Tuesday, September 13, 2016

Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)


pada bagian terdahulu saya telah membahasa.menggambarkan mengenai Pembelajaran Cooperative Learning, sekarang akan Saya lanjutkan dengan Model Team Games Tournament (TGT) dimana model ini juga merupakan  salah satu Model dari Pembelajaran Cooperative Leraning. kita tahu bahwa setipa model pembelajaran meiliki tahapan/langkah-langkah pembelajaran tersenidiri yang merupakan ciri ataupun khas dari model tersebut. adpun tahapan /Langkah-langkah dalam model pembelajaran kooperatif untuk model TGT adalah sebagai berikut:
1.      Kelompokkan siswa terdiri dari tiga kelompok dengan jumlah agggota sampai dengan empat atau lima orang.  Anggota-anggota kelompok dibuat secara heterogen yang meliputi karakteristik, kecerdasan, dan kemampuan awal, termasuk juga motivasi belajar, jenis kelamin, atupun latar belakang etnis yang berbeda pada siswa.


Model Pembelajaran TGT
Pembelajaran Model TGT
2.   Kegiatan pembelajaran model Team Game Tournament ini dimulai dengan membuat presentasi guru dalam menjelaskan materi pelajaran berupa paparan masalah, pemberian data, dan pemberian contoh. Yang menjadi tujuan dari peresentasi adalah untuk memperkenalkan konsep dan mendorong rasa ingin tahu kepada siswa.
3. Pemahamann konsep ini dilakukan dengan cara siswa diberi tugas-tugas secara berkelompok. Mereka boleh saja mengerjakan tugas-tugas tersebut secara bersamaan atau dengan saling bergantian menanyakan pertanyaan kepada temannya yang lain atau boleh juga dengan mendiskusikan masalah dalam kelompok yang bertujuan untuk menguasai materi pelajaran tersebut. Disini Para siswa tidak hanya dituntut mengisi lembar jawaban akan tetapi juga mereka diminta untuk mempelajari konsep dari pembelajaran tersebut. Anggota kelompok diberitahu bahwa mereka dianggap belum tuntas dalam mempelajari materi pemebelajaran jika semua anggota kelompok belum memahami materi pelajaran tersebut secara menyeluruh.
4.  Siswa diminta untuk memainkan pertandingan-pertandingan akademik dalam bentuk tournament mingguan dengan catatan bawha teman sekelompoknya tidak dibolehkan untuk menolong satu sama lain. Pertandingan individual ini bertujuan untuk mengukur tingakat pemahaman siswa dalam penguasaaan terhadap suatu konsep dengan cara setiap siswa diberikan soal yang dapat diselesaikan dengan cara mengimplementasikan  konsep yang dimiliki oleh mereka sebelumnya.
5.    Hasil pertandingan ini selanjutnya akan dibandingkan dengan rata-rata perolehan siwa sebelumnya, dan poin ini akan diberikan berdasarkan tingkat keberhasilan penguasaan siswa dalam mencapai atau bisa jadi melebihi kinerja sebelumnya. Poin ini selanjutnya akan dijumlahkan untuk membentuk nilai skor kelompok.


6.      Setelah melakukan hal tersebut (kegiatan tersebut), guru memberikan reword kepada kelompok yang terbaik dalam melakukan prestasinya atau boleh dikatakan kelompok yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.  Adapun jenis reword (Penghargaan) disini dapat berupa hadiah, piagam, dan lain sebagainya yang bisa digunakan sebagai buah penghargaan dari prestasi peserta didik.

Model Pembelajaran Team Games Tournament
Adapun yang menjadi Gagasan utama dalam model model Team Game Tournament (TGT) ini adalah untuk memotivasi siswa supaya terdorong  supaya peserta didik salaning membantu satu sama lain dalam menguasai keterampilan-keterampilan pembelajaran yang disajikan oleh guru.  Jika para siswa tersebut  menginginkan supaya kelompok mereka memperoleh penghargaan, mereka harus saling membantu teman sekelompoknya dalam mempelajari materi yang diberikan guru. Mereka harus juga harus mendorong  teman-teman mereka untuk dapat melakukan yang terbaik dan menyatakan suatu norma jika belajar itu merupakan suatu yang sangat penting, berharga dan sangat menyenangkan bagi mereka.
ini gambaran/konsep dasar darai model pembelajaran model Team Game Tournament, semoga ada manfaatnya buat para pembaca sekalian terutama bagi guru pemula yang baru saja memulai profesinya sebagai pendidik. sekian dan good luck

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon