Friday, October 21, 2016

Keindahan Objek Wisata Danau Laut Tawar


KEINDAHAN OBJEK WISATA DANAU LAUT TAWAR. Aceh yang dulunya dikenal dengan sebutan Nanggroe aceh Darussalam, ternyata memiliki bermacam ragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dan tiap-tiap dari daerahnya juga memiliki berbagai macam keunikan dan keindahan tersendiri, yang tidak sama dengan daerah lainnya, disamping juga mengadung history alias cerita raknyat tersendiri.  


Keindahan Objek Wisata Danau Laut Tawar
Objek Wisata Danau Laut Tawar
(Baca Objek Wisata Di Kota Tapaktuan)
(Baca Five Tourism Objects In Sabang Island)

Tidak hanya Pulau Sabang yang dikenal indah untuk di kunjungi, namun salah satu kabupaten lain di Provinsi Aceh seperti Kabupaten Aceh Tengah juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan berbagai objek wisata yang ada di Indonesia. Salah satu objek wisata yang indah untuk dikunjungi di Aceh Tengah adalah Lokasi Wisata Laut Tawar, dimana danau ini bukan hanya indah, akan tetapi juga memiliki kebanggan dan kelabihan tersendri bagi masyarakat yang ada disekitar Danau Laut Tawar tersebut. Danau Laut tawar ini yang teletak persis ditengah Kota Aceh Tengah ini terlihat sangat indah karena diapit oleh dua buah gunung yang mempercantik pemandangan kita sewaktu menyaksikannya dari titik kejauhan tertentu. Kalau kita menyaksikan keindahan Danau ini dari ketinggian tertentu akan terlihat laksana permadani berwarna biru yang terhampar di atas daratan Kota Takengon. Jika kita amati lebih seksama lagi maka akan timbul logika di hati kita jika Danau Laut Tawar tersebut terlihat seperti kumpulan air laut yang terjebak di atas bukit ketika air laut pernah meluap dan mentupi seluruh pulau di bumi ini pada suatu masa dahalu. Bisa saja logika ini benar karena kita tahu jika pada zaman Nabi Nuh ‘Alaihissalam,  air laut pernah menenggelamkan seluruh permukaan daratan yang ada di muka bumi ini dan salah satu sisa yang terjebak dan tidak ikut terbawa lagi ke laut adalah air yang ada di puncak daratan Aceh yaitu Danau Laut Tawar. Pendapat saya ini belum tentu benar, karena saya hanya terlalu berimajinasi kali ya, sehingga mengaitkan antara air yang ada di Danau Laut Tawar dengan kejadian di zaman nabi Nuh ‘Alaihissalam. 

Kalau anda memiliki waktu luang boleh sekali-kali berkunjung ke Danau Laut Tawar, karena kecantikanya bisa dibilang tidak kalah dengan panorama alam yang ada di Danau Toba (Sumatera Utara) hanya disegi ukuranya saja yang agak jauh berbeda. Jika anda mau berwisata kesana anda bisa melanjutkan Perjanan anda setelah mengunjungi dan menikmati wisata yang ada di Kota Bada Aceh, karena dari Banda Aceh ke Tekangoh hanya memakan waktu sekitar delapan atau sembilan jam perjanan. Anda bisa mengunakan jasa angkutan umum atau merental kendaraan yang ada di Banda Aceh.

Disamping menyajikan keindahannya, Danau Laut Tawar ini juga memiliki cerita dan sejarah tersendiri, dari cerita raknyat yang masih hidup sampai dengan sekarang, mereka menceritakan jika Kejadian Danau Laut Tawar ini berawal dari sebuah kutukan sanga raja kepada sang puterinya yang tidak menyetujui ikatan pernikahan puterinya, dan berpasan kapada sang puteri setelah kamu menikah nanti dan ketika Kamu telah Meningggalkan kami dan kerajaan ini, jangan pernah sekali-kali kamu melihat kebelakang. Namun sang puteri tidak mendengarkan pesan tersebut, dan ketika dia menoleh kebelakang ketika meninggalakan keluarganya dan mengikuti suaminya, maka suatu peristiwa anehpun terjadi. Petir, angin kencang dan diikuti oleh hujan terjadi dengan hebatnya, kemudian sang puteri tersebut bersembunyi kedalam sebuah goa untuk berteduh. Setelah hujan reda, sang putri tidak juga kunjung keluar dari goa tersebut dan ditemukan sudah menjadi batu, dimana pada bahagian bawah sang putri sudah membesar konon katanya ini adalah perwujudan dari air mata sang putri, dan dari peristiwa hujan deras inlah maka terbentuklah Danau yang sekarang ini dinamakan Danau Laut Tawar. Anda masih bisa menyasikan perwujudan baru dari puteri tersebut sampai dengan sekarang.

Disamping objek wisata yang di atas sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang bisa kita saksikan di Kota Takengon ini, seperti Batu Belah konon juga memiliki cerita unik tersendiri, dan rumah adat gayo yang masih asli dan utuh sampai dengan sekarang, namun agak sudah kurang terawat dengan baik. 

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon