Monday, October 31, 2016

Mengenal Karakteristik Dan Perilaku Gajah

Tags

MENGENAL KARAKTERISTIK DAN PERILAKU GAJAH. Binatang merupakan makluk ciptaan tuhan dimuka bumi, sama halnya dengan manusia binatang juga mempunyai karakteristik tersendiri, dimana hewan juga mempunyai rasa persatuan dan kebersamaannya, namun demikian perbedaan utama pada hewan dan manusia adalah manusai dianugrahi pikiran sehingga manusia dapat mengenal tuhannya dan mengusai seluruh isi yang ada dimuka bumi. Namun demikian walaupun hewan tidak mempunyai fikiran tetapi hewan ada dianugrahi Instinct yaitu prilaku alami/firasat/naluri yang bisa membuat hewan tetap bertahan hidup didunia ini. Bila kita meneliti/mencermati kehidupan hewan/binatang kita akan mendapatkan berbagai macam keunikan dari prilaku hewan tersebut, dimana rasa persatuan dan sikap kegotoroyongan mereka membuat kita harus berfikir ulang, dan memberi komentar tersendiri yang didasari dari rasa keingintahuan kita, misalnya kok bisa ya semut itu membawa bangaikai tikus ke atas pohon secara bersama-sama? 
Mengenal Kerekteristik dan Perilaku Gajah
Kerekteristik dan Perilaku Gajah

Pertanyaan ini sangat menarik untuk kita pelajari karena dengan pertanyaan ini menyebabkan kita untuk melahirkan berbagai macam jenis pertanyan untuk mejawab satu pertanyaan diatas. Bila kita berfikir lebih lebih rasional tentu ada diantara kita yang tidak akan percaya jika binatang melakukan semua itu hanya didasari dari insting/nalurinya saja tanpa ada yang memberi perintah, namun itulah alam binatang dimana dia melakukan sesuatu itu dengan didasari rasa nalurinya saja yang sudah menjadi kodratnya untuk berprilaku demikian.

Begitu juga halnya dengan gajah, gajah yang dikelompokkan kedalam kolompok hewan herbivora ini merupakan hewan yang terbesar saat ini yang ada dijagad raya, gajah juga mempunyai prilaku tersendiri dimana gajah yang hidupnya berkelomok ini mempunyai rasa persatuan yang tinggi, dimana mereka akan salin melindungi terhadap bahaya yang mengancam mereka terutama terhadap anak-anak mereka. Gajah hidup di dalam kelmpok sosial yang terstruktur. Kehidupan sosial dari jantan dan betina sangat berbeda. Dimana betina akan menghabiskan seluruh hidupnya di dalam satu grup keluarga yang terdiri atas ibu, anak perempuan, saudara perempuan, dan bibi. Grup ini dipimpin oleh perempuan tertua. Sedangkan gajah jantan dewasa menghabiskan waktunya dalam kehidupan secara sendiri-sendiri (tidak berkelompok).

Gajah yang berbadan besar mata kecil dan daun telinga yang lebar ini mempunyai kekuatan yang luar biasa, dimana dia mampu menumbangkan tanaman keras dengan belalainya, tetapi walaupun demikian hewan ini tidak tahan terhadap suhu panas, sehingga dia akan selalu menyoprotkan air ketubuh dengan balalainya untuk mendinginkan suhu badanya ketika musim kemarau. Disisi lain binatang ini juga termasuk jenis hewan yang suka berpetulangan dimana dia mampu menempuh parjalanan jauh untuk mencari sumaber makanan yang dibutukannya untuk mempertahankan kehidupanya. 
 Disisi lain hal yang paling unik yang dimiliki gajah adalah mereka akan selalu melintasi tempat yang pernah mereka lewati atau diami, meskipun tempat itu telah ditinggalkan bertahun-tahun Ini merupakan salah satu gambaran jika gajah mempunyai instik yang tinggi. Hal inilah yang sering menimbulkan konflik antara manusia dengan gajah, dimana manusia yang telah mendiami tempat yang pernah dilalui atau didiami oleh gajah akan selalu di ganggu oleh gajah. Dimana lahan pertanian petani ini akan dirusak, sekilas ini terlihat seperti balas dendam yang dilakukan gajah terhadap manusia karena telah merusak habitatnya, tetapi kita selaku manusia sebaiknya harus mencermati kejadian ini dengan bijak karena kita ada diberi akal sehingga kita tidak ceroboh dalam melakukan suatu tindakan seperti gajah. 

Gambaran diatas merupakan sedikit ulasan dari  kehidupan binatang di alam raya ini, pada hal begitu banyak hewan/binatang lain yang ada didunia ini dimana tiap-tiap hewan tersebut mempunyai karakteristik tersendiri. Jadi yang perlu kita pahami disini bahwa hewan itu juga mempunyai rasa untuk tetap ingin hidup didunia ini, dimana mereka tetap akan menjaga anak-anak mereka dari gangguan hewan dan manusai untuk meneruskan kehidupan mereka.   

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon