Thursday, September 22, 2016

Memahami Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan Kita

Banyak sekali manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita. namun sayang sekali dimasa sekarang kita sering mengabaikan khasiat-khasiat yang terkandung dari obat alami yang secara turun menurun sudah digunakan oleh nenek monyang kita dulu. Sekarang jika kita sedang sakit, kita lebih memilih berobat kedokter atau membeli obat keapotek. Padahal, dilingkungan sekitar kita banyak tumbuh-tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita dan bisa menjadi obat penawar sakit. Daun sirih sejenis tanaman merambat, biasanya daun ini sering dimakan dan dikunyah dengan pinang dan dicampurkan sedikit kapur. Disamping itu kadang kadang  daun sirih ini sering digunakan sebagai obat, untuk sakit mata  dan kekuatan gigi. Jadi walalupun sudah tua  gigi mereka masih tetap kuat.
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih
Daun sirih sebagai tanaman asli Indonesia tumbuh yang merambat, tapi lebih sering bersandar pada batang pohon. Sirih merupakan salah satu jenis daun yang kaya dengan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. itu dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam sirih ini merupakan beberapa zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menghindari berbagai penyakit. Sejak dulu memang sirih merupakan salah satu tanaman yang memang sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

(Baca Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan)

(Baca Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan)

kalau kita membedakan jenis sirih maka kita bisa mengkatagorikan dalam dua katagori yaitu sirih hijau dan sirih merah. Daun sirih memiliki rasa dan aroma khas, yaitu rasa pedas dan bau yang tajam. Rasa dan aroma ini disebabkan dari kavikol dan bethel phenol dalam minyak asitri yang terkandung dalam daun sirih. Selain itu juga, rasa dan aroma ini juga dipengaruhi oleh jenis sirih itu sendiri, umur tanaman, jumlah intensitas sinar matahari yang sampai kebagian daun, serta kondisi dari daun. Secara umum, daun sirih mengandung minyak asitriyang berisikan senyawa kimia seperti fenol serta senyawa turunannya antara lainkavikol, kavibetol, eugenol, karvacol, danalli pyrocatechol. Kandungan daun sirih lainnya yaitu karoren, asamnikotinat, riboflavin, tiamin, vitamin C, gula, tannin, patindanasam amino.

(Baca Empat Kiat Alami Tuntaskan Lemak Dalam Tubuh Kita)


Dari dasar pemahaman nenek monyak kita dulu maka meraka banyak mengunakan daun sirih ini untuk beberap jenis penyakit tertentu diantaranya adalah:

Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut: 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.

Mengobati pendarahan pada hidung/mimisan: dengan mengunakan 1 lembar daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan.

Mengurangi air ASI yang berlebihan: ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi denga nminya kkelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar payudara yang bengkak.

Sebagai obat batuk: dengan merebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.

Sebagai obat bronchitis: biasanya mengunakan daun sirih  sebanyak 7 lembar, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum sepertiga gelas dengan aturan 3 x sehari.

Sebagai obat luka bakar: caranya dengan menggunakan peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh  yang luka akibat terbakar.

Mengobati sariawan: 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulu tanda. Buang ampasnya.

Menghilangkan bau badan: dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.

Mengobati bisul: dengan mencuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.

Obat jerawat: dengan menumbuk 10 lembar daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gelas air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.

Mengobati keputihan: dengan merebus 10 lembar daun sirih menggunakan 2,5 liter air, angkat, gunakan untuk mencuci bagian kemaluan pada kondisi air hangat .

Mengobati diare: dengan menggunakan 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.

Daun Sirih yang Digunakan sebagai Pembersih Daerah Kewanitaan: dengan rebus daun sirih secukupnya menggunakan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin lalu diminum, sebaiknya diminum 1x sehari .

Mengatasi mata merah dan gatal: dengan rebus 6 lembar daun sirih menggunakan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata  sembuh.



terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon