Sunday, October 23, 2016

Memperbaiki Data Terstruktur Web/Blog Yang Tidak Muncul Di Google Webmaster Tool

Tags
Memperbaiki Data Terstruktur Web/Blog Yang Tidak Muncul DiGoogle Webmaster Tool. banyak sekali permasalaan yang dihadapi oleh para blogger terutama bagi merka yang masih berstatus pendatang baru di dunia blogging. berbagai permasalahn tersebut timbul karena di dasarkan atas kurangnya pemahaman mereka yang mendalam dalam mengelola blog yang mereka miliki. memiliki blog yang memiliki bermacam permasalahan SEO akan mengakibatkan blog yang kita miliki tersebut akan tenggelam dan mengendap pada halaman yang terakhir di mesin pencarian Google (Google Search) sehingga mengakibatkan kurangnya pengunjung yang datang dari mesin pencarian google (unique visitor). 

Memiliki postingan artikel terindex cepat di google adalah impian semua blogger, apalagi jika tampilan postingan artikel kita bisa muncul di halaman pertama pencarian mesin google (google Search). Terkadang ada sebagian para blogger yang memiliki artikel yang sangat menarik dan tidak terindex pada mesin pencarian milik google. sebenarnya ada bermacam cara yang harus dilakukan oleh para blogger supaya postingan artikel mereka dikenali cepat oleh mesin pencarian milik mbah google tersebut. Salah satu dari kesekian cara tersebut adalah dengan mendaftar kepemilikan (property) blog atau laman web para blogger di Google Web Master. Mendaftarkan property blog atau web kita di Google Webmaster tool adalah salah satu hal yang penting harus dilakukan supaya teridex cepat semua artikel kita di mensin pencarian Google, disini bukan hanya mendaftar property blog saja di web master tool, akan tetapi anda juga harus men-submit url postingan artikel anda secara rutin setiap kali anda melakukan postingan artikel terbaru.

Namun pada bahasan kali ini saya hanya akan menjelaskan permasalahan yang sering di alami oleh para blogger setelah men-submit laman blog/web mereka, namun tidak ada data yang tertera di bagian tampilan Penelusuran Data Terstruktur. Kejadian ini terkadang membuat para blogger bertanya mengapa tampilan bada bagian data terstruktur tidak terdapat data dari laman blog, sedangkan pada bagian lain seperti perayapan dan google index semua data tertera disitu. 

Jika anda mengalami hal diatas, anda tidak perlu panik karena ada solusi dari permasalahan tersebut. Salah satu penyebab data tersebut tidak ada pada bagian data terstruktur adalah:

Ketika anda mendaftar property laman blog/web anda di laman google web master tool, mungkin anda menulis url dengan lengkap, misalnya http://www.pondok-belajar.com, sedangkan laman blog/web anda yang muncul di mesin pencarian google adalah www.pondok belajar.com. jadi secara otomatis karena penulisan tersebut maka data tertruktur anda di laman google web master menjadi kosong, karena yang dibaca buka http melainkan www, kejadian ini sering dialami oleh para blogger yang meng upgrade domain mereka dari blog menjadi Domain TLD. 
lihat Gambar tampilan Data terstruktur berikut


Memperbaiki Tampilan Data Terstruktur pada Google Webmaster
Tampilan Data Terstruktur

Adapun cara memperbaiki supaya data tertruktur anda muncul di data terstruktur laman google webmaster adalah dengan menambah lagi property blog/web anda pada laman kepemilikan blog/laman web anda di google webmaster. Cara menambahnya kali ini jangan menulis http lagi tetapi langsung menulis dari www.nama blog anda. contohnya www.pondok-belajar.com. Setelah anda menambah lagi property baru maka anda bisa langsung cek tampilan data terstruktur web/blog anda di google webmaster. Jika belum tampil juga anda boleh me-refresh kembali halaman tersebut supaya data yang baru diperbaiki tersebut ter-update. Setelah anda refresh maka tampilan data terstruktur akan muncul sendir di google webmaster. Satu hal yang harus anda ingat setelah anda menambah property baru tadi maka web property anda tetap masih satu dan tidak bertambah, ini disebabkan karena data property anda di webmaster hanya dianggap sebagai penyempurnaan saja dari property yang sudah ada sehingga penambahan tersebut hanya dimasukkan pada property web anda yang sudah anda daftarkan jauh hari sebelumnya. ini berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika pemberbaiki data terstruktur yang tidak muncul pada saat mendaftar blog yang menggunakan domain TLD (Top Level Domain).  

Cukup sekian dulu gambaran singkat tentang permasalah tidak munculnya data tertruktur laman web anda pada google webmaster, semoga bermanfaat bagi para bolgger yang menghadapi permasalahan yang sama dengan saya ketika data terstrukturnya tidak muncul di laman google webmaster. malah ketika saya menghadapi permasalahn tersebut juga membuat saya binggung sendiri untuk saja ada sebuah forum yang memberikan penjelasan tersebut sehingga memebuat saya terinspirasi untuk membagikan pengalam ini kepada anda sekalin (para blogger) yang terutama yang masih newby seperti saya ini. sekian dan good luck dan terimakasih atas kunjungannya. wassalam

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon