Friday, February 17, 2017

Mengenali Gejala Awal Penyakit Jantung


Mengenali Gejala Awal Penyakit Jantung. Penyakit jantung pada walnya disebabkan oleh karena adanya sel-sel jantung yang mati, dimana kejadian ini dapat mengakibatkan terjadinya jumlah pasokan darah ke jantung terhenti dengan sendirinya ataupun dapat juga mengakibatkan terjadinya penyumbatan darah yang dipasok ke jantung. Sudah banyak dikehui dari berbagai media dan keterangan para pakar kesehatan jika penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dalam urutan pertama yang menyebakan kematian paling tinggi di dunia, disamping juga di ikuti oleh penyakit lainya seperti stroke. Penyakit jantung ini masih tetap menududuki urutan pertama yang sangat mematikan sampai dengan dewasa ini. 
Mengenali Gejala Awal Penyakit Jantung
Mengenali Gejala Awal Penyakit Jantung

Penyebab Utama Penyakit Jantung

Dari bebrbagai informasi yang dikemukakan, secara umum hal yang menyebabkan penyakit jantung sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat dari seperti merokok, dan mengkunsumsi makanan yang kurang mengandung serat dan banyak mengandung kalestrol. Untuk lebih jelasnya dibawah ini saya sajikan sedikit ulasan mengenai hal-hal yang memicu terjadinya serangan jantung:

a. Merokok
Seorang perokok aktif, baik secara sadar/paham ataupunpun tidak paham, telah menyebabkan masuknya karbon monoksida dan kandungan nikotin kedalam tubuh mereka melalui perantaraan asap rokok yang mereka hisab. Kesemuaan kandungan yang dikondung oleh rokok sealin nikotin dan karbon dioksida tersebut dapat mengakibatkan terjadinya pemicuan timbulnya pembekuan darah didalam tubuh. Terjadinya pembekuan darah dalam tubuh menyebabkan terjadinya pemicuan kerja jantung menjadi lebih ekstra karena beban dari darah beku tersebut. Dalam kondisi seperti inilah seseorang dapat mengalami serangan jantung. Disamping itu, semua kandungan senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam asap rokok dapat mengakibatkan dinding arteri jantung menjadi rusak yang pada ujungnya dapat  memicu terjadinya penyempitan. 

b. Perilaku Hidup Tidak Sehat
Prilaku ataoun Gaya hidup di sini dimaksudkan dengan pola makan dan meliputi aktifitas fisik lainnya. Kebiasaan atapun gaya hidup yang tidak sehat sebaiknya harus anda hindari ini semua dimaksdukan supaya kita bisa tercegah dari berbegai penyakit yang fatal seperti jantung, gula darah dan lain sebagainya. Keuntungan yang kita peroleh dari menjaga pola jidup sehat terutama yang berkaitan dengan pola makan akan memberikan berbagai manfaat yang berguna baigi kita sendiri, sebaiknta kita juga harus mebiasakan melakukan aktifikatas-aktifitas ohisisk yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan membuat tubuh kita sekin sehat dan tetap fit setiap hari. 

c. Kelebihan Kadar Kolestrol dalam Tubuh
Sebagain oarng sudah memahami jika lemak ada dua yaiti lek jenuh dan lemak tidak jenuh. Kandunga lemak yang tidak jenuh ini dapat mengakibatkan tibulnya kalestrol Kolesterol jahat (LDL). Dimana jika kandungan kalestrol jahat ini berlenihan dalam tubuh kita akan mengakitakankan tibulnya penyakit jantung. Kalestrol jahat ini sangat mudah menempel pada dinding pembuluh darah yang menegakibatkan timbulnya plak. Jumlah kandungan LDL yang normal dalah darah kita harus paling normal berada pada posisi 100 mg/dl . jadi untuk menhindarai penyakita jantung kita sebaiknya jarus mengenali jenis-jenis makanan yang mengandung jumlah kalestrol yang tinggi, seperti lobster, ikan karang, kerupuk melinjo dan lain sebaginya. 

d. Hipertensi
Hipertensi adalah dimana kondisi seseorang mengalami kenikana temanan darah melebihi dari ambang normal. Ketika seseorang mengalami hipertensi dengan kata lain tekanan darah tinggi maka orang tersebut akan mengalami imbas pada kesehatan jantungnya. Hal ini disebakan oleg karena dengan terjadinya tekanan darah tinggi akan memicu kerja jantung mereka lebih berat dari biasanya.

e. Diabetes
Penyakit gula darah atapun secara medis disebut diabetse dpat beresiko lebih banyak terkena penyakit jantung. Ini disebabkan karena terjadinta penebalan pada dinding0dinding pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah sedikit terhambat ataupun melemah.

f. Obesitas
Waspadai obesitas, karena obesistas dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang beriko kematian. Obesitas dengan kata lain kelebihan berat badan sangat mudah terkenan serangan penyakit jantung. Orang-orang yang mengalami obesitas memiliki potensi yang besar untuk mengidap tekanan darah tinggi, kelebihan kolesterol, disamping juga dapat beresiko terkena penyakit diabetes. Secara fisik, kerja jantung juga membutuhkan bobot lebih dibanding untuk tubuh ideal.

g. Faktor Usia
Faktor Usia juga penentu untuk mudah terserang berbagai penyakit, karena seiring dengan bertanbahnya umur maka menyebakab kinerja berbagai oragan tubuh semangkin kurang optimal. Masa tua adalah masa yang sangat rentan untuk terkenan penyakit jantung dan diabetes. Maka sebainya diwaktu memasuki usia tua anda harus lenih ektra menjaga pole hidup sehat baik dari pola konsumsi makanan ataupun melakukan aktifitas phisisk supaya tubuh tetap shat dan bugar.  

h. Faktor Keluarga
Banyak pakar kesehatan mengungkakpakan jika faktor keturunanan ataupun faktir seseorang juga memiliki pengaruh yang sangat bersar terjena penyakit jantuing. Dan risiko ini lebih besar dibandingkan dengan keluarga yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. 

Ciri-ciri gejala awal penyakit jantung

Diatas telah dikemukanan jika penyakit jatung diakibatkan karena sel jantung yang mati dan juga karena terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Untuk katagori terjadinya penyumbatan sendiri dikelompokkan dalam 2 katagori yakni,

Penyumbatan pembuluh koroner besar, biasanya penyubatan ini terjadi terjadi hanya dalam waktu sementara saja dimanan ini disertai dengan rasa sakit yang amat sangat pada bagian dada..

Penyumbatan pembuluh koroner kecil, penyumbatan ini diakibatkan oleh kadar kolesterol yang ada dalam tubuh, atau bisa juga diakibatkan oleh karena pengaruh penyakit diabetes dan dampaknya dari hal tersebut adalah akan membuat pembuluh darah menjadi kaku.

Pola Gaya hidup masayarakat modern dewasa ini kebanyakan sangat dipengaruhi oleh pola makanan yang tidak sehat, kebiasaan malas berolahraga, bergadang (kurang istirahat), dan merokok turut memberi andil yang sangat besar dalam peningkatan pengidap penyakit jantung.umunya Penyakit jantung ini lebih sering diderita oleh kaum pria namun ini tidak menutup kemungkinan juga bagi kaum wanita. 

Untuk mendapatkan gambaran lebih jauh, Secara umum Ciri-Ciri penyakit jantung ini memiliki gejala-gejala awal seperti berikut ini :

1) Terjadinya Nyeri pada dada, Ini dikarenakan otot dan jantung tidak/kurang mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup dan membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Biasanya disertai dengan rasa seperti jantung diremas-remas dan rasa sakit.

2) Tubuh berkeringat secara berlebihan, Mengeluarkan keringat padahal anda tidak sedang melakukan aktifitas tertentu, ini perlu diwaspadai, umumnya area telapak tangan yang sering keluar keringat

3) Lelah berlebihan, merasa lelah yang berlebihan juga bisa menjadi indikasi awal dari penyakit jantung padahal anda sedang tidak melakukan aktifitas fisik yang berat apapun.

4) Mengalami Sesak nafas, karena kontraksi otot jantung yang tidak normal bisa berdampak ke paru-paru sehingga akan menyebabkan anda sesak nafas.

5) Jantung berdebar-debar, jantung yang berdebar kencang tanpa sebab rasanya seperti habis melakukan lari juga bisa disebabkan karena gejala awal penyakit jantung.

6) Sering Cemas, orang yang dihinggapi rasa cemas biasanya memikirkan kondisi tubuhnya tentang penyakit tersebut ada baiknya anda menenangkan diri karena rasa cemas justru akan menganggu jantung anda.

7) Megalami Sakit kepala, sakit kepala pada gejala awal penyakit jantung bisanya sangat menyakitkan ini terjadi karena aliran darah ke otak terganggu dan tidak normal.

8) Berkurangnya Nafsu makan, Salah satu indikasi dari penyakit jantung adalah penderitanya memiliki nafsu makan yang menurun drastis dan biasanya juga disertai mual dan muntah-muntah.

9) Sebagian anggota tubuh membengkak, jika terdapat salah satu bagian tubuh membengkak tanpa sebab anda wajib berhati-hati segera lakukanlah antisipasi.

10) Terasa Sakit dibagian anggota tubuh, ini disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat kebagian tubuh tersebut dan mengakibatkan sakit.


terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon