Saturday, November 26, 2016

6 Cara meningkatkan CPC Adsense Secara Sederhana

6 Cara meningkatkan CPC Adsense  Secara Sederhana. Kalau kamu seorang blogger yang ingin mendapatkan uang tambahan yang lebih dari Adsense, sebaiknya kamu jagan pernah mengabaikan untuk mengoptimasi Adsense. Karena banyak sekali keuntungan yang kita peroleh ketika kita melakukan optimisasi Adsense diataranya adalah untuk meningkatkan eCPM, CPC, disamping juga CTR Adsense. Sering kita menemui nilai CPC dan CTR kita kadang sangat rendah terutama bagi blogger yang menggunakan konten Bahasa Indonesia dan bukan konten Bahasa Inggris sebagai bahasa utama di postingan artikel blog mereka. Jika seadainya blog/lamanweb kita memiliki pengunjung yang dalam kapasitas besar, tetapi pendapatan kita di Adsense sedikit sebaikya kita harus memncermati/memahami poin-poin berikut ini yang mungkin kemungkinan besar dapat meningkatkan pendapatan kita di Adsensen terutama nilai CPC di akun Adsense.

6 Cara meningkatkan CPC Adsense  Secara Sederhana
Cara meningkatkan CPC Adsense
CPC     
Apa itu CPC, sebelum kita mengupas lebih dalam tentang kita meningkatkan Nilai CPC, sebainya kita pahami dulu apa itu CPC. CPC adalah Cost per click, atau dalam bahasa indonesi bisa kita artikan sebagai harga (biaya) perklik yaitu biaya yang kita peroleh dari unit iklan yang diklik oleh pengungjung blog/lamanweb kita. nilai CPC ini ini hanya diketahui oleh penyedia Iklan  (ads publisher) dan pihak google saja. Jika seandainya anda sangat serius dalam memonitor pendapatan Adsense anda, anda sebaiknya anda harus sedikit bekerja ektra untuk meningkatkan pendapatan CTR dan CPC di akun Adsense anda. Kita tahu jika seadainya kita mendapatkan ribuan impressi pada tayangan iklan kita itu semua belum dapat menjamin untuk meningkatan nilai CPC kita di akun Adsense, akan tetapi blog dengan perolahan nilaiCTR yang baik akan dapat meningkatkan nilai CPC.
Sebenarnya nilai perolehan CPC itu tidak ada hubungannya secara langsung dengan jumlah tarfik blog anda, jika Anda  melihat ada beberapa blog dengan menggunakan blog mikro-niche, akan memperoleh pendapatan yang tinggi dari Adsensen meskipun tarffict blog/lamanweb tersebut sangat sedikit. 

Alasannya sederhana karena blog tersebut memiliki nilai eCPM sangat tinggi sehingga mereka dibayar dengan sangat baik untuk nilai CPCnya, disamping itu juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti persaingan iklan, penjaringan Kata kunci dan masih banyak lagi.

Faktor yang Mempengaruhi Nilai CPC Adsense anda:

1. Niche
Yang pertma yang harus dilakukan oleh para blogger untuk meperoleh nilai bayaran CPC Adsense yang tinggi adalah dengan memilih niche yang bagus untuk blog anda. Ada pendapat mengatakan jika nilai CPC Adsense kita sangat tergantung dengan topik yang kita bahas dalam artikel postingan kita. Coba kita clarifikasi disini misalnya kamu akan memilih salah satu niche bloga berikut ini yang telah terbukti mendapatkan nilai CPC yang tinggi pada bloga anda:

• Domains – Blogs on Internet 
• Gadgets – Tech Gadgets seperti produk Apple 
• Google – Google Products
• Microsoft
• Banking
• Automobile
• Health
• Real Estate
• Home Loans
• Jobs

2. Content
Urutan kedua yang dapat mendongkrak nilai CPC anda adalah kontent artikel yang ada posting. Jadi sebelum menulis di blog anda ada baiknya anda mencarai di internet tentang topik apa yang banyak diminati oleh pembaca (trending topic) kemuadian anda sajikan penulisan tentang hal tersebut baik dengan menyajikan solusi atapun pandangan-pandangan tertentu tetang topik tersebut. 
Yang harus diperhatikan adalah anda harus selalu terhubung dengan pembaca, dan sajian topik tersebut harus sesuai dengan niche blog anda sehingga para pengunjung akan terus dan betah berkunjung ke blog anda untuk mendapatkan inforamasi ataupun pandangan tertentu. Kita para blogger pasti sangat memahami jika kita memiliki konten yang bagus, unik dan menarik akan membuat postingan kita bertender di halaman pertama pencariaan google. Disamping juga jangan lupa menambahkan setiap postingan baru kita le google. Kalau seadainya penulisan blog kita lebih didominasi dengan tulisan berbahasa Inggris maka blog anda akan mempunyai peluang besar untuk dikunjungi oleh negara negara lain, seperti  USA, UK, Uni Emirate dimana negera tersebut memiliki nilai CPC yang tinggi dibandingkan dengan negara kita. 

3. Mengaktifkan Pencekalan Iklan
Pada laman google Adsense anda, anda akan melihat salah satu menu untuk mengatur pengaturan untuk mencekal tayangan iklan dari situs publisher iklan tertentu. Menu ini akan menunjukkan seberapa besar catagori iklan yang akan membayar anda. Seandanya anda mendapati ada jenis iklan tertentu yang sama sekali tidak membayar anda dengan maksimal, anda boleh mencekal iklan tersebut apalagi jika anda mendapati iklan yang tayang tidak sesuai dengan konten blog sendainya bayarana CPC nyan tinggi jangan di cekal tetapi jika sebaliknya cekal saja karena biasanya jika iklan yang tayang tidak sesuai dengan konten kita kita akan dibayar dalam junlah yang tidak maksimal. Memang ada pendapat sebaiknya jangan malakukan pencekalan terhadap iklan di pengaturan Adsense, tapi anda boleh saja melakukan pengabaian terhadap pendapat tersebut. Lakukan saja untuk beberapa hari atau beberapa minggu lalu lihat hasilnya jika tidak ada perubahan sama sekali anda dapat merubah lagi settingan pencekalan iklan anda.  

4. Target Negara 
Disamping hal yang telah saya sebutkan diatas, satu lagi hal yang penting dilakukan untuk dapat meningkatkan nilai CPC Adsense kita adalah dengan menentukan target negara.   Oleh karena itu, selalu menyesuaikan blog Anda dan konten untuk pengunjung di negara-negara yang berbahasa Inggris, karena point ini juga akan dapat meningkatkan Page Rank di situs Anda. Kalau kebanyakan pengunjung blog kita berasal dari negara-nagera maju maka otomatis nilai CPC kita akan semangkin tinggi. 

5. Jenis Iklan
Kita tahu jika ada perbedaan nilai  ayaran dari setiap jenis iklan yang kita pasang di blog. Ini semua sangat tergantung dengan persaingan diatara penyedia iklan. Sehingga ini akan berdampak pada penmingkatan nilai pembayaran iklan tersebut. Jenis iklan yang sangat bagus perolehan bayaran CPCya adalah jenis ukuran 336 X 280 rectangle, 468 X 60 dan 300 X 240. Letakkan kedua jenis ikla tersebut dalam laman postingan anda dan diluar postingan. 

6.Terus Mencoba Hal Baru
Selalu mencoba untuk membuat ukuran-ukuran iklan dan warna iklan yang baru. Karena biasanya pengujung akan selalu menarik minat mereka untuk hal-hal yang baru baik dalam pengaturan warna dan tampilan iklan. Terkadang ada jenis ukuran iklan tertentu yang tersedia dalam jumlah banyak, bisa jadi ukuran tertentu tersebut memiliki tingkat persaingan yang tinggi sehingga dapat menungkatkan nilai CPC adsense kita.

Sekian penjelasan singkat mengenai kiat-kiat meningkatkan pendapatan Adsense semoga ada mafaatnya.

2 komentar

thanks informasinya dapat bermanfaat untuk saya min

mohon kunjungi blog saya juga ya http://legidjahari.blogspot.co.id

sama sama gan, dicoba saja kiatnya siapa tahu bisa mendongkrak nilai CPC adsensenya.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon