Wednesday, December 7, 2016

Cara Merawat Aki Kering Kederaan Agar Tahan Lama

Cara Merawat Aki Kering Kederaan Agar Tahan Lama. Aki adalah salah satu peralatan yang sangat penting pada kendaraan baik kederaan roda empat ataupun kenderaan roda dua, karena aki merupakan sumber energi pada kenderaan dimana salah satu fungsi yang sangat penting pada aki adalah untuk melakukan starter ketika kita mengidupkannya. Disamping itu, fungsi aki juga tidak hanya sebagai alat bantu untuk menghidupkan mesin saja akan tetapi aki juga berfungsi sebagai sumber utama listrik. Ada berbagai macam type dan merek aki kering yang tersedia dipasaran seperti Yuasa, GS, Panasonic, Bosch, dan lain lain. Namun Anda harus jeli dalam menentukan mereka yang anda gunakan karena dari kesemuaan merak tersebut memiliki kelebihan daya tahan yang lama antara satu dengan lainnya. 
 
Cara Merawat Aki Kering Kederaan Agar Tahan Lama
Cara Merawat Aki Kering 
Pada kederaan roda empat, aki berfungsi sebagai sumber tenaga listrik yang digunakan untuk lampu, ac, tape/video terutama ketika kendaraan kita berada pada posisi mati. kta sangat paham bahwasanya Untuk jenis mobil pada masa sekarang ini secara keseluruhan telah dilengkapi dengan komponen charging system dimana fungsi komponen ini adalah untuk mengantikan posisi aki ketika mesin telah dihidupkan. jadi adabaiknya jika anda Sebagai seorang pekenderaan yang selalu dalam perjanan jauh, sebaiknya anda harus mengetahui bagaimana cara yang sangat effektif untuk memelihara aki mobil supaya awet dan bisa tahan lama dan tidak menimbulkan bumerang dijalanan. Sebab jika aki kita tekor ataupun telah tidak bisa dipakai lagi maka akan mengakibatkan masalah tersendiri bagi kita karena mobil tidak bisa kita hidupkan kembali tanpa mengganti aki lama tersebut dengan aki baru. Biasanya ciri ciri aki yang bermasalah ditandai dengan sulitnya ketika kita menghidupkan mesin mobil atau bisa juga ditandai dengan terjadinya kelambatan perputaran kompenen stater pada saat kita men-start/menghidupkan mobil tersebut. Khusus bagi pengedaran roda dua memang tidak menimbulkan masalah besar jika aki tekor karena umumnya pada kenderaan roda dua telah di lengkapi dengan kick starter secara manual, sehingga jika aki tekor mereka bisa menghidupkannya secara manual dengan menghengkronya saja.  

(Baca Penyebab Gigi Transmisi Mobil Tidak Masuk Atau Nyangkut)

Sebelum saya membahas tentang kiat-kiat untuk membuat aki kering awet, sebaiknya perlu dipahami dulu apa itu jenis aki kering dan sudah sangat populer dewasa ini. Aki kering atau aki MF (Maintenance Free Bateray) memliki kandungan gel yang berfungsi sebagai cairan elektrolit. Kandungan Gel ini bersifat tidak mudah menguap, jikapun terjadi penguapan maka uapnya akan kembali lagi ke dalam wadah penampungan aki tersebut. Jenis aki ini tidak memerlukan proses isi ulang air aki seperti yang biasa kita lakukan pada pada aki basah. Disamping itu salah satu kenggulanya adalah jenis aki kering ini juga memiliki arus yang lebih besar dari aki basah dan meiliki usia lebih lama (panjang umur).

Setelah mamahami apa itu aki kering, dibawah ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mebuat aki kering pada mobil ataupun kenderaan roda dua dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama (awet). Kiatnya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan pemanasan kenderaan secara teratur setiap hari.
lakukan pemanasan mesin setiap hari selamam 5 sampai 10 menit. ini semua dimaksdukan disamping pemanasan ini bermanfaat untuk menjaga supaya mesin kenderaan awet, namun juga memilki manfaat untuk menjaga usia aki karena kandunbgan arus dalam aki selalu dalam posisi stabil/dalam keadaan cas penuh. 

2. Pacu kecepatan kederaaan di atas kecepatan 60 km/jam selama 10 – 20 menit.
ini dimaksudkan supaya proses charging aki anda akan berlangsung secara maxsimal bukan setengah–setengah. Sehingga dengan adanya proses pengecasan yang penuh akan membuat aki menjadi lebih tahan lama. Dengan memacu kedaraan diatas 60 KM selama 10 menit, ini menyevabkan porses cgarging aki kendaraan bekerka dengan sangat maximal (Penuh)

3. jangan menghidupkan perlatan listrik ketika mesin dalam keadaan mati.  
Menyalakan peralatan listrik seperti tape, lampu dan kipas angin ketika mesin mobil dalam keadaan mati akan mengakibatkan pendeknya usia bateri, karena arus yang dikeluarkan tidak langsung digantikan oleh kompenen charging system yang ada pada mesin mobil. Idealnya hidupkan mesin mobil jika anda ingin menyalakan lampu kipas atau ac. 

4. Kurangi menggunakan aksesoris tambahan yang banyak mengkonsumsi arus.
Khusus bagi kenderaan roda dua, penggunaan aksesoris tambahan seperti lampu HID atau klakson besar akan menyerap arus listrik yang besar pula dan akhirnya akan memperpendek umur aki.

5. Periksa komponen kabel terminal
Lakukan pengecekan secara berkala kepada kompenen kabel listrik  yang menghubungkan aki agar komponenen tersebut tetap berada pada kondisi bersih dan perlu mengecangkan mur / baut aki jika kedapatan berada pada konsisi longgar. Hal ini bertujuan agar terminal aki tidak mudah keropos.

Cukup demikian tips yang dapat saya gambarkan, supaya aki kering pada kenderaan anda bisa awet hingga mencapai 3-5 tahun. Dan kiat seperti ini sudah saya terapkan sendiri pada mobil saya saya dan hasilnya sangat memuaskan. Selamat mencoba. 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon