Tuesday, August 1, 2017

Cara Memasang Iklan Di Tengah Postingan Artikel

Tags
Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Tengah Postingan Artikel
Memiliki sebuah blog yang dihiasi dengan iklan Google Adsense nampaknya masih sangat banyak diminati oleh para blogger yang masih memburu untuk memiliki akun Google Adsense, rasanya jika kita memiliki sebuah blog yang kita kelola tanpa dihiasi oleh iklan iklan terasa sangat kalah saing dengan blog orang lain yang sudah duluan memiliki akun Google adsense. Disamping itu sangat lumrah sekali jika kepercayaan para pengujung tehadap blog yang tidak memliki iklan Google Adsense rasanya agak kurang jika dibandingkan dengan blog yang telah terhias dengan tampilan iklan iklan dari Google Adsense.

Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Postingan Artikel
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Postingan Artikel

Iklan biasanyan ditempatkan oleh blogger pada berbagai tempat seperti di sidebar baik kiri ataupun kanan, dan ada juga yang menempatkan iklan di awal dan diakhir pada sebuah postingan artikel. Dan ada juga yang menempatkanya di tengah postingan artikel. Namun harus dingat bahwa posisi iklan yang kita tempatkan pada sebuah blog juga ikut mempengaruhi banyak atau sedikitnya jumlah klik yang kita peroleh dari pengunjung blog kita. Disamping itu posisi iklan pada sebuah blog rupanya juga ikut mempengaruhi besar kecilnya bayaran klik yang kita peroleh dari Google Adsense. Untuk itu maka pandai pandailah menempatkan posisi iklan yang kita tampilkan pada sebuah blog yang kita kelola terutama pada posisi posisi yang strategis yang mendatangkan banyak pendapatan kepada kita. Namun harus dipahami salah satu posisi yang strategis menempatkan iklan adalah pada posisi yang memang bisa meningkatkan menarik perhatian pembaca (visitor) pada blog. Kita tahu jika kebanyakan pengunjung blog secara otomatis akan terfokus perhatian mereka pada isi artikel yang kita sajikan, sehingga mereka tidak akan fokus kepada iklan yang kita sediakan, maka untuk itu tempatkanlah sebuah unit iklan pada posisi ditengah artikel ataupun di akhir artikel postingan karena ketika pengunjung kita terfokus pada isi artikel yang kita sajikan maka secara otomatis perhatian mereka juga akan terfokus pada isi iklan yang tayang ditengah ataupun di akhir postingan artkel yang disajikan tersebut,  sehingga peluang untuk mendapatkan klik akan sedikit meningkat dari biasanya. Memang selain menempatkan iklan di awal dan akhir sebuah postingan masih ada tempat lain yang bisa menarik minat pengunjung seperti di header, dibawah judul artikel dan di sidebar kiri atau kanan, namun posisi yang paling tinggi menarik minat pembaca adalah di tengah dan di akhir postingan ini bedasarkan pengalaman saya sendiri dimana jumlah klik dari kedua posisi diatas adalah yang tebanyak dibandingkan dengan jumlah klik pada posisi lain.

Untuk menempatkan iklan pada posisis bagian tengah artikel sebenarnya bukanlah perkara yang sulit terutama bagi mereka yang sudah sangat paham tentang cara menempatkan iklan pada posisi yang mereka inginkan. Disisni saya akan menjelaskan bagiamana cara menempatkan iklan dalam sebuah postingan artikel (ditengah artikel) bagi para blogger yang baru saja terjun di dunia blog.

(Baca Cara Membuat Iklan tautan Adsense /Adsense Link)
(Baca Cara Memasang Kode Adsense For Search Pada Blog)

Adapun cara menempatkan iklan di tengah postingan artikel adalah sebagai berikut:
1. Silahkan masuk dulu ke akun Google Adsense anda kemudian pilih kode iklan yang anda inginkan namun harus di ingat jika ukuran iklan tersebut harus sesuai, biasanya banyak orang mengunakan jenis iklan yang berukuran 336x280, namun semuanya tergantung selera anda. Ambil kode tersebut dan jangan lupa di parse terlebih dahulu dan di simpan di notepad.
2. Login ke dashboard blog anda lalu pilih tema dan edit HTML
3. Temukan kode <data:post.body/> biar lebih memudahkan melakukan pencarian kode tersebut gunakan kontrol F
4. Ganti Kode tersebut (<data:post.body/> ) dengan kode berikut ini

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
<!-- Kode Banner/Iklan Anda Di sini -->
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

5. Kemudian Tempatkan Iklan yang telah anda pilih tadi di setelah anda parse terlebih dahulu.
6. Setalah anda melakukan semua tahapan di atas jangan lupa disimpan HTML yang telah di edit tadi. Kemudian lakukan preview halaman postingan anda dan lihat hasilnya.  Untuk posisi iklan apakah ditengan disamping kiri dan disamping kanan anda hanya tinggal mengedit kode scripts di atas (</center>) sesuai dengan posisi yang anda inginkan. 

Setelah melakukan semua tahapan diatas maka jangan lupa pada saat anda melakukan preview postingan ataupun view postingan untuk mengamati kembali isi artikel anda apakah ada terjadi pengulangan pengalan artikel yang disebabkan oleh penempatan iklan tersebut, ini perlu anda lakukan bila perlu baca semua isi artikel yang anda tampilakan (view) untuk memastikan jika tidak ada terjadinya pengulangan isi artikel anda. Mengapa saya meminta anda melakukan pengecekan isi artikel, karena saya pernaha menerapkan kode untuk menempatkan iklan di tengah postingan artikel yang menyebabkan isi postingan artikel saya mengalami pengulangan terutama pada bagian tengah artikel, hal ini sangat menganggu pengunjung blog anda karena harus mengulangi membaca bagian yang sudah mereka baca sebelumnya, hal ini mungkin disebabkan karena template yang saya gunakan mungkin tidak mendukung kode tersebut. Dengan kejadian tersebut akhirnya saya memutuskan menggunakan kode lain yang cocok dengan template saya sehingga akhirnya saya menemukan kode ini yang tidak memberikan efek yang negatif terhadap isi artikel yang saya posting.

Sekian kupasan singkat tentang cara menempatkan iklan ditengah postingan artikel supaya bermanfaat bagi yang sedang mencari cara menempatkan iklan Google Adsense di tengah postngan artikel, selamat mencoba semoga berhasil, sekian dan terimakasih.  

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon