Tuesday, July 18, 2017

Mengurangi Kadar Kalestrol Secara Alami

Kelestrol merupakan salah satu satu jenis kandungan yang dihasilkan dari lemak dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada kita. dewasa ini banyak sekali kelebihan kalestrol yang diderita oleh sebagian besar orang di indonesia, kelabihan kalestrol dalam tubuh ini disebabkan oleh karena pola hidup yang kurang sehat baik dari aktifitas oleh raga dan pola makan yang tidak baik. 
Mengurangi Kadar Kalestrol Secara Alami
Mengurangi Kadar Kalestrol Secara Alami
Bagi sebagian orang, kolesterol merupakan sebuah momok yang harus dhindari oleh kebanyakan orang.  Sebenarnya Kolestrol merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan oleh hati,disamping juga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Sebanarnya tidak semua jenis kalestrol itu mengadung akibat buruk bagi tubuh tetapi ada juga jenis kalestrol yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh kita. Ditinjau dari manfaat dan bahaya yang terkandung pada Kolesterol, maka kalestrol dapat di katagorikan dalam dua katagori yaitu:

•Kalestrol LDL (low density lipoprotein) yang disebut sebagai kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari,
•Kalestrol HDL : high density lipoprotein yang mencegah kolesterol  jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

Jenis Kolesterol LDL atapun dikenal dengan kalestrol jahat merupakan penyebab salah satu pemicu terjadinya aterosklerosis. aterosklerosis merupakan jenis peritiwa terjadinya pengapuran dan pengerasan dinding pada pembuluh darah dalam tubuh kita. peritiswa terjadinya pengerasan pada pembuluh darah ini akan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah, karena kejadian ini menyebabkan aliran darah dalam tubuh kita menjadi lamabat (tidak lancar). Kejadian ini lama kelamaan dapat menyebakan terjadinya penyakit jantung koroner. 
Fungsi Kolesterol
Disamping bahaya yang dikandung oleh kalestrol ternyata kalestrol juga dibutuhkan oleh tubuh kita karena kalestrol berfungsi untuk untuk membangun dinding sel dan membuat hormon yang dibutuhkan tubuh. perlu juga dipahami jika Kolesterol tersebut juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D yang di butuhkan oleh tubuh kita. Namun harus diingat jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalestrol secara berlebihan dan perlu dikontrol secara baik (konsumsi kalerstrol secara normal). 

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan HDL
Penderita sebaiknya menjaga agar HDL tetap tinggi, karena berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Adapun jenis makan yang dapat meningkatkan jenis HDL adalah sebagi berikut:

1. Oatmeal/ Bubur gandum. Adapaun jenis kandungan yang terkandung pada Gandum/Oatmeal yaitu berupa serata tinggi dimana serat ini bisa mengurangi jumlah kolestrol jahat yang ada dalam tubuh kita. disamping itu, jenis makanan yang mengandung serat tinggi erat tinggi juga dapat diperoleh  pada kacang merah, pisang, apel, buah pir dan buah prune. Fungsi dari serat ini adalah untuk mengurangi proses penyerapan kolesterol dalam aliran darah kita sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan pada sel darah.
2. Yoghurt. Siapa yang tidak kenal dengan jenis ini, rasanya sebagain orang sudah sangat familiar dengan jenis ini. Kita tahu jika yoghut merupakan Makanan yang  bebas lemak, dan mengandung protein tinggi, kalsium, mikroorganisme (Lactoballius sp) dimanan fungsi dari kandungan tersebut mampu menbatu tubuh kita untuk menurunkan kadar kalestrol yang berlebihan.
3. Coklat. Kita tahu sekarang banyak sekali jenis makanan dan minimunan yang mengadung coklat baik untuk camilan, ataupun untuk makanan pada acara-acar tertentu. Coklat mengandung senyawa antioksidan serta flavonoid yang sangat nermanfaat bagi tubuh baik untuk menangkal radikal bebas dan juga untuk menurunkan kolesterol, disamping itu Coklat juga dapat menurukan rasa strees yang kita alami sehari-hari..
4. Kacang kacangan. Memakan kacang-kacangan memiliki kadungan serat yang tinggi dan sangat memanatu proses pencernaan tubuh sehingga kadar kalestrol jahat akan ikut terbuang melalui sistem pencernaan tersebut


Batas Ukuran Kolesterol Normal
Kita tahu bahwa kalestrol juga dubuthkan oleh tubuh kita, tetapi ada ukurannya, jadi sebaiknya periksalah ukuran kalestrol kita secara berkala supaya kita terhindar dari berbagai penyakit yang di akibatkan oleh kelebihan kadungan kalestrol tubuh. Disamping itu ini juga akan menjadi catatan kesehatan pribadi (kesahatan pribadi record). Adapun jumlah ukuran normal kalestrol dalam tubuh kita adalah <200 mg/dl untuk kolesterol  total, <100 mg/dl untuk kolesterol jahat (LDL, jenis yang dapat menyumbat arteri) dan  kadar  >50 mg/dl untuk kadar baik (HDL- jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah).

Cara mengurangi Kalestrol Secara Alami
Disini saya akan memaparkan cara yang alami mengurangi kalestrol dalam tubuh, adapun bahan bahan yang diperlukan adalah:

1. Minyak Tanah satu liter
2. Garam dapur satu bungkus
3. Es batu dua bungkus

Cara Mengunakannya
1. Masukkan satu liter minyak tanah kedalah sebuah wadah (bejana) 
2. Kemudian masukkan dua bungkus garam dapur
3. Terakhir hancurkan dua bungkus es batu lalu masukkan kedalam bejana
4. Dalam posisi duduk, masukkan kedua kaki kedalam bejana tadi (lihat Gambar di atas), lalu rendamkan kaki kita kedalam bejana tersebut semampu anda mampu menahan rasa sakitnya. Diulang terus sampai empat kali setiap hari selama tiga hari, coba anda rasakan perubahan yang anda alami dari setiap anda melakukan perendaman tersebut. jika ada perubahan maka lakukan proses perendaman tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekian deskripsi singkat mengenai cara menguangi kadar kalerstrol secara alami semoga ada manfaatnya bagi pembaca sekalian.


2 komentar

Nice Artikelnya.. ijin share dan jangan lupa kunjungan baliknya... http://umpanessence.com

Terimakasih atas kunjungannya, boleh share saja

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon