Sunday, January 1, 2017

Mengenali Bahaya Minum Air Sambil Berdiri

Bahaya Minum Air Sambil Berdiri. Air adalah sumber kehidupan, tanpa air kita dan semua benda hidup tidak akan dapat hidup dalam dunia. Manusia sebagai salah satu makluk hidup ciptaan Allah swt, juga membutuhkan air sebagai sumber kehidupannya. Namun harus dipahami selain sebagai sumber kehidupan air juga dapat menimbulkan berbagai masalah dan penyakit bagi tubuh kita jika kita mengkonsumsinya secara tidak benar. Maka posisi yang sangat di ajukan oleh para medis bahkan Rasulullah Nabi Muhammad Saw sendiri adalah minum air dalam posisi duduk, ingat duduk bukan dalam posisi berdiri. Memang terkadang kebayakan kita sering sekali mengkonsusmsi air sambil berdiri dengan alasan mudah daln tidak repot. Namun harsd dipahami jika kita sering mengkonsumsi air dalam posisi berdiri malah dapat menimbulkan bumerang pada diri dan tubuh kita, di bawah ini akan saya ulas sedikit gambaran singkat tentang berbagai jenis bahaya yang dapat ditimbulkan karena mengkonsumsi/minum air dalam posisi berdiri. Adapaun jenis bahaya yang dapat ditimbulkan karena mengkonsusmsiminum air dalam posisi berdiri adalah sebagai berikut:  
 
Mengenali Bahaya Minum Air Sambil Berdiri
Bahaya Minum Air Sambil Berdiri
1. Berisiko Terkena Artritis
Salah satu penyebab yang dapat di timbulkan oleh minum sambil berdiri adalah penyakit Arthritis, Arthritis adalah jenis penyakit yang bersifat kronis dan dapat menyerang kita seumur hidup, biasanya jenis penyakit ini dapat menyerang kaum pria dan wanita yang telah berusia kira-kira di atas 55 tahun. Bagi Pasien yang menderita penyakit arthritis akan mengalami pembengkakan dan kekakuan pada sendi yang dapat menyebabkan gerakan tubuh menjadi sedikit sulit dan menimbulkan rasa sakit. Seandainya pasien membiarkan penyakit tersebut tanpa dirawat atau ditangani, maka penyakit ini biasanya akan menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh
seperti yang dilansir dari wellordie.com, salah satu bahaya minum sambil berdiri adalah kita bisa berisiko mengalami gangguan pengaturan keseimbangan cairan dalam tubuh kita. maka Akibatnya bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan di baigian sendi-sendi pada tubuh, kemudian dilajutkan akan menyebabkan arthritis.

(Baca CaraMempercepat Proses Penyembuhan luka Paska Operasi)
(Baca Kiat Penanganan Awal Terhadap Anak YangMengalami Deman Kejang)

2. Mengakibatkan Gangguan Sistem Pencernaan
selain dari penyakit diatas, Minum air sambil berdiri, dapat juga menganggu Sistem Pencernaan dalam tubuh, gangguan cerna ini disebabkan oleh air yang kita konsumsi sambil berdiri akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan air ini dapat mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam tubuh kita, bahkan jika berlangsung dalam jangka panjang, maka akan dapat merusak bagian alat pencernaan. 

3. Haus Susah Hilang
salah satu manfaat yang kita peroleh setilah minum air adalah dapat menghilangkan rasa dahaga yang kita derita. Maka untuk dapat menghilangkan rasa dahaga dengan segera sebaikanya minumlah air dalam posisi duku, sebab jika kita minum air dalam posisi berdiri, maka kan mengakibatkan rasa dahaga yang kita alami akan sulit hilang. Minumlah air dengan dalam posisi duduk dengan tidak terburu-buru.

4. Ginjal Tak Bisa Menyaring Air dengan Baik
salah satu fungsi ginjal dalam tubuh adalah untuk membersihkan kandungan air /menyaring air yang ada dalam tubuh kita. namun jika kita minum dalam posisi brdiri, ternyata ginjal kita tidak dapat melakukan tugasnya dengan sempurna, dan bahkan dapat menyebabkan kotoran yang menumpuk pada ginjal dan kantung kenih. Jika berketerusan malah dapat mengakibatkan gangguan saluran kenih, batu karang dan pada tahap kronis dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal kita. 

5. Tak Bisa Mengencerkan Kadar Asam di Dalam Tubuh
salah satu fungsi air didalam tubuh adalah untuk mengencerkan kadar asam di dalam tubuh yang disesuaikan dengan proporsi air yang dibutuhkan. tubuh. Jadi kalau minum air sambil berdiri, proses pengenceran kadar asam ini bisa terganggu. Maka untuk dapat mebuat air bekerja secara optimal di dalam tubuh untuk mengencerkan kadar asam sebaiknya konsumsilah air secara benar yaitu dalam psosisi duduk dan dengan santai minumlah secara perlahan dan jangan diburu.

6. Dapat Menyebabkan Ulser dan Heartburn
Dengan Minum air dalam posisi berdiri menyebakan air yang diminum akan mengalir dan dapat menciprat ke area kerongkongan pada bagian bawah dengan cukup keras. Kejadian ini dapat mengganggu sfingter (kumpulan serabut otot berbentuk seperti cincin dan berfungsi untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh) dan hal ini juga dapat bisa menimbulkan sensasi seperti rasa terbakar di kerongkongan kita yang disebabkan oleh dorongan zat asam di dalam perut. 

7. Menyebabkan Saraf-Saraf Menegang Kalau Minum Sambil Berdiri
Ketika kita minum sambil berdiri, maka tanpa disadari saraf tubuh kita akan menegang. Manun berbading terbalik jika kita minum dalam posisi duku, dimanan sistem parasimpatetik akan terkondisikan akan lebih rileks dan tidak menimbulkan ketegangan. Disamping itu, Proses penyerapan air minum dan pencernaan pun bisa berjalan dengan lebih baik jika kita minum dalam posisi duduk.

jadi setelah memahami berbagai penyakit yang dapat diakibatkan oleh mengkonsumsi/minum air dalam posisi berdiri maka sebaiknya mulai dari sekarang hindari kebiasaan yang salah tersebut. Bahkan bagi orang islam sendiri Nabi Muhammad Saw juga melarang kita minum dalam posisi berdiri. Lakukan kebiasaan yang benar ini supaya kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita sadari dan bahkan dapat berisiko fatal buat tubuh kita. mulai sekarang cintai tubuh anda dan jalani proses yang benar terutama dalam mengkunsumsi air dalam kehidupan sehari-hari. Memang ini kelihatan agak sepele namun akibatnya bisa fatal.  Sekian semoga bermanfaat 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon