Friday, September 16, 2016

Kiat Membeli Mobil Bekas Yang Berkwalitas

Sekarang ini kebutuhan Mobil sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan masyarakat indonesia, baik digunakan untuk tujuan berpergian ataupun untuk kendaraan bisnis tertentu. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya keadaan sistem pengaturan transportasi di negara kita masih belum begitu sempurna sehingga sebagian orang ingin memiliki kendaraan sendiri dengan faktor untuk mendapatkan kenyamanan bagi mereka dalam menempuh perjalanan. 

KIAT MEMBELI MOBIL BEKAS YANG BERKWALITAS
KIAT MEMBELI MOBIL BEKAS YANG BERKWALITAS

Namun kita tahu bahwa tidak semua orang mampu membeli mobil sendiri karena kurang mampu dari faktor ekonomi, bahkan tak jarang kita lihat jika permintaan mobil bekas terkadang begitu tinggi jika dibadingkan dengan permintaan pembelian mobil baru. Hal ini dikarenakan tingginya harga pasaran mobil baru. Namun untuk memenuhi kebutuhan berkendaraan tersebut maka tak salah jika ada sebagian besar masyarakat kita ingin membeli mobil second (bekas pakai) untuk memenuhi kenyamanan berkendaraan baik untuk keperluan keluarga ataupun untuk menjalankan bisnis usaha tertentu.


Namun dalam memilih bobil bekas tersebut yang harus diperhatikan adalah bahwa mobil bekas itu tidak semuanya memiliki kwalitas bagus, malah jika kita tidak cermat dalam memilih dan mengecek keadaannya bisa jadi setelah membelinya anda akan mengeluarkan buget yang labih besar lagi untuk memperbaikinya. Jadi untuk mendapatkan mobil yang bekas yang berkwalitas dan nyaman maka disini saya akan memberikan sedkit gambaran yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas diantarnya adalah:

1. Jumlah Buget yang dimiliki
Jumlah buget (keuangan) yang dimilki menjadi faktor utama kita dalam membeli mobil bekas, ini dimaksudkan kita harus memilih mobil bekas yang sesuai dengan buget yang kita miliki supaya kita bisa menetapkan jenis dan type apa kedaraan yang sesuai dengan buget yang dimiliki dengan tidak ada niat mendua dan tetap fokus pada pilihan yang telah anda tentukan. Sebab jika kita tidak menentukan jenis kendaraan yang sesuai dengan buget kita maka kita akan terus mengulur waktu karena asik memilih milih jenis kendaraan disamping juga di pengaruhi oleh agen penjual. Dengan Menetukan Jumlah Buget dengan jenis kendaraan yang akn dibeli, maka kita tidak akan pusing lagi menentukan pilihan apakah pilihan Merek Toyota seperti Kijang Innova, Avanza, Fortuner, ataupun mereka Honda seperti Honda Jazz, Mobilio atau jenis SUV sekelas dengan Fajero Sport bikinan Mitsubishi ataupun yang lebih berkelas seperti BMW dan Mercedes benz.

2. Lokasi pembelian
Lokasi pembelian menjadi kiat kedua karena untuk memiliki mobil yang berkwalitas juga sangat dipengaruhi oleh penjual. Sebaiknya dalam meilih mobil bekas lebih baik dibeli pada orang yang pertama mengunakan mobil tersebut, jangan mengunakan perantara orang kedua karena selain harga jualnya mahal kwalitas mobil tersebut belum bisa dijamin berkwalitas sebab sudah jadi tradisi jika mengunakan jasa agen maka mereka lebih mengutamakan keuntungan mereka dibandingkan kwalitas kenderaan yang ditawarkan, bahkan jika perlu mereka tidak segan-segan untuk mengotaki mobil tersebut biar pembeli tertarik untuk membelinya. kalau anda berada dalam posisi terdesak dan tidak mungkin untuk mencari penjual dari orang pertama maka saya sarankan anda untuk membelinya di showroom yang terpercaya dan telah diakui kwalitasnya walupun anda harus mengeluarkan sedkit biaya yang lebih mahal.

3. Ekterior mobil
Jika anda sudah menemukan mobil yang anda idamkan, maka untuk yang berikutnya adalah memeriksa semua ekteriornya apakah masih bagus, bagian yang utama adalah kodisi fisik luarnya apakah ada masalh dengan cat mobil jika ada goresan maka lihat seberapa parah jika tidak begitu parah minta penjual untuk memperbaikianya. Disamping itu perhatikan bagian kaca apa ada goresan atau retakan, dan jagan lupa memerikasa semua lampu apa masih berfungsi dengan baik atau tidak. Setelah itu jagan lupa juga memeriksa bagian bawah mobi(down side) apakan bagian bawahnya masih bagus atau sudah keropos atau karatan, silahkan dilanjutkan juga dengan memeriksa konfisi ban dan kaki kaki mobil.

4. Interior
Setelah memeriksa bagian eksterior kini saatnya memeriksa bagian interiornya. Yang perlu diamati dalam bagian interir adalah kondisi jok mobil, dashboard, Karpet, tape, kontrol panelnya apakah masih berfungsi atau tidak, dan yang terkhir AC kerena AC sangat berpengaruh dalam memberikan kenyamanan dalam berkenderaan. Selaian itu jagan lupa mengecek kondisi menaikkan dan menurunkan kaca pintu mobil.
    
5. Kondisi mesin
Mesin juga merupakan faktor yang paling utama dalam membeli mobil bekas, karena jika kondisi mesin yang tidak beres kita harus mengeluarkan buget ekstra untuk memperbaikinya. Cobalah mencoba menyalakan mesin apakah mudah jidup jika di-starter, apakan kodisi suaranya halus atau  kasar. Jika kedua masalah diatas tidak ada maka sekarang coba cek kondisi asap mobil apakah mengeluarkan asap hitam, jika mengeluarkan asap hitam dan ada lelehan cairan maka kondisi mobil tersebut tidak prima, jika keluar air itu tidak masalah karenan jika mobil masih sehat ketika kita melakukan pemanasan maka akan keluar air di knalpot. Setelah itu coba lakukan test drive masukkan gigi satu lalu terik rem tangan dan coba lepaskan clouth jika mobil tersentak dan mati berarti tarikan mobil itu masih bagus. Kemudian coba jalankan mobil tersebut dengan mengopor dari gigi satu ke gigi tiga apakan terjadi tarikan yang cepat atau lambat, jila cepat berarti accelarasi mobil masih sangat bagus, dan jangan lupa juga mengetes baik tidaknya kondisi kaki mobil ketika melewti kalan yang tidak rata.

6. Kelengkapan Dokumen kenderaan
Masalah ini jangan terlewatkan karenan bisa berakibat fatal. Sebaiknya lakukan pengecekan semua kelengakapan dokumen kederaan baik itu STKN, BPKB, dan nomor mesin dan nomor rangka kenderaan apakah sudah sesuai dengan yang ada di dokumen kenderaan. Ini dimaksudkan supaya anda tidak membeli kenderaan curian yang banyak dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Jika anda mendapat kendala dalam mengecek semua dokument kedaraan tersebut maka anda boleh meminta bantuan jasa SAMSAT yang ada ditempat anda, sambilan melakukan Cek Fisik kendaraan. 

7. Asuransi (Insurance)
Yang terakhir cara memastikan mobil bekas yang bagus adalah dengan masih adanya memiliki asuransi mobil  yang ada pada mobil. Jika ada mobil bekas yang masih memiliki layanan asuransi mobil itu akan sangat lebih bagus dan menjadi nilai tambah dalam membeli mobil bekas. Namun harus diketahui jika yang terakhir ini bulan merupakan faktor utama dalam menenetukan kwalitas sebuah mobil bekas karena sangat jarang mobil bekas yang masih memiliki asuransi mobil.

Sekian kiat membeli mobil bekas yang dapat saya bahas disini yang berbekal dari pengalaman sendiri semoga ada manfaatnya bagi yang berencana membeli mobil bekas yang berkwalitas.

terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon