Tuesday, July 25, 2017

Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog

Tags
Memiliki laman utama (front Page) postingan yang menarik dan memiliki jumlah daftar postingan yang ideal memang merupakan kiat yang harus di ketahui oleh para blogger. Sebenarnya daftar jumlah postingan yang ingin kita tampilkan pada halaman utama sebuah blog itu bisa kita atur sendiri sesuai dengan kebutuhan kita pemilik blog tersebut. Desain halaman depan (front page) sebuah blog bisa menjadi titik fokus utama para pengunjung ketika berkunjung ke blog yang kita kelola, jadi sebagai salah satu cara supaya pengunjung tertarik pada kunjungan pertamanya dan akan kembali lagi untuk kunjungan berikutnya juga akan sedikit berpengaruh dengan tampilan halaman utama/front page sebuah blog. 

Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog
Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog
Mengapa saya berasumsi demikian, karena dengan semakin rapi front page sebuah blog kita maka akan semakin indah blog tersebut dimata pengunjung dan pengelolanya kelihatan sedikit professional dimata pengunjung. Atas asumsi tersebut, untuk itu tidak salahnya jika kita sebagai pemilik blog tersebut mengatur jumlah postingan di halaman utama yang sesuai dengan template yang kita gunakan, apalagi jika blog tersebut menggunakan iklan dari Google adsense sehingga tidak over lap ataupun terlalu pendek pada daftar list postingan dan kelihatan akan kurang rapi di mata pengujung blog kita.  

Pada kesempatan pembahasan kali ini, saya akan membahas tetang pengaturan jumlah daftar postingan yang tampil pada Halaman utama blog kita (front page/berandan). Mengapa hal itu penting, karena jika kita menggunakan jumlah daftar postingan yang berlebihan pada halaman utama blog akan berpengaruh dengan lambatnya loading sebuah blog disamping juga seperti say utarakan di atas akan berdapak negatif kepada pengunjung, rasanya sia-sia kita membangun sebiah blog dengan susah payah namun tidak memberikan kesan yang menarik kepada pengguna (visitor) blog, jujur saja kita membangun sebuah blog dengan menulis berbagai postingan dengan tujuan supaya blog kita akan dikunjungi oleh banyak pengunjung pada blog yang kita bangun tersebut. 

(Baca Memasang Laman Contact Us dan TOS Pada Blog)

(Baca Cara Submit Sitemap ke Google webmaster)

Adapun Jumlah yang ideal daftar postingan yang kita tampilkan pada halam uatma blog adalah sebaiknya 5 ataupun 6 jumlah daftar postingan saja tergantung dengan tempalte yang kita gunakan, jika jumlah postingan di halaman utama terlalu sedikit misalnya 3 postingan saja juga akan menyebabkan halaman utama tersebut jadi kurang menarik apalagi jika kita sematkan iklan adsense pada slidebar blog tersebut.
Untuk mengatur jumlah yang anda inginkan pada halaman blog anda, anda bisa mengikuti langkah langkah betikiut ini: 

Cara Mengatur jumlah Postingan Di Beranda Blog

1. Terlebih dahulu anda Log in ke blog anda 
2. Kemudian pilih menu layout atau tata letak blog, lihat gambar berikut:

Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog
Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog

3. Kemudian aturlah jumlah daftar postingan  yang ingin anda tampilkan pada blog tersebut sesuai keinginan anda sendiri. lihat gambar berikut:

Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog
Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama Blog

4. Kemudian Klik Save/Simpan.

Mengatur Jumlah Postingan Pada halaman Berikutnya (Next Page)

Jumlah artikel pada halaman beriya merupakan jumlah artikel setelah halaman beranda atau home. Inilah langkah-langkah mengaturnya.

1. Log in ke Blogger. Kemudian masuk ke menu pilih Template -> Edit HTML ->
2. Kemudian, cari kode berikut ini 
var postpenpage
Untuk memudahkan pencarian anda, gunakanlah Ctrl+F 
3. Kemudian rubahlah angka setelah kode 'var postpenpage' tersebut (misal :var postpenpage=20)' dengan jumlah postingan yang anda inginkan 

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama blog (fornt page), semoga ada manfaat buat anda pengunjung sekalian bermanfaat. Silahkan mencoba dan terimaksih atas kunjungannya. 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon