Tuesday, October 11, 2016

Penjabaran Qana'ah Dalam Islam (Pengertian Dan Fungsinya)


1. apa itu qana’ah
Qana’ah adalah merupakan sebuah sikap yang rela menerima/merasa cukup dengan apa yang telah kita peloreh dari hasil usaha kita dan menjauhkan diri kita dari sifat rakus dan selalu merasa tidak pernah puas atas apa yang telah diberikan oleh Allah kepada dirinya sebagai perwujudan bentuk dari sebuah ucapan rasa syukur kepada Allah. Islam sangat menekankan para umatnya untuk memiliki sikap qanaah, karena sikap qanaah ini dapat mengindari kita dalam mengingkari semua kehendak Allah yang telah ditetapka pada diri kita. 



Pengertian dan Fungsi Sifat Qana'ah
Sikap Qana'ah
lumrah sudah kita pahami jika dalam mengarungi hidup ini kita akan mendapatkan berbagai macam godaan dan rayuan baik dari segi mengejar materi ataupun gengsi yang disebabakan oleh tingginya persaingan hidup. Maka tidak jarang kita melihat jika orang yang tidak memiliki sikap qanaah akan terjebak dalam berbagai kegiatan negatif tertentu dan untuk ukuran yang lebih tinggi mereka akan menjadi seorang musyrik karena akan selalu meyalahkan ketetapan Allah atas segala kegagalan yang diperoleh dalam kehidupannya.
Satu hal yang harus diingatkan bahwa sikap qanaah ini bukanlah sikap yang mengarahkan kita untuk tidak berusaha karena hanya menyerahkan segala urusan hidup ini pada ketetapan allah, akan tetapi sikap qanaah ini merupakan sikap yang terus mendorong kita supaya tetap lebih giat untuk terus berusaha dikala kita maraih sebuah kegagalan dan tidak merasa berputus asa dengan kegagalan yang kita hadapi. Sikap qannah ini juga merupakan sebuah batu lonjatan bagi kita untuk terus berintropeksi diri dari kegagalan yang ada.

(Baca Sebuah Penyesalan di Pintu Kubur
)
   
Sebagai seorang muslim sedikit tidaknya kita harus mencontoh perilakuk kehidupan rasulullah Saw, kita tahu jika baginda Nabi Muhammad Saw, hidup dalam keadaan yang jauh dari kehidupan layak, bahkan beliau pernah mengikat batu diperutnya untuk menggimbangi perutnya yang kosong. Sebagai seorang kekasih Allah apa sih yang gak bisa diperolahnya andai saja beliau mau, akan tetapi bukan itu yang diinginkan oleh beliau, beliau lebih ingin memberikan contoh untuk umatnya dikemudian hari supaya hidup dengan memliki sikap qanaah, sehingga tidak akan dipertuankan/diperbudak oleh harta dan tahta yang akan membutakan hati umatnya dikemudian hari, Sehingga  akan mengakibatkan kerugian besar pada umatnya dikehidupan kemudian nanti.  Sungguh luar biasa kepribadian beliau, yang masih tetap memikirkan nasib-nasib umatnya di akhir zaman, tidak salah jika beliau wajar termasuk orang nomor satu yang paling berpengaruh di-dunia.
Mengapa qannah itu penting.

Qannah itu penting dimilki oleh umat islam karena qanaah itu berfungsi sebagai penyimbang hati seorang muslim, dimana mereka akan selalau berlapang dalam atas segala apapun yang diperolah dalam hidup ini. Memang sangat sulit untuk hidup dengan merasa berkecukupan, tetapi harus diingat jika hidup didunia ini adalah hanya sebatas persinggahan dari sebuah perjalanan yang panjang. Disamping itu sikap qannah juga berfungsi sebagai penetral kegundahan hati, dimana kita akan memiliki sifat kaya hati dan akan selalu berlapang dada dan tidak akan bersikap serakah singgia kita akan menghalalkan segala cara untuk memperoleh segala yang kita kehendaki. Dan yang terakhir qanaah berfungsi sebagai saran peningkat ketaqwaan kita kepada allah, dan ini adalah urutan yang tertinggi yang dimiliki oleh seorang yang memiliki sikap qanaah dimana mereka akan selalu merasa tertram di dalam hati mereka, dan tidak ada sedikitpun tersirat rasa gelisah karena mereka telah menyerahkan segala persoalan kehidupan mereka kepada Allah Swt. Sungguh nikmat memang ketika kehidupan kita telah begitu menyatu dengan nilai keimanan yang tinggi kita akan selalu merasakan ketrentraman hidup yang tidak bisa digambarkan baik dengan lukisan atupun dengan kata-kata.


Jalan seterusnya yang akan kita lalui setelah memilki sikap qanaah ini istiqamah, sebenarnya istimah itu datang sendirinya setalah kita memiliki sikap qanaah. Cukup sekian pembahasan saya mengenai konsep kehidupan qanaah semoga ada manfaatnya bagi anda yang sedang mengalami kebuntuan dalam menggarungi hidup ini.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon