Monday, July 10, 2017

Jenis Amalan Yang Dapat Menghapus Dosa

Berbicara masalah dosa, sepertinya sangat tidak asing lagi bagi kita semua terutama bagi kita yang beragama islam karena dapat dipastikan selaku manusia yang lemah rasanya tidak ada seorangpun yang tidak luput dari perbuatan dosa baik dosa besar atupun dosa kecil. Dalam agama islam, dosa itu dapat dikatagorikan dalam dua katagori yaitu dosa besar dan dosa kecil. Kalau dari sifat dosa kita dapat juga golongkan dalam 2 bagian yaitu dosa dengan yang berkaitan dengan Allah Swt, dan dosa yang berkaitan dengan sesama hamba Allah swt.
Jenis Amalan Yang Dapat Menghapus Dosa
Jenis Amalan Yang Dapat Menghapus Dosa
Islam sebagai agama yang rahmatanlil’alamin sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan amal kebajikan dan terhindar dari pekerjaan-pekerjaan yang berdosa, seperti yang saya katakan tadi jika kita selaku manuisa tidak mungkin tanpa salah dan dosa maka untuk itu kita dianjurkan untuk bertobat supaya dapat menghapus dosa yang pernah kita lakukan sebelumnya, dengan tujuan supaya kita selamat di dunia dan di akhirat kelak nantinya. Sebenarnya selain dengan melakukan taubat masih ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk dapat menghapus dosa kita. Namun harus diingat jika dosa tersebut bukan dosa yang berkaitan dengan manusia tetapi dosa yang hanya berkaiatan dengan Allah Swt dan di golongkan dalam katagori dosa kecil bukan dosa besar.
Adapun jenis amalan yang dapat kita lakukan supaya dapat mengahpus dosa kecil adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Amalan Sunat
Amalan sunat yang saya jabarkan disini adalah dengan memperbanyak melakukan perkara syariat yang bersifat sunnat seperti
a. Mengerjakan shalat sunat 
Kita tahu jika ada banyak sekali jenis shalat sunat yang sangat bermanfaat untuk kita lakukan diantaranya shalat sunat rawatib (shalat sunat sesudah dan sebelum melakukan shalat fardhu). Shalat zhuha yaitu salahat yang dilakukan di pagi hari. Shalat lail (malam) seperti shalat tahajud dan lainya. Shalat sunat tahyatul mesjid yaitu shalat sunat yang dikerjakan pada saat masuk mesjid dan dilakukan sebelum duduk)

b. Melakukan zikir dan Berisitighfar
Kata zikir sepertinya tidak asing lagi bagi sebagian besar umat islam karena sering dilakukan setelah mengerjakan shalat fardhu. Sebenarnya zikir ini sangat baik seadainya kita melakukannya dimana dan kapan saja ketika ada waktu segang/luang, karena zikir itu dapat dilakukan cukup hanya di dalam hati saja dan kita bisa melkukannya dalam melakukan aktifitas sehari-hari. 
stighfar adalah memohon ampun kepada Allah Swt dengan kalimat "Astaghfirullahal'adzim" atau kalimat lain yang semakna.

"Beristighfarlah kamu kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun..." (QS. Nuh:10).

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat." (QS.Hud : 3).

"Barangsiapa beristighfar secara rutin, pasti Allah memberinya jalan keluar dalam kesempitan dan memberi rezeki yang tiada terhingga padanya." (HR. Abu Daud).

c. Membaca ayat-ayat al-quran
Membaca ayat Al-quran memang salah satu amalan yang sangat bagus, karena bagi siapun yang mencintai Al-quran dan hidupnya lebih mengedepankan Al-qur’an maka otomatis dia akan terpelihara dari pekerjaan mungkar. 

2. Melakukan Amal Kebajikan
Melakukan amalan kebajikan ternyata tanpa kita sadari hal tersebut juga mendapat keampunan dosa yang lalu yang dilakukan, adapun jenis amalan kebajikan ini sebenarnya banyak sekali, yang jelas jenis amalan ini merupakan suatu pekerjaan yang dapat membawa manfaat bagi orang lain. Disini saya akan memberikan beberapa jenis malan kenajikan yaitu seperti memindahkan duri di jalanan, membersihkan selokan yang tersumbat supaya air tidak menggenangi halaman orang, menolong orang yang sedang memerlukan bantuan (meringankan beban orang lain) dan lain lain sebaginya

3. Melakukan Amalan Sedekah
Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang sangat terpuji karena dengan bersedekah kita dapat membantu kehidupan orang lain baik pakir miskin ataupun anak yatim. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah karena banyak sekali manfaat yang terdapat dalam amalan sedekah, bahkan sedekah itu merupakan tabungan kita untuk di akhirat kelak. Namun sebagain kita sangat berat melakukan jenis amalan ini karena sebagian menganggap jika sedekah itu hanya untuk orang-orang yang sudah mampu alias orang kaya saja. Padahal amalan sedekah ini boleh dilakukan oleh siapa saja, dan jangan takut jika dengan bersedekah akan mengakibatkan harta kita berkurang karena yakinlah jika dengan bersedekah itu insyallah rezeki kita semakin dilipat gandakan oleh Allah Swt, karena sedekah itu adalah pangkal harta. Mari kita galakkan hidup gemar bersedekah supaya kita bisa mendapatkan berbagai kemudahan yang ada dibalik amalan sedekah ini. Dibawah ini adalah sandaran dasar diman sedekah itu dapat mengampuni dosa kita seperti dalam hadist nabi dan dalam firman Allah Swt berikut ini
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api" (HR. Tirmidzi).

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

4. Melakukan Puasa Sunat
Puasa merupakan jenis amalan yang banyak sekali mebawa keuntungan baik untuk  amalan kita atupun juga untuk kesehatan bagi tubuh kita. salah satu manfaat besar di balik amalan puasa ini bagi tubuh kita adalah kurangnya kadar kalestrol dan lemak didalam tubuh sehingga jantung dan ginjal kita semangkin sehat karena aliran darah kita bersih dari kandungan kandungan yang berbahaya bagi tubuh.  disamping puasa wajib ramadhan ada banyak sekali amalan puasa sunat yang dapat kita kerjakan seperti puasa senin dan kamis, puasa bulan sya’ban, puasa bulan ra’jab, puasa enam (puasa enam hari di bulan syawal) dan lain sebaginya.

5. Sabar Dalam Menghadap Musibah
Sabar yang dimaksudkan disini adalah selalu menerima segala cobaan dan penderitaan yang diberikan Allah Swt, seperti misalnya sakit, musibah bencana alam dan lain sebagianya. Sebagai orang islam yang beriman kita harus yakin bahwa segala macam ujian yang Allah Swt berikan kepada kita adalah merupakan jalan yang Allah Swt untuk mendatangkan kebahagian, karena sesungguhnya Allah Swt tidak akan memberikan ujian dan cobaan Nya diluar kesanggupan kita. jangan dengan diberikan sedikit cobaan terkadang kita sudah mengeluh bahkan menyalahkan nasib yang Akkah Swt tetapkan kepada kita, yakinlah kesabaran yang kita terima atas segala cobaanya Alla Swt itu merupakan salah satu cara supaya kita terampuni dosa kita. seperti hadis nabi berikut ini
“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman, “Sesunguhnya apabila Aku menguji seorang hamba-Ku yang mukmin, lalu ia memuji-Ku atas ujian yang Aku timpakan kepada-Nya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya (dalam keadaan) bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya.“(HR. Ahmad).

Inilah jenis-jenis amalan yang bila dilakukan akan dapat meluburkan/menghapus dosa kita. namun harus di ingat jika dosa yang terhapus yetsebut adalah dosa kecil yang berkaitan langsung dengan Allah Swt bukan jenis dosa besar dan bukan dosa yang berakaiatan dengan orang lain. adapun cara menhapus dosa yang berkaitan dengan orang lain ternyata sangat mudah hanya cukup dengan menemui orang tersebut dan meminta kemaafanya. Namun lain halnya dengan dosa besar yang behubungan dengan Allah Swt maka jalan satu-satunya untuk mendapatkan keampunan adalah dengan melakukan tobat nasuha. Sekian semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.   

1 komentar so far

artikelnya sangat menarik kawan.. http://aromaessen.com

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon