Wednesday, October 5, 2016

Belajar Memahami Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan





Buah manggis sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia, karena tumbuhan ini hidup di-seluruh kawasan di Indonesia. Buah manggis yang dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Garcinia mangostana adalah jenis pohon cemara tropis yang berasal dari Indonesia dan banyak juga tersedia di beberapa kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan juga di bisa diperoleh di beberapa wilayah Afrika. Sama halnya dengan daun sirih. 
manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Buah manggis
Buah manggis  juga memiliki julukan tersendiri, julukan sebagai ratu buah tropis dikarenakan kandungan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Buah manggis yang terdiri dari tiga bagian yaitu kulit berwarna ungu, daging/isi yang berwarna putih dan biji yang terdapat dalam daging. Bijinya manggis ini memiliki rasa yang pahit dan tidak bisa dimakan sedangkan daging manggis memiliki aroma yang sangat lembut dengan rasa manis. Kulit bagian luar memiliki sifat keset namun sangat mudah untuk dikupas karena agak lebut dan empuk. Buah Manggis telah menjadi obat tradisional yang digunakan oleh orang dulu diberbagai negara Asia sejak. Manfaat kesehatan dari buah manggis sudah dikenal oleh nenek monyak kita sejak abad ke-18 dan sudah terbukti secara ilmiah di jaman sekarang. Manggis memiliki nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan untuk memenuhi kecukupan kebutuhan gizi kita.

>>> Baca Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan

>>> Baca Empat Kiat Alami Tuntaskan Lemak dalam Tubuh

Dibawah ini adalah beberapa khasiat buah manggis bagi kesehatan sesuai dengan kandungan-kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan :

1.  Buah manggis Mengandung Antioksidan
Hasil dari Penelitian ilmiah membuktikan bahwa terdapat mengandung polifenol atau xanthones dalam buah manggis. Disamping itu ada dua jenis xanthones dalam buah manggis jenis gamma dan jenis alpha manggis. Sebagaimana yang telah kita ketahui jika Xanthone dan turunannya terbukti mengandung beberapa manfaat untuk tubuh, salah satunya termasuk anti-inflamasi. Xanthone adalah kandungan obat yang efektif terhadap berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Jenis Antioksidan yang terdapat dalam manggis memiliki sifat penyembuhan sel yang rusak yang diakibatkan oleh radikal bebas dan mampu meregenerasi sel yang telah rusak, memperlambat penuaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dari dulu Buah manggis sering digunakan untuk jenis pengobatan tradisional dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker sel.
2.  buah manggis mengandung Kalori yang Rendah
Buah manggis memiliki kandunga kalori yang rendah rendah yaitu 63 kalori / 100 g dan juga tidak mengandung unsur lemak jenuh (kolestero)l. Salah satu kelebihannya adalah kaya akan serat makanan yaitu 100 g dan menyediakan sekitar 13% RDA yang sangat penting bagi kita yang memiliki kelebihan berat badan

3.  buah menggis Mengandu Vitamin C

Buah Manggis juga memiliki kandungan vitamin C sekitar 12% RDA/100g. Kandungan vitamin C ini memberikan perlawanan yang effektif terhadap infeksi,  flu dan mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sebagiamana yang telah kita ketahui, mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan untuk membantu tubuh dalam melawan  beberapa penyakit. Khususnya Bagi ibu hamil kandungan Folat yang terdapat dalam buah manggis memiliki peran penting dalam membantu perkembangan/pertumbuhan janin dan juga membantu sel-sel baru untuk berevolusi.
4.  Buah Manggis Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Buah Manggis dapat membantu pertumbuhan sel darah merah dan mampu mencegah anemia. Disamping itu kandungan buah manggis juga mampu meningkatkan aliran darah dan melebarkan pembuluh darah sehingga kita bisa terbebas dari penyakit seperti kolesterol, nyeri pada dada yang parah dan aterosklerosis. Disamping itu juga dapat mencegah timbulnya penyakit katarak pada mata.
5.  Buah Manggis Mampu Mempertahanakan kecantikan
Selain bermanfaat untu kesehatan, buah manggis juga dapat mempertahankan kecantikan karena buah manggis mengandung antibakteri alami dan anti mikroba yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Bagi orang yang memiliki jerawat, kulit yang berminyak, noda bintik pada kulit, dan kulit kering dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah manggis. Kandungan Xamthone dalam Buah manggis sangat tinggi dibandingkan dengan jumlah xhamtone yang terdapat dalam buah-buahan lainnya. Buah manggis dapat membantu mencegah penuaan yang disebabkan oleh oksidasi karena xhamtone memiliki kandungan antioksidan seperti katekin. hal inilah yang membuat banyak kalangan yang memburu buah manggis untuk kesehatan disamping juga sebagai pencegah penuaan dini. Sebagian orang juga ada membeli kadungan kulit buah manggis ini dalam produk berupa etrak buah manggis yang dipasarkan dalam bentuk siap saji yang tersedia dibanyak toko obat di seluruh Indonesia

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon