Thursday, April 6, 2017

Cara Memasang Contact Us dan TOS Pada Blog.

Tags
Cara Memasang Contact Us dan TOS Pada Blog.
Memiliki sebuah tampilan menu Terms of Service (TOS) dan Laman Contact Us pada sebuah blog tentu akan memiliki berbagai manfaat tersendiri bagi pengguna blog itu sendiri. 
Cara Memasang Laman Contact Us dan TOS Pada Blog.
Cara Memasang Laman Contact Us dan TOS Pada Blog.
Selain menambah dan memperindah penampilan karena memiliki urutan menu yang lengkap, laman Terms of Service (TOS)  dan Laman Contact Us ini juga memiliki nilai kepercayaan bagi para pengunjung blog kita. Disamping itu juga menunjukkan bahwa blog kita memiliki tingkat nilai kepercayaan yang tinggi, dan satu lagi jenis manfaat tadi adalah salah satunya laman Terms of Service (TOS) juga menjadi salah satu syarat yang harus dilengkapi oleh seorang blogger yang ingin memonetize blognya ke Google Adsense (untuk menjadi publisher dari iklan adsense). 

Bagi seorang blogger yang masih berstatus sebagai pendatang baru, jelas sebagian dari mereka tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai manfaat dari kegunaan memasang laman Terms of Service (TOS) di blog mereka, dan hal ini juga saya alami sendiri sebelumnya ketika baru bergelut di dunia blog. Jangankan memahami cara pemasangannya, memahami manfaatnya saja mungkin tidak tahu sama sekali. 
Seperti yang telah kita semua pahami jika Google adsense memiliki penilaian sendiri dalam menerima ataupun menolak blog yang ingin menjadi anggota publisher iklannya, salah satu hal yang dapat memberikan nilai plus pada blog anda ketika saat mendaftar pada Google Adsense adalah anda harus memiliki laman atau halaman Contact Us, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap Dan TOS (Terms Of Service). Sebaiknya sebelum membuat laman TOS kita terlebih dulu membuat halaman Contact Us. 

Jadi disini pada kupasan singkat ini, saya akan menggambarkan kiat/langkah-langkah yang harus si ikuti ketika seorang blogger ingin memasang laman Terms of Service (TOS) dan Contact Us di blog mereka. karena untuk memasang kedua Laman Tersebut Terms of Service dan laman Contact us keduanya harus saling berkaiatan dan berurutan, maka sebagai tahapan pertama yang harus dilakukan adalah memasang Laman Contact Us terlebih dahulu baru diikuti dengan tahap berikutnya yaitu memasang laman Terms of service (TOS)

Pemasangan Laman Contact Us dan Terms Of Service yang akan saya sajikan kali ini adalah pembuatan halaman secara instan melalui situs yang ada di internet yaitu dengan menggunakan jasa layanan FoxyForm. Sebagai tahapan awal dari pemasangan kedua laman tersebut, kita memulai dengan tahap tutorialnya yaitu pemasangan laman Contact Us, silakan membuat Contact Us terlebih dahulu karena pembuatan halaman Terms of Service (ToS) membutuhkan link /url Contact Us (kontak admin blog). Jadi untuk lebih jelasnya ikutilah tahapan pembuatan dan pemasangannya pada blog berikut ini secara berurutan yaitu:

1. Pemasangan Laman Contact Us di situs/blog.

Adapun Cara membuat atau membikin contact form di-blog atau disebut juga contact us yang bertujuan untuk memudahkan untuk mengubungi pemilik blog ataupun admin, walaupun terkadang ada sebagian blog yang memiliki admin yang lebih dari satu tetapi alangkah naiknya jika blog itu hanya memilki satu admin saja karena akan memudahkan kita ketika mengajukan approval dari adsense google.

Disamping itu fungsi dari contact us ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan kesempatan kepada para pembaca blog/web anda yang ingin bertanya langsung pada pemilik blog yang bersifat privacy, contoh ketika kita mendapat kerjasama dengan pihak yang ingin menayangkan iklan di blog kita yang dilakukan oleh perusahaan tertentu.
   
Nah mungkin bagi Anda yang sedang bingung tentang bagaimana cara membuat contact form/Contact Us di blog, siapa tahu saja jika artikel ini yang saya buat dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah Anda tersebut. Tahapan membuat contact form/Contact Us ini sebenarnya terbilang tidak sulit dan tergolong sangatlah mudah, Anda hanya cukup menghabiskan Waktu 3 menit saja untuk membuatnya.

Berikut ini akan saya jelaskah bagaimana tahapan membuat Contact form di FoxyForm.

1. Masuk kehalaman http://www.foxyform.com/, anda diminta mengisi form seperti gambar berikut:
pilihlah/contreng pada bagian option yang anda inginkan, tetap harus diingat jika pemilihan contrengan pada menu option tersebut harus jelas mengambarkan identitas anda dan indentitas blog anda miliki. Yang harus diingat bahwa nama anda, email anda dan nama blog anda wajib di contreng. untuk bagian tahapan menu Option kedua menurut saya sendiri anda tidak perlu merubah tampilan yang disediakan, karena tampilanya sudah sangat menarik dan sangat enak di pandang mata, tapi jika Anda ingin mengubah ya tidak masalah juga silahkan saja sesuaikan dengan apa yang menurut anda cocok untuk dijadikan template blog/web Anda. Coba anda amati contoh gambar di bawah ini
Cara Memasang Contact Us pada Blog
Cara Memasang Contact Us pada Blog
2. Setelah merubah atau tidaknya setingan anda pada bagian option kedua, dilanjutkan dengan mengisi email aktif Anda untuk menghubungkan Anda nantinya dengan para pengunjung blog/web Anda dan kemudian masukkan kata sandi kalau Anda bukan robot lalu klik pada Create Formular. 
Cara Memasang Contact Us pada Blog
Cara Memasang Contact Us pada Blog
3. Setelah meng-Create Formular lalu akan muncul script (kode) copy-kan script tersebut untuk di pasang di halaman blogger Anda. Lihat contoh gambar di bawah

Cara Memasang Contact Us pada Blog
Cara Memasang Contact Us pada Blog
setelah membuat laman Contact Us, anda harus memasang Contact Us tersebut pada laman blog anda. Adapun untuk Pemsangan Laman Contact Us yang baru di buat tadi adalah dengan mengikuti tahapan berikut ini:
1. Silahkan masuk dulu di blog  anda
2. Silahkan klik pada menu new page pada dashboard blog anda (halam baru).
3. Setelah membuat halaman baru, kemudian click di menu Model HTML setelah itu dipastekan semua Scripts yang telah dikopy dari foxyForm, bisa juga dengan memeriksa kotak masuk email yang anda gunakan pada saat mendaftarkan di foxyform tadi, karena scripts tersebut juga dikirim langsung ke kontak email dan oleh FoxyForm.  
4. Seterusnya silahkan simpan (save) postingan laman tadi. kemudian publikasikan dengan menekan tombol Publish di samping kanan atas untuk melihat hasil postingan laman Contact Us anda, sekarang anda telah menyelesaikan tahapan pemasangan Contact Us di blog.

2. Pemasangan Laman Laman TOS di situs/blog
Sama halnya dengan Laman Contact Us, laman Terms Of Service yang akan saya sajikan kali ini adalah pembuatan halaman secara instan melalui situs yang ada di internet, yaitu layanan Privacy Policy Online.
Jika anda sudah memiliki halaman Contact Us sebagaimana tahapannya yang telah saya gambarkan di atas, maka lanjutkan untuk melakukan tahapan berikut untuk membuat terms of Service (TOS)
Langkahnya untuk memasang Laman Terms of Service (TOS) tersebut adalah sebagai berikut

1. Langkah awal adalah dengan mengunjungi situs ini http://www.privacypolicyonline.com/terms-of-service-generator/, anda akan diarahkan langsung ke laman web yang dimaksud.
Cara Pemasangan Laman Laman TOS tahap 1
Cara Pemasangan Laman Laman TOS
2. Kemudian anda akan melihat  halaman seperti gambar diatas 

3. Adapun susunan pengisisan Form tersebut adalah seperti contoh gambar berikut ini:
cara Pemasangan Laman Laman TOS tahap 3
Cara Pemasangan Laman Laman TOS 
Your Site Title    Isi dengan nama blog/web anda.
Your Site Url      Isi dengan alamat url blog kalian.
Contact link    Isi dengan link halaman contact us blog kalian. ini adalah hasil dari page view laman Contact Us yang anda buat tadi (Url laman tersebut).

Kalau bolog saya menulisnya seperti ini:
https://www.dimanasnawi.blogspot.co.id/p/contact-us.html

Email addres       isi nama email anda
Company Name   isi nama perusahaan
Mailing Address   isi alamat perusahaan/negara

Bagian company infomation dan bagian coorperate information jika tidak diisi boleh juga 

4. Setelah melakukan tahapan di atas, lalu digeneratekan seperti gambar berikut ini:
Cara Pemasangan Laman Laman TOS tahap 4
Cara Pemasangan Laman Laman TOS
5. Setelah di generatekan dalam bentuk HTML, kemudian akan muncul scripts yang harus dicopy dan dan di pastekan  di laman blog kita boleh dalam model HTML. Untuk cara pemasangannya dalam laman blog kita, caranya sama seperti pada penjelasan cara pemsangan laman Contact us di atas. lihat contoh gambar kode scripts hasil generate berikut:
Cara Pemasangan Laman Laman TOS tahap terakhir
Cara Pemasangan Laman TOS tahap terakhir
6. Anda sudah selesai mempelajari tahap pemasangan Terms of Service dan selamat mencoba semoga berhasil.

sekian saja postingan saya mengenai cara/tahapn pemsangan laman contact us dan laman Terms of service (TOS) pada blog anda semoga kupasan singkat ini bermanfaat terutama bagi para pendatang baru di dunia blogger, bahkan termasuk saya sendiri.
sekian dan terimakasih atas kunjungannya.
wassalam

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon