mengurangi mata lelah karena air akan masuk kedalam stiap rongga rongga mata sehingga mampu medinginkan bola mata kita menjadi dingin dan segar. ini sebaiknya dilakukan setelah anda melakukan aktifitas yang lama di depan komputer. 

Sekian saja gambaran singkat mengenai kita/usaha yang dilakukan secara alami untuk mengurangi kelahan pada mata sehingga terhndari kita dari mengunakan kaca mata yang disebakan oleh karena pengaruh aktivitas kita dengan media visual. 
Sekian dan terimakasih. 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon