Thursday, October 6, 2016

Kiat-Kiat Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog Kita

Tags
Sudah sangat lumrah jika tujuan para blogger membuat sebuah blog ataupun website adalah untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia menulis dan memposting tulisan artikel hasil karyanya supaya bisa di akses oleh orang lain. Namun ada juga yang terkadang mencontoh penulisan artikel dari blog orang lain pada tingkat yang lebih para malah mengkopy paste artikel orang lain kedalam postingan blog mereka sendiri. Jika anda melakukan hal yang denikian, sebaiknya anda tidak boleh langsung mencopy-Paste karya tulisan blog orang lain ke dalam postingan blog yang kita miliki akan tetapi berusahalah membuat artikel sendiri secara unik sehingga menarik bagi Google dan pengunjung blog anda sendir. Jika memang hal tersebut juga tidak memungkinkan bagi anda dalam membuat artikel yang unik sendir, dan harus dengan terpaksa juga mengkopy paste hasil postingan karya blog orang lain, sebaiknya anda harus membuat redaksi lain dari hasil postingan blog orang lain tersebut, sehingga hanya anda hanya merujuk pada thema penulisanya saja yang anda contoh sebagai konsep penulisan artikel anda sendir, sedangkan redaksi katanya merupakan hasil pemikiran anda sendiri (hasil murni dari susunan redakasi kata/ide-idea yang anda tuangkan dalam postingan tersebut).

Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Biasanya setelah kita memposting tulisan artikel kita, semua blogger pasti menginginkan supaya postingannya terindex dengan cepat di Google dan muncul diurutan awal pada daftar mesin pencari Google. Salah satu syarat cepat terindex di Google adalah dengan memiliki konten postingan yang unik, jika penulisan kita sama dengan redaksi kata dengan para blogger lain maka kita dianggap melakukan plagiat atau melakukan kecurangan dengan mengkopy-paste hasil postingan tulisan orang lain. Jika hal demikian terjadi maka kita akan lama terindex di google, bahkan jika kita menggunakan layanan penayangan iklan Google Adsense maka kemungkinan besar akun Google Adsense kita akan kena banned karena dianggap melanggar TOS dan Privasi

(Baca Google Index Pada Blog (Permasalahan dan Solusi)



Untuk menghindari supaya akun Google Adsense kita tidak di banned, disini saya akan memberikan sedikit panduan/triks untuk mengecek hasil penulisan kita sebelum kita posting di blog. Ini dimaksudkan supaya kita bisa melihat seberapa persenkah dari hasil penulisan kita yang sama dengan redaksi kata yang digunakan oleh blogger lain (unique content). Jika ada redaksi kata kita yang sama dengan yang digunakan oleh blogger lain kita tinggal mengedit kembali sedikit (ulang) redaksi kata tersebut misalnya dengan menambahkan kata dan, atau, namun, dll. Adapun cara/tahapan yang anda lakukan adalah sebagai berikut:    

1.  Anda harus mengunjugi alamat Web http://smallseotools.com/plagiarism-checker
2. Kemudian anda Copy semua redaksi kata artikel yang sudah ada siapkan dan pastekan  redaksi kata tersebut tepat dalam kolom yang telah disediakan pada laman web tersebut. satu hal yang harus diperhatikan adalah, salah satu ketentuan dari smalltool plafiarsm cheker ini adalah dibatasinya Jumlah kata yang dibolehkan untuk dicek, adapun jumlah kata tersebut adalah tidak melebihi dari 1000 kata. jika jumlah kata postingan artikel anda lebih dari seribu anda dapat mengguranginya abat membagi artikel postingan tersebut dalam dua bagian untuk dicek secara bertahap (tidak secara bersamaan).   
3. Tekan tombol kode chapca setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol check plagiatrism. Untuk lebih jelanya lihat gambar berikut.




Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog 


Tunggu sebetar untuk diprose, setelah selesai anda akan melihat hasil dari proses tersebut, dan jika hasilnya 100% Unique Content maka tulisan artikel anda adalah murni hasil karya anda sendiri dan tidak memiliki kemiripan dengan redaksi kata yang digunkan oleh para blogger lain. Tetapi jika hasilnya ada tulisan yang berwarna merah itu mengindentifikasi jika tulisan anda memiliki kemiripan dengan tulisan orang lain, untuk mencegah hal ini maka edit ulang redaksi yang mimiliki kemiripan tersebut.  

Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog

Disamping pengecekan originalitas artikel kita seperti cara di atas, kita juga bisa mengecek semua hasil penulisan artikel kita yang sudah kita apload ke blog, apakah ada kemiripan dari salah satu postingan yang telah kita posting ke blog. Jika ada satu atau dua artikel yang sama sebaiknya artikel tersebut di delet saja atau di tulis kembali dengan merubah redaksi kata yang digunakan, supaya akun GA kita selamat.

Adapun cara melihat semua hasil potingan kita ke blog/website adalah sebagai berikut:
1.  Anda Kunjungi laman web http://www.copyscape.com/
2. Kumudian Copy-pastekan url blog atau artikel yang anda ingin cek  kemurniannya dan klik GO
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
Cara Memeriksa Kemurnian Postingan Artikel Pada Blog
3. Jika hasil dari proses tersebut tidak ada blog/web yang di temukan itu menandakan artikel anda murni hasil karya tulis anda sendiri.

Cukup sekian saja penjelasan dari saya semoga bermanfaat adanya.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon