Saturday, October 8, 2016

Cara Memperbaiki Bootloop Pada Hand-Phone Android

PONSEL BERMASALAH INI CARA MEMPERBAIKI BOOTLOOP PADA HAND-PHONE  ANDROID.
Dewasa ini Penggunaan hand-phone dengan sistem operasi android sudah sangat menjamur di negara kita bahkan juga diseluruh negara di berbagai belahan dunia. Untuk saat ini, jenis hand-phone yang menggunakan sistem operasi android boleh dibilang penguasa pasar terbesar di indonesia. Andai saja kita melakukan sebuah survey mungkin hampir 80% hasilnya menunjukkan bahawa jika para pengguna hand-phone di indonesia adalah pengguna hand-phone yang menggunakan sistem operasi android. Maka dari itu sudah sangat lumrah jika kebanyakan pengguna mengalami bermacam gangguan/permasalah pada hand-phone android mereka masing-masing, boleh jadi itu semua di akibatkan karena waktu pemakaian yang sudah lama, jatuh ataupun juga karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal di hand-phone tersebut sehingga menyebabkan timbulnya friksi pada komponen hand phone tersebut.
Bootloop pada Android
Sistem Operasi Android













Salah satu dari permasalah tersebut adalah terjadinya bootloop pada hand-phone yang menggunakan sistem operasi android. Bootloop adalah keadaan dimana hand-phone android kita mengalami kendala dalam melakukan booting atau dengan kata lain gagal start-up yang mengakibatkan kegagalan hand-phone tesebut masuk ke-menu utama dan hanya stuck on saja pada lambang (logo) android, samsung, ataupun boleh jadi logo jenis merek hand-phone yang kita miliki tersebut. jika kejadian ini menimpa kita terkadang kita sangat merasa donkol apalagi jika berada dalam posisi keadaan yang sangat membutuhkan sarana komunikasi. ini memang sering dialami oleh banyak orang apalagi jika ponsel mereka sudah sedikit berumur alias sudah lama masa pemakiannya. disamping itu juga bisa jadi karena perangkat ponsel tersebut kurang tahan dari benturan ataupun kejadian lain sebagianya.

Sebelum saya membahas kiat mengenai cara memperbaiki jika terjadi pada hand-phone anda, terlebih dahulu saya akan jelaskan jenis/kriteria bootloop yang terjadi pada hand phone, adapaun kriteria tersebut adalah sebagai berikut;

1. Jenis Light bootloop
kalau kita pahamai dari makna katanya saja kita bisa pahami jika makna Light bermakan “ringan” jadi bisa kita simpulkan jika kejadian ini bukanlah kejadian yang harus kita ditakuti, karena kejadian dalam katagori ini bisa disebabakan oleh karena kita terlalu sering meng-otak-atik hand-phone yang kita miliki, seperti melakukan perubahan pada boot animasi, melakukan perubahan pada front, dan bisa jadi karena melakukan perubahan pada file sistem Ui pada hand-phone anda tesebut.

Cara memperbaikinya:

jika kejadian ini menimpa ponsel anda, anda tidak perlu panik dan cemas secara berlebihan jika hal tersebut terjadi pada hand-phone anda, yang sanga perlu anda lakukan jika hal itu terjadi adalah anda ahanya cukup dengan melakukan reset ulang hand-phone anda, jika hal tersebut juga belum mapan, lakukan pencabutan beterai hand-phone anda tunggu 2 atau 3 menit lalu pasang kembali baterainya dan coba hidupkan lagi, insyaalah pasti berhasil dan hand phone anda akan berkerja seperti sedikala, tanpa harus anda lakukan flashing pada hand-phone anda tersebut.
.
2. Jenis Medium bootloop
Kejadian permasalah jenis ini bisa saja diakibatkan oleh karena anda mengistal script-script tertentu yang tidak memiliki sumber yang autentik pada sysytem recovery hand-phone anda. Misalnya anda mengambil file apps yang tidak sesuai dengan tipe hand-phone anda, atau anda melakukan up-grade pada konten tertentu. alhasil dari kejadian tersebut hand phone anda akan stagnan (tidak dapat dioperasikan lagi) dan layarnya akan muncul logo dari merek hand phone tersebut.

Cara memperbaikinya:

Anda hanya cukup merestore kembali file yang telah anda back up sehingga hand-phone anda akan normal kembali. caranya matikan hand pone anda kemudian tekan tombol on dan menu volume scara bersamaan lalu hand phone akan hidup dan muncul robit adnroid di oayar hand phone anda. kemudian gunakan tobol volume untuk memilih menu factory reset dan dilanjutkan dengan menekan tombol on/off. Setelah itu, hand phone anda akan melakukan reset ulang sendiri, apad saat ini anda hanya perle menekan pilihan pilihan menu yang disediakan untuk meneruskan proses instalsi ulenag tersebut. namun jika anda tidak melakukan back data maka anda harus mencoba cara yang ketiga seperti yang dijelakan dibawah ini, atau malah jika tidak work juga maka lakukan flasing.

3. Jenis hard bootloop   
Dari bahasanya saja sudah jelas, hard bermakan “sulit/susah” maka boleh dikatakan permasalahan jenis ini termasuk dalam katagori berat. Ini bisa jadi disebabakan karena anda melakukan up-grade undroid anda dengan menggunakan file yang tidak kompetibel, ataupun ada kesalah pada saat anda melakukan hal tersebut misalnya baterai hand-phone tidak mencukupi, atau jika menggunakan laptop anda mengunakan usb cable yang tidak original.

(Baca Cara Melakukan Fashing Pada Andoid 

Cara memperbaikinya adalah
Dengan melakukan factory reset yanga ada di menu recovery hand-phone anda biasanya meu tersebut keluar dengan menekan tombol volume-up dan menu home, bisa jadi berbeda tergantung merek hand-phone. Namun jika hala tesebut juga tidak mamapan untuk memperbaikia hand-phone anda maka anda haru melakuka flashing dengan mengunanakan laptop, sebelummelakukannya jelas sekali jika anda diharuskan untuk memahamai cara melakukan flash pada android. Namun jika anda merasa tidak paham bagaimana cara melakukan flashing pada android sebaiknya anda menggunakan jasa orang lain, seperti membawanya ke pusat service hand-phone yang dapat anda percayai.

Sekian dulu gambaran singkat dari saya mengenai cara melakukan atau perbaikan pada hand-phone android dalam katagori permasalah kecil tesebut, karena kita sangat paham sebagai pengguna ponsel-ponsel android sekarang ini banyak sekali mengalami permasahan permasalah tersebut baik dengan secara sadar ataupun secara tidak sadar. Namun jika anda mengalami permasalahan diatas sebaiknya coba saja lakukan perbaikan sendiri dahulu dengan mengikuti tahapan-tahapan yang daya descripsikan diatas sebalaum di bawa ke pusat servise yang ada di tempat anda. ini dimaksdukan supaya anda akan lebih mendiri baik dalam memperbaiki hand phone sendiri ataupun memperbaiki hand phone sabahat anda ketika mengalami permasalah yang saya descripsikan diatas, hitung-hitung membantu teman anda ketika mengalami permasalahan tersebut. sekian semoga bermanfaat adanya dan terimakasih atas kunjungannya.


terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon