Friday, October 14, 2016

Pohon Kelapa (inspirasi dari kehidupan pohon Kelapa)


Pohon Kelapa (inspirasi dari kehidupan pohon Kelapa). Pohon Kelapa merupakan salah satu pohon yang paling banyak di indonesia, kelapa umumnya tumbuh di daerah pesisir, dan juga meliputi daerah pegunungan. Kelapa merupakan salah satu komoditi yang paling besar di-indonesia dari masa kemasa. Sekarang saja jumlah populasi pohon kelapa sudah sedikit berkurang terutama di daerah perkotaan, dan juga dibagain lahan yang digunakan untuk penanaman pohon sawit. Pohon kelapa yang memiliki masa tumbuh yang relative lama, dimana pada masa permulaan (awal pertumbuhan) memiliki masa yang relative lama jika dibandingkan dengan masa setelah 3 atau 4 tahun kemudian.


Pohon Kelapa (inspirasi dari kehidupan pohon Kelapa)
philosofi dari kehidupan pohon kelapa

Pada masa awal pertumbuhan, pohon kelapa akan memperkuat pondasi dasar untuk menunjang pertumbuhan dikemudian hari. Pertumbuhan awal ini merupakan dasar pondasi untuk menyokong pertumbuhan kelapa dikemudian hari ketika dihempas badai dan berbagai tantangan yang dihadapi ketika kelapa memasuki masa tuanya.



Kepupoleran kelapa dewasa ini kembali diperbincangkan karena kandungan airnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, dimana seperti yang telah banyak diketahui jika air kelapa mampu menetralisir kandungan racun yang ada didalam tubuh manusia. Disamping jiga bermanfaat untuk menganti ion tubuh yang terkuras oleh kegiatan tertentu.   

Jika kita mati lebih jauh kepala itu memiliki berbagai fungsinnya untuk kehidupan manusia bukan hanya pada buah dan airnya nya saja, mislanya batang pohon kepala bisa digunakan sebagai kayu olehan untuk membangun podok kecil dan rumah. Daun kelapa bisa digunakan untuk membuat kelerai untuk menutupi pagar ataupun tempat duduk. Daun kelapa muda bisa digunakan untuk membuat ketupat ketika lebaran. Kalau air kelapa tentu sudah sangat berguna seperti yang saya gambarkan diatas, dimana air kelapa bisa digunakan untuk minuman yang sehat untuk tubuh karena kandungan isotoniknya yang sangat bermafaat. Daging kelapa bisa digunakan untuk membuat santan masakan dirumah, membuat minyak goreng dan panganan kecil lainnya. Sedangkan tempurung kelapa bisa dugunakan untuk membuat souvenir yang menarik jika diolah dengan bagus dan benar. Sedangkan ampas buah kelapa bisa digunakan sebagai bahan bakar ataupun sebagai bahan tambahan untuk mebuat souvenir. 

Dari gambaran pertumbuhan dan kegunaan kelapa dalam kehidupan kita sehari di atas, kita bisa mencermati jika kelapa itu terlebih dahulu membangun pondasi dasar untuk menunjang pertumbuhannya dikemudian hari. Jadi disini, kita sebagai manusia perlu untuk mempersiapakan segalanya dari awal sebagai dasar penunjang kehidupan kita dikemudian hari sehingga hidup kita tidak akan terlunta-lunta, jangan mudah hidup kita ini terpengaruh dengan berbagai macam rayuan dan godaan semu yang akan membuat kita binasa dikemudain hari tetapi persiapkanlah segala keperluan nanti dari sekarang. Bangunalah sebuah konsep keyakinan diri dan teguhkan pendirian kita jika hidup ini hanya sekli, dan tidak akan terulang kedua kalinya sehingga dikehidupan ini kita bisa melakukan yang terbaik agar kita memperoleh kenyaman dalam hidup ini. 

Dari segi kegunaan dan manfaat kelapa, hampir segala apa yang ada pada diri kelapa itu bemanfaat buat manusia sebagaimana yang telah saya gambarkan diatas. Ajdi yang harus kita cermati adalah terapkalah dalam hidup kehidupan kita untuk berguna bagi manusia lain, bukan malah menjadi bumerang bagi yang lainnya. Mengapa saya katakan seperti itu, karena jika kita mampu menjadi orang yang berguna bagi yang lain kita akan selalu dicintai dan dirindukan oleh orang lain. Sebagai manausi tidak salahnya kita menerapkan pola hidup saling membatu dan saling peduli sebab ajaran islam sendiri sangat menekankan supaya umatnya mampu untuk hidup saling berbagi, saling membantu, dan saling menghargai. Sungguh indah jika kita menjadi manusai yang beguna bagi menusia lain karena kita akan terus dieknang walupun disaat kita sudah tudak ada lagi didunia ini. Yang jelas jika kita dikenang karena budi kita akan tetap selalu di doakan oleh orang lain supaya kita selamat dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

Jadi sekian saja kupasan singkat ini semoga ada manfaatnya buat kita semua, dan yang terakhir saya sampaikan teruslah berusaha menjadi manusia yang berguna menskipun dimulai dari hal-hal kecil dalam hidup ini, insyaalah hal kecil itu akan membentuk sebuah kebiasan pada diri kita yang lama kelaman akan besar dengan sendirinya. Wallahua’lam 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon